• Home
  • News
  • Warga Serahkan Lahan, Dana Desa di Simasom Toruan Digunakan Bangun Jalan Usaha Tani
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 07 November 2019 10:30:00

Warga Serahkan Lahan, Dana Desa di Simasom Toruan Digunakan Bangun Jalan Usaha Tani

BAGIKAN:
ist|palapapos
Kepala Desa Simasom Toruan Saprianto Panggabean saat meninjau pembangunan JUT di Siparpar.
Taurutung (Pelita Batak):
Penggunaan dana desa untuk kepentingan masyarakat luas tidak terlepas dari dukungan dan keikutsertaan masyarakat setempat. Seperti yang dilakukan warga Desa Simasom Toruan, Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara yang menyerahkan sebagian lahannya digunakan untuk pelebaran jalan penghubung antar desa.

Kini, Pemerintah Desa Simasom Toruan, Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara bisa mengalokasikan anggaran Dana Desa 2019 untuk membuka dan merabat beton jalan usaha tani (JUT) di Siparpar.

Pembangunan jalan usaha tani di Siparpar direncanakan masih sepanjang 508 meter dengan lebar 2 setengah meter. Dilihat di lokasi, progres pekerjaan saat ini telah berjalan sekitar lima puluh persen lebih.

"Sebelumnya, jalan ke lahan pertanian ini hanya jalan tikus yang hanya dapat dilalui pejalan kaki. Namun masyarakat kemudian menyerahkan lahannya sehingga kita dapat mengalokasikan dana desa tahun ini untuk membangun jalan usaha tani," kata Kepala Desa Simasom Toruan Saprianto Panggabean diberitakan palapapos.co.id, Rabu (6/11/2019).

Untuk tahun 2020, Saprianto merencaakan pembangunan jalan usaha tani itu direncanakan masih akan berlanjut dengan panjang sekitar 800 meter.

"Kalau pembangunan JUT ini bisa dilanjut tahun depan hingga sekitar 800 meter lagi, maka jalan ini juga akan menjadi penghubung Desa Simasom Toruan dan Pantis menuju SMP Negeri 4 di Simasom," katanya.

Lebih jauh dikatakan, dengan dibukanya jalan usaha tani itu, diharapkan akan dapat membantu masyarakat dalam mengusahai lahan seluas sekitar 50 hektare lebih di area pertanian tersebut.

"Dengan dibukanya jalan, hasil pertanian coklat, kemenyan dan padi akan dapat diangkut dengan menggunakan kendaraan," katanya.

Melalui Saprianto Panggabean, warganya megucapkan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan.

"Terima kasih Pak Bupati atas dukungan alat beratnya membuka jalan sepanjang 4 kilometer dari dusun Siparpar Sibatubatu menuju Desa Soporaru Pangaribuan," kata dia.

Tanpa dukungan alat berat milik Pemkab, pembukaan jalan selain interkoneksi juga menuju lahan pertanian warga tidak akan mungkin terealisasi cepat.

"Kami punya program pembukaan jalan melalui dana desa dan kita ajukan permohonan ke Pak Bupati. Ternyata disetujui namun kita harus menampung operasional berupa BBM serta uang lelah operator," ujar Kades.

Tentunya hal itu sangat menguntungkan sebut Saprianto, jika meminjam alat berat biaya yang keluar sangat besar. "Kita sangat terbantu dan dana desa bisa diarahkan ke program padat karya lainnya," tambahnya.

Keuntungan didapatkan warga pasca terbukanya jalan menuju lahan pertanian yakni warganya sudah bisa menggunakan sepeda motor langsung ke kebunnya.

"Kalau kita lihat saat ini, warga mulai rajin ke ladang yang disana luasannya hampir 300 hektar tanaman keras berupa kemenyan maupun durian," ungkapnya.

Kalau dulunya warga harus menempuh perjalanan tiga jam berjalan kaki bahkan sampai menginap akibat kemalaman.

Saat ini hal itu tidak dialami lagi karena dengan lebar jalan sekitar 5-6 meter walaupun masih roda dua masuk kedepan Saprianto meyakini secara bertahap melalui peningkatan infrastruktur roda empat bakalan masuk.(PP|TAp)
  BeritaTerkait
  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    3 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • Bernilai Rp. 4,04 Triliun, Pembangunan Kawasan Kaldera Resort Ditenggat Enam Bulan

    4 minggu lalu

    Sigampiton (Pelita Batak):Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) melakukan acara peletakan batu pertama (Groundbreaking) Pembangunan Toba Kaldera Resort dan Glamping Camp, di kawasan wisata The Ka

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Ini Kronologis Kerusuhan di Tanah Karo, Sumatera Utara

    3 tahun lalu

    Tanah Karo (Pelita Batak): Warga Desa Lingga, Simpang Empat, Karo menolak pembangunan relokasi mandiri. Sebelumnya, pemerintah merencanakan pembangunan bagi 1.683 keluarga. Bentrokan antara aparat

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    4 bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb