• Home
  • News
  • Walikota Padangsidimpuan Harapkan Kecamatan Angkola Julu Jadi Sentral Produksi Bawang Merah
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 12 Februari 2020 22:15:00

Walikota Padangsidimpuan Harapkan Kecamatan Angkola Julu Jadi Sentral Produksi Bawang Merah

BAGIKAN:
Togi Ritonga | Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu diharapkan dapat menjadi sentral penghasil  bawang merah untuk memenuhi kebutuhan pasar di Padangsidimpuan dan sekitarnya.

"Kita bersyukur Angkola Julu ini cocok untuk budidaya bawang merah yang hendaknya menjadi perhatian bersama untuk terus di kembangkan sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar di Padangsidimpuan dan sekitarnya.

Selain itu, juga sebagai upaya dan ikhtiar kita dalam menjaga inflasi di Kota Padangsidimpuan, dimana  komoditas bawang merah yang cukup fluktuatif menjadi salah satu penyebab inflasi daerah," ujar Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH saat mengunjungi Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu dalam rangka panen perdana tanaman bawang merah dan cabai merah, Rabu 12 Februari 2020.

Dicontohkannya, dengan luas lahan 2500 m2 dapat menghasilkan 1 ton bawang, bila harga bawang di pasaran 25.000 per kg, Maka yang didapatkan petani sebesar 25 juta Rupiah, dengan biaya produksi termasuk upah, sebesar 10 juta Rupiah. Maka yang dihasilkan petani 15 juta rupiah hanya dalam waktu 2 bulan.

Padahal sebelumnya dengan lahan yang sama digunakan untuk bertani padi, hanya menghasilkan 90 Kaleng, dengan harga 50 ribu Rupiah per kaleng, maka yang didapat hanya 4,5 juta Rupiah dengan membutuh waktu 4 Bulan untuk panen.

"Kita berharap dengan panen perdana ini dapat memotivasi masyarakat petani untuk memulai mengalihkan lahannya untuk berfokus pada komoditas bawang merah dan tanaman cabai ini," ujarnya.

Selanjutnya Irsan meminta  dinas pertanian bersinergitas dengan pemangku kepentingan  agar bisa memaksimalkan potensi sumber daya alam di Kecamatan Angkola Julu.

Sebelumnya, kehadiran Walikota Irsan Efendi Nasution di Joring Natobang disambut antusias oleh masyarakat dan margondang oleh naposo nauli bulung binaan desa.

Walikota Irsan menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa berbahagia atas penyambutan masyarakat dengan suasana yang sejuk, terasa seperti pulang kampung.

Turut hadir pada kesempatan itu, Anggota DPRD Feryansyah Hasibuan, Kadis Pertanian Parhimpunan Siregar, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Nurcahyo Budi Susetyo, Camat Psp Angkola Julu Ridwan Ritonga, TNI, Polri, dan para Kepala Desa.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Angkola Julu Diharapkan Jadi "Berastagi"nya Kota Padangsidimpuan

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meninjau kebun bawang dan kebun cabai warga Angkola Julu, hasil bina

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    9 bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Saat Akhyar Nasution Juga Panen Benih Bawang Merah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Demplot pemurnian benih bawang merah dalam rangka phasing out klaster bawang merah di Kecamatan Medan Marelan, Kamis (6/4/2017) akhirnya berhasil dan telah dipanen. Progr

  • Ditinggal Berjualan, Rumah Produksi Tahu Dan Tempe Ludes Terbakar

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Satu unit rumah berdinding papan sekaligus tempat rumah produksi pembuatan tahu dan tempe ludes di lalap si jago merah di desa Batu Layan Kecamatan Angkola Julu

  • Wakil Walikota Bersama TPID Padangsidimpuan Tinjaun Kebun Bawang Dan Cabai Angkola Julu

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meninjau kebun bawang dan kebun cabai warga Angkola Julu, hasil bina

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb