• Home
  • News
  • Yonif -8 Mar Meriahkan Peringatan Brandan Bumi Hangus Ke -69
KSP Makmur Mandiri
Senin, 15 Agustus 2016 08:28:00

Yonif -8 Mar Meriahkan Peringatan Brandan Bumi Hangus Ke -69

BAGIKAN:
Pulaubrandan (Pelita Batak)
Prajurit Batalyon Infanteri-8 Marinir ikut serta dalam memeriahkan peringatan peristiwa Berandan Bumi Hangus ke-69 di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sabtu (13/8/2016) kemarin.
 
Hadir dalam acara tersebut, tokoh masyarakat Syamsul Arifin, Asisten I Langkat Drs. Abdul Karim, M.AP, Sekda Langkat Dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes.MM dan Drs. Hermansyah, Danyonif-8 Mar Mayor Marinir Sudrajat Suhana Putra, S.E, M.Tr.Hanla, Danyon Raider 100 Binjai Letkol Inf Didik Effendi, Dandim Langkat, Pimpinan Pertamina R.U Pangkalan Berandan Joni Sirait, perwakilan LVRI, serta
para pelajar se Kabupaten Langkat.
 
Dalam acara itu, prajurit Batalyon Infanteri-8 Marinir ikut serta dalam pameran kesenjataan Yonif- 8 Mar dan drama kolosal Berandan Bumi Hangus.
 
Peringatan Brandan Bumi Hangus yang setiap tahun diselenggarakan pemerintah Kabupaten Langkat, guna mengingat kembali perjuangan Rakyat Berandan melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kilang Minyak terbesar di Indonesia saat itu.
 
Sehingga pada tanggal 13 Agustus 1947 para pejuang berusaha melawan dengan cara membakar seluruh kilang dan tambang minyak agar tidak dikuasai oleh penjajah Belanda.
 
Komandan Batalyon Infanteri-8 Marinir Mayor Marinir Sudrajat Suhana Putra, S.E, M.Tr.Hanla mengungkapkan, pemeran persenjataan Korps Marinir yang diwakili  Yonif-8 Mar bertujuan untuk memperkenalkan alutsista kesenjataan TNI khususnya Korps Marinir di masyarakat.
 
"Ini kita lakukan agar masyarakat Kabupaten Langkat mengetahui tugas Korps Marinir sebagai Garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan dan  mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya. (TAp)
 
  BeritaTerkait
  • Tradisi Injak Piring, Wujud Warga Papua Terima Satgas Pamtas Yonif 713/ST

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Wujud penghargaan atas kehadirannya sebagai Satgas Pamtas di tanah Papua, Suku Saynari melaksanakan tradisi Injak Piring kepada Satgas Pamtas Yonif 713/ST.Hal tersebut disampaik

  • Lomba Kelereng Hiasi HUT RI ke-71 yang Diselenggarakan Yonif-8 Marinir

    4 tahun lalu

    Dalam rangka HUT RI Ke-71 Tahun 2016, keluarga besar Yonif-8 Marinir menggelar pesta rakyat di Kesatrian Bhumi Marinir Tangkahan Lagan, Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Minggu (21/8/2016).

  • 113 Tahun Raja Si Singamangaraja XII

    3 bulan lalu

    Ditulis oleh Nestor Rico TambunTANGGAL 17 Juni 2020 adalah peringatan 113 tahun gugurnya Raja Si Singamangaraja XII. Perjuangan Raja dari Tano Batak ini mungkin salah satu perang gerilya yang paling m

  • 2.000 Bibit Mangrove Ditanam Yonif-8 Marinir Bersama Masyarakat dan Pelajar

    4 tahun lalu

    Pulo Brandan (Pelita Batak) :Prajurit Batalyon Infanteri-8 Marinir menanam 2000 bibit mangrove bersama masyarakat dan siswa SMU serta SMK di Teluk Kerang, Radar, Pangkalan Susu, Sabtu (12/11/2016).

  • Tari Batak Silima Puak Meriahkan HUT ke 52 Yonif 125/Simbisa di Tanah Karo

    4 tahun lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak): Batalyon Infanteri 125/Simbisa merayakan peringatan HUT ke 52 di Kabanjahe, Senin 28 November 2016. Batalyon ini membawahi Kompi A yang berkedudukan di Balige, Kabupaten T

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb