• Home
  • News
  • Warga Sibuhuan Padang Lawas Dapat Bantuan Peningkatan Swasembada Pangan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 29 Agustus 2016 10:06:00

Warga Sibuhuan Padang Lawas Dapat Bantuan Peningkatan Swasembada Pangan

BAGIKAN:
Istimewa
ALAT PERTANIAN. Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan alat pertanian kepada perwakilan kelompok Petani (Poktan) dilapangan Balaka Sitongkol, Kecamatan Lubuk Barumun, Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016).
Sibuhuan (Pelita Batak) :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyerahkan bantuan benih, pupuk dan mesin pertanian kepada sejumlah Kelompok Petani (Poktan) dilapangan Balaka Sitongkol, Kecamatan Lubuk Barumun, Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Tengku Erry Nuradi didampingi Kepala Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Ali Jamil Harahap. Bantuan berupa benih padi, jagung dan kedele dan alat dukung pertanian.

Hadir Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, Plt Kadis Pertanian Provsu Azhar Harahap, Ketua DPRD Palas, H. Syahwil Nasution, Forkopindo Palas, sejumlah pimpinan SKPD Palas, camat se-Palas, sejumlah kepala desa, puluhan pengurus poktan penerima bantuan benih pajale dan alsinta, serta komponen masyarakat Palas lainnya.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi mengatakan, bantuan tersebut diharapkan mendorong peningkatan hasil pertanian di Kabupaten Palas.

“Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pengembangan padi, jagung dan kedelai. Tujuannya untuk menopang ketahanan pangan nasional,” ujar Erry.

Untuk itu, Erry mendorong Kabupaten/Kota di Sumut untuk mendukung Program Swasembada Pangan, terutama pengembangan padi, jagung dan kedelai.

“Berbagai program swasembada pangan dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk membangun dan mendorong terwujudnya swasembada pangan. Sampai saat ini, produksi padi Sumut menduduki peringkat keenam secara nasional dan produksi jagung menduduki peringkat keempat nasional. Ini harus kita tingkatkan,” pesan Erry.

Secara rinci Erry mengatakan, guna meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai di Sumut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengalokasikan anggaran mencapai Rp 13,7 miliar bersumber dari APBN. Alokasi tersebut sebagian untuk bantuan benih padi, jagung dan keledai dan alat produksi pertanian.

“Pihak penerima manfaat diberikan kepada Kelompok Petani. Kita berharap, bantuan benih dan alat pertanian ini dapat meningkatkan hasil pertanian di Padang Lawas,” jelas Erry.

Sementara pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Distan) Sumut M Azhar Harahap menyatakan, Palas memiliki target luas tambah tanam (LTT) padi 16.259 Ha tahun 2016. Sementara pencapaian seluas 11.243 Ha atau sebesar 69,15% pada periode Oktober 2015 hingga Maret 2016.

“Sedang untuk target April hingga September 2016, Kabupaten Palas memiliki target LTT bulan Agustus - September yang belum teralisasi seluas 3.536 hektare. Kita mengharapkan Palas dapat berprestasi dengan meningkatkan LTT sesuai dengan potensi lahan baku sawah yang ada seluas 10.088 hektare dan potensi padi gogo seluas 28.00 hektar,” harap Azhar.

Azhar juga mengatakan, bantuan benih bertujuan untuk mendorong percepatan LTT padi dan meningkatkan produksi guna mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan yang bermuara kepada terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan petani.

“Tujuan utama adalah terciptanya kemandirian pangan,” ujar Azar.

Untuk mewujudkan program tersebut, sebut Azhar, pada tahun 2016 pemerintah memberikan bantuan kepada Pemkab Palas berupa bantuan benih inbrida sebanyak 100 ton untuk pertanaman seluas 4.000 Ha dengan jumlah penerima sebanyak 140 Poktan dengan total anggotanya 8.115 KK.

Bantuan benih jagung sebanyak 37,5 ton untuk pertanaman seluas 2.500 hektar, dengan jumlah penerima sebanyak 71 kelompok dengan total anggotanya 6.325 KK. Bantuan perluasan areal tanam kedele seluas 3.00 Ha dan insentifikasi kedele seluas 1.250 hektare dengan jumlah penerima sebanyak 8.650 KK.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan alat pertanian berupa power thresher multiguna sebanyak 48 unit, angkutan roda tiga sebanyak 4 unit dancombine harvester sebanyak 10 unit.

“Juga bantuan pupuk NPK sebanyak 12 ton kepada 2 Poktan dengan luas lahan 40 hektara dan pupuk organik sebanyak 12,25 ton kepada 1 Poktan dengan luas lahan 24,5 hektar,” tambah Azhar.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap mengatakan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada Poktan di Palas.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, sekaligus solusi untuk mensejahterakan rakyat, termasuk membuat swasembada pangan jadi nyata di Kabupaten Palas,” sebut Ali.

Dalam kesempatan itu, Ali juga mengajukan permohonna untuk mendapatkan bantuan pengadan benih padi gogo dan manggis, perbaikan saluran irigasi primer, sekunder maupun tersier di Palas yang kini rusak berat.

“Kami juga berharap Pemerintah Provinsi membantu pembuatan jalan usaha tani untuk memudahkan akses para petani kita dalam membawa hasil pertanian,” harap Ali.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Produksi Padi Sumut Meningkat 565.268 Ton di Tahun 2016

    3 tahun lalu

    Produksi Padi Sumut Meningkat 565.268 Ton di Tahun 2016Padanglawas (Pelita Batak) :Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi ke Padang Lawas dimanfaatkannya untuk mendorong ke

  • Gubernur Berikan Alsintan untuk Tapanuli Tengah

    3 tahun lalu

    Tapanuli Tengah (Pelita Batak) :Usai menyambangi Kabupaten Padang Lawas (Palas) Senin (17/07/2017), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli T

  • Petani Binjai Tanam Jagung di Lahan Terlantar, Ini Kata Gubernur

    3 tahun lalu

    Binjai (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi memanen jagung bersama petani di Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Jumat (3/11/2017).Tengku Erry tak sungkan-sungkan menga

  • Penyuluh Se-Tabagsel, Tapteng dan Sibolga Disemangati Gubernur

    3 tahun lalu

    Padang Sidempuan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, dalam rangka mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan dengan peningkatan produkvitas dan produksi berb

  • Penyerahan Bantuan Bibit Ternak Bagi 8 Kelompok Tani/ Ternak di Kabupaten Tapanuli Selatan

    2 tahun lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak): Kegiatan Pengembangan Pembibitan dan Produksi Ternak Sapi Potong 2018, dengan sumber dana APBD 2018 di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumate

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb