• Home
  • News
  • Warga Kelurahan Titi Rantai dan Selayang II Akan Bebas dari Banjir
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 25 Oktober 2016 16:06:00

Warga Kelurahan Titi Rantai dan Selayang II Akan Bebas dari Banjir

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengawasi langsung pengerjaan crossing (pemotongan jalan) di Jalan Jamin Ginting, persisnya depan parit besar Jalan Cempaka, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Senin (24/10/2016). Crossing ini dilakukan untuk mengatasi tersumbatnya gorong-gorong yang ada di bawah Jalan Ginting tersebut. Penyumbatan ini menyebabkan aliran air dari parit besar menuju Sungai Babura terhalang.

Akibatnya ketika hujan deras turun, parit besar tidak berfungsi untuk mengalirkan air menuju Sungai Babura, sehingga debit air meluap dan menggenangi jalan maupun rumah warga sekitar. Kondisi ini tidak hanya dialami warga yang bermukim di Jalan Cempaka, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru saja, tetapi juga yang berdomisili di Jalan Bunga Cempaka, Jalan Bunga Kenanga dan Jalan Wijaya Kesuma di Kelurahan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang.

Untuk Kelurahan Selayang II, ketinggian air ada yang mencapai 50 cm sehingga  melumpuhkan aktifitas warga. Yang menyedihkan lagi, kondisi ini sudah bertahun-tahun dialami warga tanpa solusi mengatasinya. Itu sebabnya begitu melakukan peninjauan di lokasi banjir beberapa waktu lalu, Wali Kota pun didampingi Kadis Bina marga Kota Medan, Khairul Syahnan langsung mencari akar masalah pemicu terjadinya banjir tersebut.

Setelah diketahui gorong-gorong di bawah Jalan Jamin Ginting di kelurahan Titi Rantai sebagai penyebabnya, Eldin pun langsung memerintahkan Dinas Bina Marga segera mengatasinya. Dengan menurunkan dua unit alat berat dan belasan truk,  Dinas Bina Marga pun mengerjakan crossing. Agar pekerjaan lancar, pengerjaan crossing dilakukan mulai pukul 22.00 WIB. Sebelum dikerjakan, sebelah Jalan Jamin Ginting pun ditutup oleh petugas Dinas Perhubungan Kota Medan.

Kemudian Dinas Pertamanan memasang lampu penerangan untuk mendukung pengerjaan crossing. Di damping Wakil Wali kota Medan, Ir Akhyar Nasdution MSi, Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan, Kadispenda, HM Husni, Kadis Pertamanan, Zulkifli Sitepu, Kadis Perkim, Gunawan S Lubis, Camat Medan Baru, Alboin Hutahuruk, Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis dan Lurah Titi Rantai, Bona Manuel Tarigan, Wali Kota pun memimpin dan mengawasi langsung pengerjaan crossing agar maksimal.

Pengerjaan crossing diawali dengan menurunkan belasan box culvert berukuran 2 x 2 meter dari atas truk. Setelah itu dilanjutkan dengan pengorekan parit besar dengan menggunakan alat berat untuk membuat tempat dudukan box culvert. Begitu selesai, box culvert pun diturunkan dan diikuti dengan pembelahan Jalan Jamin Ginting. Setelah jalan terbelah, box culvert lainnya dimasukkan sebagai pengganti gorong-gorong.

Warga sekitar pun sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Wali Kota ini. Apalagi mereka melihat Eldin belum meninggalkan lokasi sampai pukul 02.30 WIB. Orang nomor satu di Pemko Medan it uterus memberikan sejumlah instruksi, tidak hanya kepada Dinas Bina Marga tetapi juga kepada Camat Medan Baru dan Medan Selayang agar segera ditindaklanjuti. “Saya ingin  persoalan banjir yang selama ini dikeluhkan warga bisa dituntaskan,” kata Eldin.

Menurut Eldin, pengerjaan crossing ini merupakan solusi untuk mengatasi banjir yang selama ini dialami warga di Kelurahan Titi Rantai dan Selayang II. "Crossing ini harus dilakukan, sebab salah satu gorong-gorong yang ada di bawah jalan ini tersumbat. Sudah itu diameter lubang gorong-gorong hanya 1 meter sehingga terlalu kecil untuk menampung debit air saat hujan deras turun. Itu sebabnya gorong-gorong ini kita ganti dengan box culvert berukuran 2 x 2 meter. Insya Allah pergantian gorong-gorong ini bisa mengatasi banjir yang selama ini terjadi," ungkapnya.

Di saat pengerjaan crossing berlangsung, Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung tiba di lokasi. Politisi asal PDI perjuangan itu pun mengapresiasi dan mendukung pengerjaan crossing yang dilakukan tersebut. Sebagai bentuk dukungan, Henry pun ikut bersama Wali Kota mengawasi pengerjaan crossing sampai pukul 03.00 WIB menjelang subuh.

Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan menargetkan pengerjaan crossing ini akanm selesai dalam waktu 4 hari. Meski demikian dia beserta jajarannya akan mengupayakan secepat mungkin, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Untuk menghindari kelancaran arus lalu lintas terganggu, pengerjaan crossing dilakukan malam hari sampai menjelang pagi.

"Crossing ini kita lakukan untuk membuat saluran baru mengatasi gorong-gorong yang selama ini tersumbat. Fungsinya untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi di Kelurahan Titi Rantai dan Selayang II. Insya Allah dengan selesainya pengerjaan crossing ini, masyarakat bisa terbebas dari banjir yang selama ini mereka alami," papar Syahnan.

Selanjutnya Syahnan pun optimis pengerjaan crossing ini tidak akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Sebab, setelah box culvert diturunkan sebagai saluran baru pengganti gorong-gorong langsung ditumbun dan dilalui. Di samping itu pengaturan arus lalu lintas pun mendapat dukungan penuh dari Dinas Perhubungan Kota Medan maupun Satlantas Polretabes Medan. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Pengerjaan Crossing Jalan Jamin Ginting Dilanjutkan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dinas Bina Marga Kota Medan kembali melanjutkan pembuatan crossing (pembelahan jalan) di Jalan Jamin Ginting, Senin (31/10/2016) malam. Crossing ini dilakukan

  • Antisipasi Banjir Di Kelurahan Titi Rantai Drainase Jalan Sembada Dikorek

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Menyikapi tingginya intesitas hujan belakangan ini, Kecamatan Medan Baru langsung melakukan antisipasi untuk mengatasi terjadinya banjir di sejumlah wilayahnya yang selama ini ren

  • Pengerukan Sungai Selayang Bersama Pak Wali

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Antisipasi banjir yang terjadi akibat luapan air sungai mulai dilakukan Pemko Medan. Kamis (2/8), Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin langsung pengorekan Sungai Se

  • Wali Kota Tinjau Lokasi Banjir Medan Selayang

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau lokasi banjir di tiga kelurahan di Kecamatan Medan Selayang, Kamis (29/9/2016). Ketiga kelurahan itu, masing-masing Kelurahan Sempakata, Kelurahan Beringin dan Kelurahan PB Selayan

  • Spider Excavator Diturunkan Ke Sungai Bederah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Setelah Sungai Selayang, kini giliran Sungai Berderah yang dikeruk Dinas Bina Marga Kota Medan, Kamis (6/10/2016). Dalam pengerukan ini, Dinas Bina Marga kembali menurunkan alat berat terbarunya, Spider Excavator untuk mengeruk Sun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb