• Home
  • News
  • Walikota Harapkan Kontribusi Peneliti Membangun Kota Padangsidimpuan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 21 Oktober 2020 16:05:00

Walikota Harapkan Kontribusi Peneliti Membangun Kota Padangsidimpuan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga|Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Penelitian dan pengembangan beserta hasilnya mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih (good government and clean governance) karena dinilai objektif memadukan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kondisi yang berkembang di masyarakat.

Hal itu diungkapkan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada acara diseminasi hasil penelitian kerja sama Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Baplitbangda) dengan perguruan tinggi IPTS, UMTS, IAIN, dan UGN di Aula BKPSDM, Komplek Perkantoran Palopat Pijorkoling, Padangsidimpuan Tenggara, Rabu 21 Oktober 2020.

"Tentunya acara ini sebagai upaya mendorong kualitas hasil penelitian yang lebih baik di dalam merumuskan berbagai kebijakan yang akan diambil dan dapat lebih dipertanggungjawabkan.

Saya menyambut baik pelaksanaan acara ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban publik kepada para stakeholder tentang apa yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi melalui bappeda dalam upaya mendorong dunia kepenelitianan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyebarluasan hasil-hasil yang telah dilaksanakan yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat," ujar Irsan.

Disebutkan, fungsi penelitian adalah menghasilkan alternatif rumusan kebijakan yang dapat digunakan baik untuk perencanaan maupun sebagai kontrol dalam pelaksanaan pembangunan daerah untuk itu diharapkan penyelenggaraan diseminasi hasil penelitian ini dapat mengumpulkan berbagai masukan yang positif dan produktif oleh berbagai elemen penelitian untuk menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilaksanakan. 

Dengan adanya sarana ini tentunya secara tidak langsung telah membentuk sinergi antar lembaga penelitian di daerah dimana peran masing-masing lembaga dapat berkontribusi memberikan tanggapan dengan mengakomodir kebutuhan yang berkembang dibidangnya sehingga dapat memperkaya hasil penelitian. 

Bagi para peneliti sebagai aktor yang bergerak dalam melaksanakan kegiatan ini dilapangan tentunya dapat menumbuhkan kompetensi dan menambah wawasan lebih luas dari sudut pandang yang lebih kompleks untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang timbul sehingga penelitian yang dihasilkan dapat lebih inovatif.

Tujuan penelitian bagi masyarakat sebagai sumber penyedia data dan rekomendasi yang dapat di aplikasikan di masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD).

"Oleh karenanya lembaga penelitian di kota padangsidimpuan perlu didorong untuk terus berupaya mengedepankan hasil-hasil penelitian, kajian dan telaahan strategis dalam rangka menghasilkan rekomendasi kebijakan secara berkualitas dan aplikatif," pungkas Irsan.

Dengan adanya data di kota padangsidimpuan yang terintegrasi dan tersistem dengan lebih baik maka keberadaan lembaga penelitian menjadi sangat strategis, karena tugas utama lembaga ini penelitian dan adalah untuk melaksanakan pengembangan, dengan memperhatikan berbagai kondisi yang berkembang menyangkut lembaga penelitian ini di daerah di harapkan lembaga penelitian di daerah maupun stakeholders dapat bersinergi dengan balitbangda kota padangsidimpuan dalam merumuskan berbagai kebijakan yang menyangkut pembangunan iptek dan kebijakan lainnya di kota padangsidimpuan.

Di akhir pidatonya, Irsan menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian kita bersama agar tujuan pelaksanaan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan tahun anggaran 2020 dapat tercapai terutama terkait dengan hasil penelitian yakni membangun kerjasama dan jejaring yang kuat antar lembaga penelitian yang ada di kota padangsidimpuan guna memberikan rumusan dan mempertajam hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.

Mengaplikasikan hasil penelitian yang dapat diarahkan sebagai bahan kebijakan daerah untuk mendukung pengambilan keputusan dan menyelaraskan agenda kegiatan penelitian yang dilakukan oleh seluruh lembaga penelitian yang ada di kota padangsidimpuan yang terarah sesuai dengan kebijakan strategis daerah.

Sebelumnya, Kepala Baplibangda M Jusar Nasution  menyampaikan harapan agar OPD bisa menangkap gagasan yang lahir dari tim peneliti ini untuk menjadi bagian dari kebijakan dalam menjalankan program di tahun tahun kedepan.

"Harus memahami RPJMD, memahami Renstra. Harapan, diperencanaan tahun 2022, perencanaan program ditahun 2022 ini bisa masuk menjadi bagian dari kebijakan umum anggaran sehingga mengerucut kepada RKPD.

Kepada unsur perguruan tinggi, Jusar sangat berharap akan berkembang wilayah penelitian yang  dapat membantu pemerintah untuk merumuskan kebijakan baru yang pro terhadap peningkatan mutu kehidupan.

“Misalkan meneliti Jln. Thamrin, bagaimana supaya kami bisa lakukan dengan smooth tanpa ada orang yang keberatan, orang merasa terbantu, untuk kebersihan jl. Thamrin itu, dan itu sudah menjadi persoalan klasik yang perlu dibenahi," pungkasnya.

Baplitbangda, ujar Jusar, memiliki keterbatasan yang diantaramya ketersediaan anggaran untuk masuk ke riset penelitian. "Karena itu dengan berkenannya pihak perguruan tinggi bekerjasama dengan pola kemitraan, tidak berbasis biaya, kami haturkan banyak terima kasih," ujarnya.

Sementara itu judul penelitian yang akan diseminasikan adalah Pengolahan Getah Salak menjadi bahan pengenyal alami oleh Muharram Fajrin Harahap S.Pi, M.Si (UMTS), Persepsi masyarakat terhadap kebersihan kota yang indah teratur dan nyaman dalam meningkatkan pembangunan di kota Padangsidimpuan Oleh Dra. Nursiah Hasibuan, MAP (UGN), Upaya penanganan kekerasan pada anak (studi kasus kantor P2TP2A wilayah Tabagsel) Oleh Muhammad Syukri Pulungan, M.A (IAIN) dan Analisis Mutu Air Minum Isi Ulang di Kota Padangsidimpuan berdasarkan persyaratan mikrobiologi Oleh Rizky Amelia Dona Siregar, M.Si (IPTS)

Acara itu juga ditandai dengan penyerahan buku karya peneliti kepada Walikota dan pemberian sertifikat kepada Peneliti.(STR)
  BeritaTerkait
  • Akhyar Nasution Harapkan Implementasi dari Hasil Penelitian Membangun Bangsa

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, M.Si membuka secara resmi 2nd International Conference of Computer and Mathematic, Environment, Social Science, Healt, Science A

  • Prof Posman Sibuea : Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pangan di Medan hadirkan 50 Pemakalah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri menerima Panitia Seminar Nasional Inovasi di Bidang Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian 2017 di Ruang Khusus Sekda Kota Medan, Kan

  • Tengku Erry Sampaikan Pesan Ini Kepada BEM

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengharapkan Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM) dapat memberikan warna dalam pembangunan. Apalagi sebagai generasi penerus bangsa, merekalah nan

  • Gubsu Harapkan IPEMI Teteskan Jejaring Usaha Hingga Kalangan Bawah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi MSi diwakili Kadis Koperasi dan UKM Provsu M Zein menghadiri Tasyakur Milad 1 Tahun Ikatan Pengusahan Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut dan membuka Rake

  • Sekda Kota Padangsidimpuan Terima Kunjungan Reses DPR RI Sihar Sitorus

    9 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Dapil II Sumatera Utara Sihar P.H. Sitorus melakukan kunjungan kerja Reses Pero

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb