• Home
  • News
  • Wujudkan Keluarga Berkualitas untuk Indonesia Maju
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 28 Januari 2021 12:55:00

Wujudkan Keluarga Berkualitas untuk Indonesia Maju

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Jakarta (Pelita Batak):
Dewasa ini, penduduk Indonesia mulai didominasi oleh generasi muda. Hal itu akan mencapai puncaknya dalam kurun 2025 hingga 2035 mendatang lewat bonus demografi di mana jumlah penduduk usia produktif akan jauh lebih besar dibandingkan dengan kategori usia lainnya. Oleh karena itu, Indonesia harus mempersiapkan generasi muda tersebut menjadi generasi unggul yang akan memimpin dan membawa kemajuan bagi Indonesia di masa emas mendatang.

"Kita harus tahu dan menyiapkan betul sehingga saat Indonesia Emas, yang muncul adalah keluarga sehat, produktif, dan berkualitas. Di tangan mereka lah nasib bayi yang baru lahir maupun yang akan lahir ke depannya," ujar Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Kemitraan Program Bangga Kencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, 28 Januari 2021.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan ujung tombak bagi pembentukan keluarga berkualitas sejak dini. Melalui program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana), BKKBN berupaya keras untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang seimbang agar tercapai Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo sendiri melihat bahwa peranan BKKBN dalam hal ini sangatlah strategis bagi masa depan bangsa dan negara. Menurutnya kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas keluarga di dalamnya yang merupakan tiang negara.

"Sesungguhnya keluarga adalah tiang negara. Jika tiap keluarga hidup secara berkualitas, maka Indonesia juga akan berkualitas dan sejahtera. Jangan lupa, di tengah keluarga yang sejahtera akan lahir keluarga yang sehat dan cerdas," tuturnya.

Meski demikian, Kepala Negara mengingatkan bahwa generasi muda Indonesia akan mulai mendominasi proporsi kependudukan Indonesia di masa mendatang. Untuk itu, diperlukan strategi pendampingan dan pemberdayaan keluarga yang berbeda dibandingkan dengan program-program yang dijalankan sebelumnya.

Kini, kelompok sasaran utama program yang dijalankan BKKBN adalah para generasi atau keluarga-keluarga muda yang memiliki karakter digital yang memerlukan metode komunikasi yang berbeda sehingga program-program BKKBN dapat mencapai mereka.

"Metode komunikasi BKKBN juga harus berubah. Harus berkarakter kekinian. Gunakan media-media yang kekinian dalam penyampaian informasi sehingga sampai pesan itu ke sasaran yang kita inginkan," kata Presiden.

Selain itu, Presiden melanjutkan, materi binaan BKKBN juga tidak hanya berkutat pada jumlah anak dan jarak antarkelahiran, tapi juga bagaimana membangun ketahanan keluarga secara utuh dalam berbagai bidang seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan anak, hingga kebahagiaan keluarga.

"Penanganan gizi, kualitas sanitasi, lingkungan, akses pendidikan, kesehatan, juga terjaganya sumber-sumber pendapatan adalah pilar kesejahteraan dan ketahanan keluarga setiap keluarga Indonesia," ucapnya.

Hadir mendampingi Presiden dalam acara pembukaan rakornas tersebut di ialah Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. Adapun sejumlah menteri kabinet hingga jajaran BKKBN lainnya mengikuti acara secara virtual.(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
  BeritaTerkait
  • Membangun Pendidikan Dengan Etos Keguruan Profesional (Refleksi Hari Guru Nasional, 25 Nopember 2017)

    3 tahun lalu

    Oleh : Benyamin Nababan,S.Pd.,MMSepanjang perjalanan sejarah bangsa Indonesia peran guru sangatlah nenentukan dan dapat dirasakan peserta didik (siswa) dan masyarakat dalam menanamkan semangat kecinta

  • Wali Kota Harap IMMAMU Dapat menjaga Nilai Budaya Melayu

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi atas dibentuknya kepengurusan Ikatan Masyarakat Adat Budaya Melayu Medan Utara (IMAMMU) Kota Medan

  • Lagi, Bunda PAUD Serahkan Bantuan APE Untuk Anak PAUD dan TK

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin kembali menyerahkan bantuan alat permainan edikatif (APE). Kali ini giliran Taman Kanak (TK) dan

  • Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Terus Lahirkan Tamatan yang Mumpuni

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Pesantren Ar Raudlatul Hasanah di Jalan Setia Budi Ujung/ Jalan Jamin G

  • Gubsu Harapkan IPEMI Teteskan Jejaring Usaha Hingga Kalangan Bawah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi MSi diwakili Kadis Koperasi dan UKM Provsu M Zein menghadiri Tasyakur Milad 1 Tahun Ikatan Pengusahan Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut dan membuka Rake

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb