• Home
  • News
  • Tokoh Muda Batak Trimedya Panjaitan Luncurkan Dua Buku
KSP Makmur Mandiri
Senin, 06 Februari 2017 14:58:00

Tokoh Muda Batak Trimedya Panjaitan Luncurkan Dua Buku

BAGIKAN:
tribunnews.com
Trimedya Panjaitan
Jakarta(Pelita Batak): Dua buku diluncurkan secara bersamaan oleh Politisi Partai PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR Trimedya Panjaitan di ruang Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Minggu 5 Februari 2017.
 
Buku pertama yang diluncurkan berjudul, "Banteng Senayan dari Medan-Sebuah Pergumulan Hukum dan Politik" yang ditulis oleh Rahmat Sahid, dengan kata pengantar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 
 
Sementara buku kedua merupakan kumpulan pemikiran Trimedya yang tertuang dalam berbagai tulisan di media dengan judul buku "Parlemen dan Penegakan Hukum di Indonesia". Buku tersebut disunting oleh Rahmat Sahid, dengan kata pengantar Menko PMK Puan Maharani.
 
Acara peluncuran ini berlangsung meriah karena dihadiri sejumlah pejabat negara, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, Jaksa Agung M Prasetyo, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari, Seskab Pramono Anung, Menkum HAM Yasonna Laoly, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin. Termasuk Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo dan Hakim Agung MA Gayus Lumbuun, serta Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
 
Hadir pula sejumlah elite PDI Perjuangan seperti Wakil Sekjen Ahmad Basarah dan Eriko Sotarduga, serta Ketua DPP PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani.
 
Dalam sambutannya, Trimedya menegaskan bahwa pemberitaan tentang penegakan hukum di Indonesia adalah hal yang sangat menjual, terutama bila ada pemberitaan tentang pejabat yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) karena melakukan korupsi.
 
Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan ini, masyarakat terkadang lupa bahwa penegakan hukum berkaitan langsung dengan kewenangan penegak hukum yang diberikan oleh UU. 
 
"Di sinilah parlemen sebagai penyusun UU memiliki peran penting dalam menopang penegakan hukum karena semuanya kami yang mengkaji," kata Trimedya dalam sambutannya.
 
Trimedya menuturkan, parlemen bersama para penegak hukum yakni Kejaksaan, Polri dan lembaga KPK serta pengadilan pengadilan harus terus melakukan pengawalan terhadap sinergi tiga pilar pilar untuk menciptakan penegakan hukum yang demokratis. 
 
Peran DPR, kata dia, dalam melakukan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi diwujudkan lewat dua dari tiga fungsi yakni legislasi dan pengawasan. Hal ini dibuktikan juga dengan lahirnya UU Pemberantasan Korupsi yang semakin baik, yakni baik UU 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi dan UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.
 
Dirinya menjelaskan dalam buku yang terdiri atas beberapa bagian tersebut memberi perhatian lebih terhadap penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dengan menempatkan banyak tema pada bagian awal.
 
"Fungsi pengawasan di bidang pemberantasan korupsi DPR bertugas memastikan proses hukum benar-benar adil tidak diskriminatif atau tebang pilih agar tetap pada koridor sistem hukum yang ada, tidak prduli apakah hal itu menimpa para politikus yang membuat UU," pungkasnya.(R2/rmol.co)
  BeritaTerkait
  • Tengku Erry Luncurkan 3 Biografi, Ini Kata RE Nainggolan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Peluncuran tiga buku biografi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi di Ballroom Hotel Adi Mulia Medan, Minggu malam (15/4/2018), menjadi kado istimewa Har

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    3 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • HUT ke-80, Ephorus Emeritus HKBP Pdt Dr JR Hutauruk Luncurkan Dua Buku Sekaligus

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Tepat berusia 80 tahun, Ompui Ephorus emeritus HKBP Pdt Dr J.R Hutauruk meluncurkan dua buku tulisannya sekaligus. Dengan acara sederhana, peluncuran buku dilaksanakan di komplek HKBP Tanjungsari Medan, Senin (24/10/2016).

  • Akbar Tanjung: Sumut Butuh Sosok Seperti Maruarar Sirait

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Sosok tokoh politik muda yang punya idealisme, visi dan misi seperti Maruarar Sirait dinilai cocok untuk memimpin Sumatera Utara kedepan.   Sebagaimana dikutip d

  • Malam Ini Tokoh Nasional Batak Bertemu Satukan Tekad Membangun Sumut

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Malam ini, Selasa 11 April 2017, tokoh nasional dan generasi muda masyarakat Batak  di Jakarta akan mengadakan pertemuan atau silaturahmi  di Gedung Mulia, Jalan K

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb