• Home
  • News
  • Walikota Lantik Badan Amil Zakat Daerah Kota Padangsidimpuan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 22 Januari 2021 16:25:00

Walikota Lantik Badan Amil Zakat Daerah Kota Padangsidimpuan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution melantik kepengurusan Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Padangsidimpuan masa bhakti 2019 - 2024 sesuai keputusan Walikota Padangsidimpuan No. 510/KPTS/2020, Jumat 22 Januari 2021.

Berdasarkan struktur untuk Dewan pembina oleh Walikota , Ketua DPRD , Kakan Kemenag , Ketua MUI & Sekda Kota Padangsidimpuan. Sedangkan untuk struktur organisasi diketuai oleh H.Zainal Arifin Tampubolon, Wakil Ketua I H.Marasati Ritonga, Wakil ketua II Dra.Suryati Sannita Nasution & Wakil Ketua III Drs.Ali Musa Siregar.

Tugas dari pelaksana BAZDA Kota Padangsidimpuan di antaranya menyelenggarakan tugas administratif dan teknis pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infaq dan shadaqah.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH meminta kepada pengurus yang baru dilantik untuk mampu mengemban amanah sebaik-baiknya.

"Untuk diketahui, zakat di kalangan umat islam merupakan salah satu kewajiban yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, ketika seorang muslim sudah memenuhi syarat untuk wajib zakat."Ujar Irsan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa realitas yang ada masih jauh dari yang diharapkan. Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang kewajiban zakat itu sendiri.

Artinya, mungkin saja seseorang sudah melaksanakan kewajiban zakat, tetapi cara pelaksanaan maupun peruntukannya belum sesuai dengan tuntutan syariat.

Oleh sebab itu dipandang perlu membentuk suatu lembaga secara khusus menangani pengelolaan zakat tersebut karena dengan pengelolaan zakat yang baik dan bertanggung jawab, zakat akan menjadi sumber dana yang potensial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. 

Hal ini sangat sesuai dengan tujuan pembangunan bidang agama, yaitu meningkatkan peran serta umat beragama dalam pembangunan nasional, terlebih bagi bangsa Indonesia yang mayoritas muslim.

Ini artinya, kewajiban membayar zakat itu sudah diatur dan disesuaikan, sehingga tidak akan menyulitkan dalam kaitannya dengan kewajiban pajak.

Menurut Irsan, sesungguhnya itu merupakan tantangan berat namun sangat mulia bagi jajaran pengurus BAZDA. Upaya-upaya yang perlu segera dilakukan adalah memberikan pemahaman guna memaksimalkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan kewajiban zakat. 

"Selain itu, konsolidasi internal pengurus BAZDA, sehingga semua bidang dan seluruh personil BAZDA dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal," harapnya.(STR)
  BeritaTerkait
  • Sosialisasi Badan Zakat Nasional Kota Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sehubungan dengan Surat Edaran Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,MSi yang disampaikan kepada SKPD-SKPD tentang pemotongan Zakat bagi ASN muslim, tentunya Bendahara sudah dapat

  • Pj. Walikota Lantik 55 Pejabat Pemko Padangsidimpuan

    3 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak):Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan melantik  55 pejabat eselon III dan IV , bertempat di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Jumat (20/7). Dalam

  • Walikota Padangsidimpuan Lantik Sopian Subri Gantikan Letnan Jadi Kadis Kesehatan

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, melantik Sopian Subri Lubis S.Sos, M.Kes menjadi Kepala Dinas Kesehatan menggantikan H. Letnan SKM, M.Kes bertempat d

  • Berhentikan 3 Kadis, Walikota Sidimpuan Lantik 9 Pejabat Eselon II

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH melantik sembilan orang pejabat Eselon II di aula Kantor Sekretariat Daerah Kota, Rabu 30 Oktober 2019."Mutasi dan pel

  • PD Pemuda Muhammadiyah Gelar Pelantikan Dan Raker Dihadiri Walikota Padangsidimpuan

    12 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menghadiri acara pelantikan dan rapat kerja Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Padangsidimpuan Periode 2

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb