• Home
  • News
  • Waspada Potensi Hujan Lebat Dalam Sepekan ke Depan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 11 November 2019 10:22:00

Waspada Potensi Hujan Lebat Dalam Sepekan ke Depan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

Deputi Metereologi BMKG Mulyono R. Prabowo menjelaskan, hal itu sebagai dampak melemahnya intensitas Siklon tropis "NAKRI" di Laut Cina Selatan yang menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia. "Daerah pertemuan dan belokan angin diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatra, Kalimantan dan Jawa.

Kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan," jelas Mulyono dalam siaran persnya Minggu (10/11).

Daerah-daerah yang diperkirakan akan mengalami curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang itu adalah:

Periode 11-14 November 2019: 1. Aceh; 2. Sumatra Utara; 3. Riau; 4. Kep. Riau; 5. Sumatra Selatan; 6. Kep. Bangka Belitung; 7. DKI Jakarta; 8. Banten; 9. Jawa Barat; 10. Sulawesi Tengah; 11. Sulawesi Barat; dan 12. Papua.

Periode 15-17 November 2019: 1. Aceh; 2. Sumatra Utara; 3. Sumatra Barat; 4. Kalimantan Utara; dan 5. Papua.

Selain potensi hujan lebat, menurut Mulyono, potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter pada periode 11-17 November 2019 diperkirakan juga berpeluang terjadi di Perairan barat Kep. Simeulue-Kep. Mentawai, Perairan barat P. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bag. selatan, Perairan selatan Jawa hingga P. Lombok, Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTB.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," pesan Deputi Metereologi BMKG itu.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: call center 021-6546315/18; http://www.bmkg.go.id; follow media sosial @infoBMKG; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Humas BMKG|Setkab)
  BeritaTerkait
  • HUT ke-72 Bhayangkara Dirayakan di Polres Humbang Hasundutan

    tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): HUT ke-72 Bhayangkara dirayakan di Polres Humbang Hasundutan dengan inspektur upacara Kapolres Humbahas AKBP DR Dayan, Rabu 11 Juli 2018.Amanat Presiden RI Ir Joko Widodo

  • Pemko Medan Korek Parit Kebun Sepanjang 2,5 KM di Marelan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan berusaha mengatasi persoalan banjir yang selama ini dikeluhkan warga di Kecamatan Medan Marelan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pengorekan parit kebon di Jalan Paku, kelurahan Tanah Enamratus, Kecamata

  • Hari Kesaktian Pancasila Diperingati di Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman depan Kantor Wali Kota Medan Jalan kapten Maulana Lubis, Sabtu (1/10/2016). Sementara itu Camat Medan Denai, Hendra

  • Pesan Pak Wali untuk Seluruh SKPD

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pelaksanaan upacara bukan sekedar rutinitas, tetapi sekaligus merupakan wadah pembinaan untuk menjadi abdi masyarakat yang sejati. Sebab, upacara memiliki spirit, bahkan selalu memberikan sema

  • Waspadai Bencana Hidrometerologi Hingga Februari 2017

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Penghujung Januari dan memasuki Februari 2017, merupakan puncak musim hujan. Warga diimbau untuk waspada sesuai imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb