• Home
  • News
  • Walikota Padangsidimpuan Perintahkan OPD Lakukan Upaya Maksimal Bantu Warga Korban Kebakaran
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 09 Januari 2020 21:23:00

Walikota Padangsidimpuan Perintahkan OPD Lakukan Upaya Maksimal Bantu Warga Korban Kebakaran

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | pelita batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Seluruh aparatur pemerintah agar melakukan upaya maksimal membantu warga korban kebakaran yang menghanguskan sekitar 15 rumah warga di Jalan Sudieman Ex. Merdeka, Kelurahan Wek. I lingkungan V kampung Salak, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Hal itu di sampaikan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH ketika melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran, Kamis 9 Januari 2020 sore.

Musibah kebakaran itu sendiri telah menyebabkan 13 KK atau 65 jiwa kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya, yang tinggal hanya pakaian di badan beserta beberapa peralatan rumah tangga yang bisa diselamatkan.

Pasalnya, lokasi kebakaran merupakan bangunan lama dan banyak yang masih berbahan kayu, sehingga menyebabkan api cepat menjalar dan menghanguskan 15 rumah warga meski petugas Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Padangsidimpuan telah bekerja keras untuk memadamkan api. 

Sebagai salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu meringankan beban warga, WaliKota langsung memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ali Ibrahim Dalimunthe & Kepala Dinas Kesehatan Sofyan Subri untuk mendirikan dapur umum dan membantu tempat tinggal sementara warga yang terkena musibah.

"Saya minta seluruh kebutuhan warga korban kebakaran baik makanan maupun kesehatan segera ditangani melalui dapur umum dan posko kesehatan. Saya tidak mau mendengar ada warga yang tidak dilayani dengan sebaik-baiknya. 

Jika ada warga yang mengeluh, saya akan mengambil tindakan. Jangan tambah penderitaan warga yang sudah ditimpa musibah ini," kata WaliKota.

Selanjutnya, Walikota juga memerintahkan kepada Camat Padangsidimpuan Utara untuk mendata selengkapnya warga yang menjadi korban dalam musibah kebakaran, termasuk membantu warga untuk mengurus kembali administrasi kependudukan yang terbakar seperti KTP, KK, akte kelahiran, maupun surat nikah.

"Permudah seluruh urusan warga dan jangan kutip biaya sepeser pun. Kemudian, koordinir seluruh bantuan yang masuk dari para dermawan sehingga penyalurannya tepat sasaran. Untuk itu, saya minta camat beserta jajaran agar siaga di lokasi guna melayani kebutuhan warga. Jika membutuhkan bantuan yang di luar tupoksi, segera koordinasikan dengan OPD terkait. Saya akan terus pantau ini!," tegasnya.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Pemko Padangsidimpuan Siapkan Lokasi Penampungan Korban Kebakaran

    10 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Kebakaran hebat yang melanda rumah dan tempat usaha warga jalan sudirman eks merdeka  Lingkungan 5 Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kamis 9 Januari

  • Walikota Padangsidimpuan Fasilitasi Pengobatan Pelajar SMA Penderita Kanker Stadium 3C Berobat Ke RS Adam Malik

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Gina Sonia (16) seorang siswi kelas X di SMA Negeri 4  Kota Padangsidimpuan di vonis dokter menderita Kanker Usus, anak dari Nurhana Lubis (46) yang tinggal menump

  • Pemko Padangsidimpuan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

    10 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Sosial, menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada korban kebakaran yang terjadi di Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpua

  • Akhyar Nasution Tinjau Jalan Rusak Menuju TPA Terjun

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar nasution MSi meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Jalan Paluh Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (31/1/2017

  • Hujan Semalaman Akibatkan Longsor di Angkola Barat

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan sekitarnya, pada Minggu 8 Oktober 2017 malam hingga Senin 9 Oktober 2017 dini hari kemarin, menyebabk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb