• Home
  • News
  • Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto Dorong Ulos Menjadi Warisan Budaya Internasional
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 28 September 2016 13:02:00

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto Dorong Ulos Menjadi Warisan Budaya Internasional

BAGIKAN:
Ist
Ulos
Jakarta(Pelita Batak): Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto akan mendorong Ulos yang kini menjadi warisan budaya nasional menjadi warisan budaya internasional. Hal itu disampaikan usia menerima audiensi dengan Panitia Hari Ulos di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Rabu, 28 September 2016.
 
“Jadi memang Ulos saat ini menjadi warisan budaya nasional dan ingin ditingktakan menjadi warisan budaya dunia. Tentunya yang berhak dan mendeklarasikan adalah UNESCO. Jadi tata caranya harus mmenuju ke arah sana,” ujar Agus, seperti dikutip dari republika.co.id.
 
Politisi Demokrat ini pun juga diundang oleh Panitia Hari Ulos yang akan berlangsung di Medan pada 17 Oktober 2016 nanti. Ia pun akan mengupayakan untuk memenuhi undangan tersebut. “Tadi mereka hadir karena ingin melaksanakan pameran Ulos di Medan dan secara khusus ingin mengundang saya tanggal 17 Oktober. Akan ada pameran Ulos disana," kata dia. 
 
Agus menegaskan akan terus berupaya meningkatkan warisan budaya agar tidak ada negara lain yang mengklaim budaya Indonesia. Ia pun akan mendorong Ditjen Kebudayaan untuk memberikan dukungan terhadap persoalan ini. Mengenai tindak lanjut dari upaya DPR ini, Agus akan berkoordinasi dengan Komisi X untuk memberikan dukungan politik supaya Ulos menjadi warisan budaya dunia.
 
“Memang warisan budaya harus kita tingkatkan terus, kita pelihara dan deklarasikan sebagai warisan budaya dunia sehingga tidak ada yang bisa kompain bahwa Ulos ini produksi budaya negeri lain,” ujar Agus.(R2/republika.co.id)
  BeritaTerkait
  • Dukung Hari Ulos, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto akan Hadir 17 Oktober di Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Agus Hermanto menyatakan dukungannya akan pelaksanaan hari ulos ke-2 tahun 2016. Bahkan, politikus Partai Demokrat ini menyatakan kesediaannya menghadiri kegiatan yang

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    4 tahun lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  • Toga Sihite dan Keluarga Doakan DR.IR.Mombang Sihite, MM Menuju DPR RI Dapil II Sumut

    2 tahun lalu

    Sileang(Pelita Batak): Pomparan Siraja Oloan (SRO) khususnya Keluarga Besar Toga Sihite Keturunan Guru Leang  Berangkatkan DR Ir Mombang Sihite MM dalam perhelatan Pesta Demokrasi Calon Legislati

  • Jika Ingin Go UNESCO, Ulos Harus Menjadi 'Ulos Indonesia'

    4 tahun lalu

    Pengajuan ulos sebagai warisan budaya tak benda menjadi warisan budaya internasional atau dunia harus pertama sekali ulos menjadi milik Indonesia. Tidak lagi disebut sebagai ulos batak atau yang lainnya, melainkan menjadi 'ulos Indonesia'.

  • Perlu 'Marsirippa' Mewujudkan Ulos Sebagai Warisan Budaya Dunia

    4 tahun lalu

    Sebuah bangsa yang mandiri adalah bangsa yang berbudaya dan budayanya itu mengakar dalam pribadi masyarakatnya. Namun kepemilikan budaya yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb