• Home
  • News
  • Walikota Sidimpuan Sambangi Korban Banjir di Labuhan Rasoki
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 23 September 2020 18:47:00

Walikota Sidimpuan Sambangi Korban Banjir di Labuhan Rasoki

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga|Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Ganti Pasaribu warga Desa Labuhan Rasoki, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan tidak menyangka akan mendapat kunjungan dari Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Rabu 23 September 2020.
 
Kepada wartawan, Ganti Pasaribu mengatakan,
hujan lebat mengguyur P.Sidimpuan pada Selasa (22/9) sore sampai tengah malam, menyebabkan sungai di Desa Labuhan Rasoki meluap.

Sekira pukul 22:00, air sungai keruh membawa potongan kayu dari hulu di bukit Dolok Parlobaan hutan Suaka Margasatwa (SM) Barumun.

Lambat laun air semakin membesar, bercampur batu dan pasir, meluap ke areal kebun warga di pinggir sungai.

Di belokan sungai dekat jembatan, air menerjang tanggul dan menembus pemukiman warga hingga balairung pasar di samping Pasar Labuhan Rasoki.

Kemudian akibat sedimen yang membuat sungai mendangkal, air dari bawah jembatan meluap ke arah kiri hingga menerjang rumah warung milik Ganti Pasaribu.

"Air masuk ke warung, dan ketika saya masuk ke dapur sudah setinggi pinggang. Saya lihat dinding belakang sudah jebol,"Ujar Ganti.

Bencana yang di alami warga itu mendapat perhatian Walikota Sidimpuan Irsan Efendi yang menyempatkan diri menyambangi rumah warung yang rusak itu dan menyemangati Ganti Pasaribu sebagai pemilik.

Kemudian Wali Kota meninjau areal yang diterjang luapan air. Bekas lintas air itu lebarnya mencapai 50 meter dari  pinggir sungai dan panjang sekira 500 meter.

" Saya pastikan tahun depan sedimen sungai ini dibersihkan dan dibangun tanggul berkonstruksi tahu beton," Ujar Walikota kepada warga yàng hadir di lokasi.

Kepada Ganti Pasaribu diminta bersabar, karena ini musibah yang sama-sama tidak diinginkan. Kemudian Wali Kota menyerahkan santunan untuk membantu perbaikan dapur yang rusak.

Kepada warga Desa Labuhan Rasoki dan sekitar, diminta untuk sama-sama menjaga ekosistem hutan di hulu sungai.

"Jangan tebangi pohonnya. Selain melindungi kita dari bencana, juga masa depan anak cucu kita," Ujar Irsan.

Ganti Pasaribu selaku korban dan mewakili warga mengucapkan terimakasih atas tanggap dan pedulinya Wali Kota Irsan Efendi Nasution.

"Terimakasih pak, kami senang dipimpin Wali Kota yang peduli pada warganya. Apalagi tahun depan akan dibangun tanggul sungai," katanya.

Ganti berharap normalisasi dan pembangunan tanggul benar-benar memutus derita warga yang selalu diterpa rasa takut akan diterjang banjir. (Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Banjir Melanda Sejumlah Lokasi di Padangsidimpuan

    9 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Intensitas curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu belakangan ini di wilayah Kota Padangsidimpuan, mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi.Wakil Wali Kota Padangsidim

  • Di Padangsidimpuan, Jembatan Ambruk, Sawah, Kolam dan Permukiman Warga Terendam Banjir

    9 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Padangsidimpuan Kamis 30 Januari 2020 mengakibatkan banjir dan genangan di sejumlah wilayah. Seperti di kawasan Pulo Bauk atau s

  • Ini Alasan Banjir Terjadi di Medan Labuhan Menurut Pak Wali

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Setelah terendam banjir beberapa hari terakhir, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kamis (22/9/2016) akhirnya menyempatkan untuk mengunjungi korban banjir di Kelurahan Sei Mati, Tangkahan dan Martubung, Medan Labuhan. Sebagai hasil amat

  • Pasca Ambruk Akibat Banjir, Jembatan Desa Labuhan Rasoki Sudah Dapat Dilalui

    9 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Banjir yang melanda Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan, Kamis (30/1) malam mengakibatkan ambruknya jembatan yang mengakibatkan terputusnya arus lalu lintas m

  • Sumut Terima Helikopter SAR, Erry Ingatkan Daerah Waspada Bencana

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menerima satu unit helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016 dari Badan SAR Nasional

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb