• Home
  • News
  • Wabup Kabupaten Tobasa Hulman Sitorus Monitoring dan Tinjau Dana Kelurahan Kecamatan Porsea
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 14 Februari 2020 14:21:00

Wabup Kabupaten Tobasa Hulman Sitorus Monitoring dan Tinjau Dana Kelurahan Kecamatan Porsea

BAGIKAN:
maria | pelitabatak
Usai pemaparan wakil Bupati didampingi Rosta Munte, Camat Porsea dan OPD tinjau kegiatan dranase Patane III.
Tobasa (Pelita Batak):
Bertempat di Kantor Kelurahan Patane III Kecamatan Porsea  Wakil Bupati gelar monitoring dana kelurahan . Didampingi Asisten I Harapan Napitipulu , Camat Porsea Robet Manurung,Kabag Tapem Lansa Manullang wakil bupati memberi pemaparan dan pesan terkait penggunaan dana kelurahan.

Untuk pertama kalinya, dana kelurahan dari pemerintah pusat total sebesar Rp 3 triliun, sekitar Rp 6 miliar di antaranya  mengalir ke-13 kelurahan di Pemkab Tobasa. Dana itu mulai dicairkan pada Maret 2019. Prinsipnya dana tersebut dipastikan harus digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ini terungkap saat Wabup Hulman Sitorus didampingi sejumlah OPD saat acara monitoring penggunaan dana kelurahan, Selasa (11/02/2020), di Kantor Kelurahan Patane 3 Kecamatan Porsea.

"Dana kelurahan merupakan buah perjuangan kita bersama. Kita bersyukur setelah ada dana desa , kelurahan se-Tobasa masing-masing  mendapatkan dana sekitar Rp 400 juta lebih. Dana kelurahan ini bisa menjadi tambahan fiskal dan kekuatan. Terima kasih Pak Jokowi dan DPR RI yang telah menyetujui dana kelurahan tahun 2019,untuk itu kelurahan jangan menyia nyiakan kesempatan ini," ungkap Hulman Sitorus.

Hulman berpesan, penggunaan dana tersebut menggunakan tiga rumus.

"Ke depan harus dipastikan dana kelurahan mampu mendorong penciptaan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan perbaikan sarana prasarana. Setiap rupiah yang dikeluarkan harus mampu menciptalan lapangan kerja apalagi," ungkap lulusan IPB ini.

Menurut Hulman, hadirnya dana kelurahan membawa harapan besar mampu menyelesaikan problem-problem di Kabupaten Tobasa yang selama ini terkait dengan kemiskinan

"Caranya adalah, bagaimana duit itu bisa diserap sebaik mungkin. Hindari anggaran yang silpa,bekerjalah dengan tanggung jawab , fasilitas yang kita gunakan sebagai ASN semuanya menggunakan uang rakyat melalui pajak ekspor,impor,PAD dan lain lain.Jadi bekerjalah dengan sepenuh hati dan takutlah pada Tuhan,jaga etika dan adat budaya," katanya.

Jika ada program dan kegiatan, biarlah semuanya menguntungkan masyarakat itu sendiri . Kami minta Lurah beserta staff nya bisa bekerja sama dengan Kecamatan  memprioritaskan potensi lokal. Pembangunan sarana dan prasarana gunakan tenaga kerja dari kelurahan. Demikian juga saat belanja barang, sehingga menambah pertumbuhan ekonomi. Duitnya harus mengalir lagi ke masyarakat, Itu kuncinya," paparnya.

Dari hasil monitoring ke tiga kelurahan ini Hulman menyayangkan kinerja Lurah Parparean 3  bahwa anggaran dana kelurahan hanya bisa diserap sekitar Rp 127 jt atau 30 lebih dari total anggaran. Rosta Munte Lutah Patane 3 dan Lurah Pasar Porsea Eduward Sidabutar dinilai maksimal dalam penyerapan anggaran serta pendekatan dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sehingga pengalokasian dana kelurahan di 2 lokasi ini baik dan cukup berhasil .

"Harapan kami, jika dana kelurahan masuk jangan sampai ada overlap kegiatan. Dana kelurahan perlu memperhatikan program dan usulan yang belum terakomodir,salah satunya pada bidang pemberdayaan," ujarnya.

Dia sepakat, dana kelurahan digunakan untuk program dan kegiatan yang hasilnya dapat meningkatkan lapangan kerja, pendapatan masyarakat serta pembangunan sarana dan prasarana.

"Ini sejalan dengan program  Pemerintah Kabupaten Tobasa dengan sasaran pengentasan kemiskinan, peningkatan pendapatan masyarakat dan penataan lingkungan," kata dia.

Artinya, dana kelurahan sudah sesuai peruntukannya namun demikian perlu ada garis yang tegas untuk memilah supaya tidak terjadi overlapping atau tumpeng tindih dengan dana-dana lain yang selama ini sudah mengalir ke kelurahan.

Berdasarkan Permendagri 130/2018 yang mengatur dana kelurahan, secara otomatis lurah akan menjadi kuasa pengguna anggaran atau KPA. Paling tidak di setiap kelurahan butuh empat orang personel yang menanganinya.

Wabup Hulman juga mengingatkan jangan sampai PNS terjebak administrasi sehingga tugas ke masyarakat berkurang. “Masyarakat juga perlu kita pikirkan. Jangan sampai roh pelayanan terputus hanya karena terjebak administrasi,” katanya.

"Ini rumus kebijakan publik. Permendagri sudah tegas. Peruntukan dana kelurahan lebih detail dari dana desa. Baru kali ini ada Permendagri teknis banget. Saya kira bagus, rumusnya adalah laksanakan sesuai juknis dan juklak, ASN jangan sering bolos,bekerjalah dengan hati,mari berubah dimulai dari diri sendiri,jangan harapkan orang lain merubah kita tapi mari berubah demi perbaikan kedepan," katanya.

Turut hadir Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Kadis Perkim diwakili Kabid Untung Sirait, Kepala puskesmas dr Patar Silaen, Kadis Sosial dr Raja Ipan Sinurat beserta OPD lainnya.(Maria)
  BeritaTerkait
  • Dugaan Pertanggungjawaban Fiktif 300 Unit Tong Sampah Rp 150 Juta, Lurah Porsea Sebut Terima dari Pihak Swasta

    3 tahun lalu

    Tobasa(Pelita Batak): Penggunaan anggaran Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tobasa tahun anggaran 2015 dan 2016 diduga bermasalah.    Antara lain, pertanggungjawaba

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  • Warga Desa Tambunan Lumban Gaol Serahkan Lahan untuk Pariwisata di Tobasa

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Warga Desa Tambunan Lumbangaol melalui Kades Edward Tambunan   menyerahkan sebidang pantai pasir putih kepada Pemkab Toba Samosir, untuk dikelola dan dikembangkan menj

  • Bupati Tobasa Darwin Siagian Ajak Seluruh Warganya Bersiap Sambut Wisatawan Dunia

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengajak seluruh lapisan masyarakat berbenah diri dalam menyambut Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional bidang parawisata. Jika ingin

  • Pemerintah Bangga Memiliki HKBP

    2 tahun lalu

    Tobasa (Pelita Batak) :Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) turut berbangga hati menyaksikan acara besar syukuran Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)Distrik IV Toba ini. HKBP sebagaimana

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb