• Home
  • News
  • Walikota Padangsidimpuan Fasilitasi Pengobatan Pelajar SMA Penderita Kanker Stadium 3C Berobat Ke RS Adam Malik
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 September 2019 22:05:00

Walikota Padangsidimpuan Fasilitasi Pengobatan Pelajar SMA Penderita Kanker Stadium 3C Berobat Ke RS Adam Malik

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Gina Sonia bersama ibunya Rohana Lubis didampingi Kabid Yankes Dinkes Padangsidimpuan Kombang Ali Yasin dan Kepala Puskesmas Sadabuan Filda Susanti, MKM

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :

Gina Sonia (16) seorang siswi kelas X di SMA Negeri 4  Kota Padangsidimpuan di vonis dokter menderita Kanker Usus, anak dari Nurhana Lubis (46) yang tinggal menumpang /mengkontrak di Jalan KH. Zubeir Ahmad, Kelurahan Sadabuan, Padangsidimpuan.

Hidup pas pas dengan mengandalkan hasil berdagang makanan ringan di depan Sekolah MAN 1 Padangsidimpuan itu membuat Nurhana Lubis singel parent yang sudah 7 tahun berpisah dengan suaminya itu harus berfikir panjang untuk mengobati putrinya.

Saat ditemui tim media di kediamannya Sabtu 21 September 2019, Nurhana mengatakan membutuhkan uluran tangan untuk meringankan beban yang di derita putrinya Gina Sonia yang sudah hampir 3 bulan menderita sakit parah.

Kurun waktu itu, berbagai upaya telah ia buat hingga terbesit di benaknya  ingin menyampaikan keluhannya terhadap Walikota Padangsidimpuan  Irsan Efendi Nasution, S.H dan ternyata direspon dengan cepat.

"Sekitar bulan Juni lalu, anak saya (Gina Sonia)  Cuma mengeluh sakit perut biasa atau pun hanya sekedar masuk angin, namun dihari hari berikutnya sakit yang dideritanya semakin menjadi jadi. Saya membawa Gina Check Up ke dokter spesialis penyakit dalam dan oleh Dokter disarankan untuk operasi karena ada penyakit di usus anakku ini yang kemungkinan Tumor padat.

Dan pada bulan Juli, saya membawa putriku itu ke Batam untuk berobat tepatnya di Rumah Sakit Otorita Batam, setelah melewati berbagai pemeriksaan  dan didiagnosis menderita Tumor Ganas stadium 3 C oleh Dokter di RS itu, kemudian  pada tanggal 20 Juli 2019 anak gadis nya menjalani Operasi.

Setelah operasi, di luar perut anak gadisku di buat berupa kantung untuk menampung kotoran yang keluar dari usus karena untuk beberapa saat anus tidak difungsikan menunggu sel sel kanker mati.

Dan setelah dirawat beberapa minggu kemudian pihak rumah sakit sudah memperbolehkan anak gadisku pulang dan di rawat jalan. kemudian saya membawa Putriku itu pulang ke Padangsidimpuan.

Berselang setelah operasi itu, berangsur angsur berat badan putriku kian hari kian berkurang hingga tampak seperti saat ini kurus sesekali hingga jahitan pada luka operasi terbuka,  dan tidak jarang putrinya itu selalu mengeluh sakit setiap saat dan paling parah saat malam hari.

Tidak tahan mendengat keluhan putrinya, Rohana membawa anaknya berobat dan di rawat di RS Inanta Padangsidimpuan dan oleh pihak RS Inanta menyarankan untuk di rujuk ke RS Adam Malik Medan.

Dan karena keterbatasan biaya dan butuh uang untuk keperluan sehari hari selama di medan, Nurhana terpaksa mengurungkan niatnya menunda membawa putrinya itu ke RS Adam Malik.

"Gina memang berobat pakai BPJS, tapi bagaimana lagi karena biaya apalagi saya cuma orang tua tunggal mencari nafkah di keluarga ini. Saya cuma jualan makanan anak anak pakai gerobak di depan sekolah MAN 1 itu," ujarnya dengan nada sedih.

Dan syukur Alhamdulillah, tadi pihak Dinas kesehatan kota Padangsidimpuan datang menemui saya katanya anak saya tetap dirujuk ke RS Adam Malik Medan dan untuk biayanya di tanggung oleh Pemko Padangsidimpuan.

"Saya tidak tahu, kalau Walikota mengetahui akan hal ini, dan mereka di perintahkan oleh pak Wali untuk mengurus segala sesuatu kekurangan berobat Gina ke Medan," ujarnya

Sebelumnya Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution S.H mendapat Informasi dari pengaduan warga bahwa ada salah satu warganya terkena penyakit Tumor Ganas stadium 3 C pada usus dan karena keterbatasan biaya anak tersebut hanya dirawat orang tuanya di rumah. 

Mengetahui hal itu Walikota langsung memerintahkan pihak Dinas kesehatan Kota Padangsidimpuan  menjemput dan membawa Gina ke RSUD, dan apabila hasil diagnosa dokter harus ke medan Pemko akan fasilitasi dan akan ikut menanggung biaya perobatan ananda kita ini

"Mohon doa kita semua kiranya Allah Swt mengangkat penyakitnya dan memberi kesembuhan agar ananda kita ini dapat kembali berkumpul dgn keluarga untuk melanjutkan upaya dan ikhtiarnya meraih mimpi dan cita citanya. Dukung VISI MISI SIDIMPUAN BERSINAR agar masyarakat kita tidak ada yang sakit. Bantu kami mengendus info disekeliling tempat tinggal kita," ujar Irsan.

Tempat terpisah, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan Kombang Ali Yasin membenarkan mendapat perintah dari Walikota Padangsidimpuan untuk mengurus pengobatan Gina Sonia. "Ambulan dan biaya hidup keluarga yang mendampingi selama perobatan di Medan di tanggung pemerintah kota,  insha Allah, Besok sekitar pukul 17.00 wib. kita akan berangkatkan adinda Gina untuk di rujuk ke Rumah sakit Adam Malik Medan," tegas Kombang Ali Yasin via seluler,  Sabtu, Sabtu (19/9). (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Earlene Annie Kassia Situmorang, Penderita Kanker Mata Butuh Bantuan

    3 tahun lalu

    "Awalnya benjolan itu berukuran kecil, namun kian hari semakin membesar,"

  • Evi Berharap Orangtua Anak Penderita Kanker Jangan Berputus Asa

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sumatera Utara Ny Evi Diana Erry Nuradi menyebutkan, para orangtua yang anaknya menderita penyakit kanker jangan berputus asa dan tetap

  • Ketua TP PKK Sumut Harapkan CISC Sumut Pusat Informasi Kanker Masyarakat Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry Nuradi mengapresiasi kehadiran Cancer Information and Support Centre (CISC) Sumut. Karena menurut Evi Diana Penyakit Kanker merupakan salah sat

  • Pospera Kota Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : DPC Pelopor Perjuangan Rakyat (Pospera) Kota Padangsidimpuan menggelar sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan bagi seluruh Pelajar tingkat SLTA sedarajat dan SMP baik Neger

  • Pemko Padangsidimpuan Selenggarakan Pemilihan Putri Pariwisata 2019

    2 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pariwisata melaksanakan kegiatan Pemilihan Putri Pariwisata Kota Padangsidimpuan Tahun 2019 bertempat di Gedung Adam Malik

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb