• Home
  • News
  • Yayasan FO2T Gelar Festival Budaya dan Oleh-oleh Tabagsel
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 18 Desember 2019 10:11:00

Yayasan FO2T Gelar Festival Budaya dan Oleh-oleh Tabagsel

BAGIKAN:
saut togi ritonga | Pelita batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Festival Budaya dan Oleh-oleh Tabagsel (FBO2T) ke-3 akan digelar mulai ssjak Rabu (18/12) sampai Sabtu (22/12) di Alaman Bolak Padang Nadimpuan Kota Padangsidimpuan.

Festival ini akan memamerkan sekaligus menjual berbagai produk makanan, minuman dan kerajinan tangan khas Tabagsel. Juga menampilkan  pagelaran adat budaya suku dan etnis masyarakat yang ada di Tabagsel.

"Ini festival ketiga yang kita gelar sejak tahun 2017," Ujar Ketua Panitia FBO2T Safran Edi H. Siregar bersama Ketua Yayasan FO2T Kiman Siregar, Dewan Pembina Hamsir Siregar dan Ali Muda Siregar, dalam konfrensi pers di lokasi acara, Selasa 17 Desember 2019 sore.

Pelaksanaan FBO2T, sebut Edi, didukung penuh oleh Pemko Padangsidimpuan, Pemkab Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, Padanglawas dan Mandailing Natal. PTPN 3, PTPN 4, BNI, Bank Sumut, RCM Group, Bolu Salak Kenanga, UMKM se Tabagsel dan lainnya.

Safran mengatakan, pelaksanaan FBO2T ke-3 ini diawali dengan pawai kendaraan berkeliling kota bersama Dinas Kominfo, Dinas Perdagangan, pelaku UMKM, dan komunitas otomotif se Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution direncanakan akan membuka FBO2T tersebut dan dihadiri Bupati Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Mandailing Natal.

Safran berharap FBO2T ini juga menjadi forum silatuhrami usahawan untuk bangkit mengangkat kesejahteraan ekonomi kerakyatan.

Selain itu festival ini juga bertujuan agar UMKM terdorong untuk memperbaiki tampilan barang jualannya dengan kemasan yang baik dan menarik, mencirikan oleh-oleh yang baik.

Peserta festival diperkirakan mencapai 150 UMKM se Tabagsel, Swasta maupun binaan BUMN seperti PTPN 3, PTPN 4, Bolu Salak Kenanga, BNI, Bank Sumut dan lainnya.

Yayasan FO2T sendiri  menawarkan banyak jenis dan bentuk kemasan, seperti kerupuk singkong  seharga 5 ribu, setelah dikemas menjadi seharga 10 ribu rupiah yang ditargetkan terhadap para UMKM dan generasi milenial.

Disisi lain, Safran mengatakan budaya menjadi daya tarik tersendiri terhadap produk kuliner blokal daerah karena itu pada festival kali ini oleh oleh Tabagsel dipadukan dengan budaya.

Sementara Dewan Pembina Hamsir Siregar yang juga sponsor utama FBO2T itu berharap kegiatan dapat berlangsung sukses dan lancar serta membawa manfaat bagi peserta maupun masyarakat.

Kadis Kominfo Islahuddin pada kesempatan itu mengatakan adalah suatu kebahagian dan kehormatan, Kota Padangsidimpuan dipercaya sebagai tuan rumah oleh oleh Tabagsel yang pada tahun ini dipadukan dengan kegiatan budaya sehingga akan menggambarkan jenis oleh-oleh dan budaya yang ada di Tabagsel dan Berharap kegiatan ini mampu mengangkat citra Tabagsel dan mendongkrak kesejahteraan masyarakat dengan inovasi yang lebih baik.

Kadis Perdagangan Ridoan Pasaribu sangat mendukung acara ini, karna mengarah pada UMKM untuk menampilkan dan memperkenalkan produk UMKM dengan kemasan.

Ali Muda Siregar owner Bolu Salak Kenanga  pada kesempatan itu mengatakan sudah merasakan manfaat mengikuti festival oleh oleh Tabagsel.

kini hasil Bolu Salak naik omset 25 persen setelah ikut FO2T yang lalu demikian juga tenun dan kopi, juga olahan salak Agrinna dan Salacca 50 persen Pemasaran tambah luas. Dampaknya oleh-oleh dari Tabagsel semakin bervariasi namun tetap asli Tabagsel.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Festival Oleh Oleh Tabagsel Ditutup Walikota Padangsidimpuan

    8 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Festival Budaya Oleh Oleh Tabagsel (FBO2T) yang di gelar di alaman bolak Padangsidimpuan sejak (18/12) secara resmi ditutup Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasuti

  • Pemkab Tapsel Siap Berpatisipasi Sukseskan Festival Oleh-Oleh Tabagsel

    10 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Setelah Pemko Padangsidimpuan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan juga menyatakan kesediaan dan kesiapan untuk berperan  serta dalam berpartisipasi dan mensukse

  • Walikota Padangsidimpuan Buka Festival Budaya Oleh Oleh Tabagsel

    8 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Festival Budaya Oleh Oleh Tabagsel  di gelar di alun alun alaman bolak resmi di buka Walikota Padangsidimpuan, Rabu 18 Desember 2019. Ketua Panitia FBO2T Safr

  • Bagi UMKM, FBO2 Tabagsel Siapkan Mesin Kemasan Gratis

    8 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Festival Budaya dan Oleh-Oleh (FBO2) Tapanuli Bagian Selatan menyiapkan mesin atau rumah kemasan gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin mengema

  • Lestarikan Budaya Tapsel, Sanggar Maharani Gelar Pentas Seni

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesenian daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya di Tapanuli Selatan, Yayasan Pendidikan Naduma Maharani (Sanggar Seni Maharani)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb