• Home
  • News
  • Tingkatkan Layanan Pendidikan, Sumut Lahirkan e-Paten
KSP Makmur Mandiri
Senin, 29 Mei 2017 09:39:00

Tingkatkan Layanan Pendidikan, Sumut Lahirkan e-Paten

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di bawah kepemimpinan Tengku Erry Nuradi menerapkan yel-yel "Sumut Paten" untuk seluruh sektor pembangunan dan pelayanan publik. Termasuk pada sektor pendidikan  e-Paten menjadi suatu terobosan bagi Dinas Pendidikan Sumatera Utara untuk menerapkan sistem tersebut.

Kepada Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, kepada wartawan Sabtu (27/05/2017) mengatakan pihaknya menerapkan e-Paten (Pendidikan Atas Terintegrasi Elektronik) sebagai program terobosan di tahun 2017. "Jadi seluruh pelayanan bidang pendidikan di Sumut sudah menggunakan elektronik," ujarnya.

E-Paten meliputi berbagai sektor yakni berita pendidikan secara global hingga menjangkau ke seluruh kabupaten kota. Kemudian kolaborasi antar stakeholder (jalinan kerjasama) untuk bidang pendidikan yang dimulai dari Gubernur, Sekda, Kadis Pendidikan, Sekretaris Disdik, Dewan Pendidikan Provinsi, Pengawas dan Kepala Sekolah serta peserta didik dan orangtua.

E-Paten juga meliputi pelayanan publik bidang pendidikan sehingga terjalin komunikasi antar peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan serta orangtua peserta didik.

Komunikasi belajar juga bisa diakses secara elektronik, selain juga diberlakukan test online, pada pra semester, pra ujian sekolah, pra ujian nasional, seleksi peserta didik serta seleksi pendidik dan tenaga pendidikan.

Disdik Sumut juga menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online mulai dari proses pendaftaran, pelaksanaan seleksi, pengumuman hasil seleksi, lapor diri dan pengumuman bangku kosong.

Menyikapi sejumlah kritik khsususnya dari kalangan legilstor di DPRD Sumut terkait penggunaan yel-yel 'Paten' tersebut Arsyad mengatakan hal itu hanya bagian dari riak-riak dan tantangan untuk pihaknya bekerja lebih baik lagi.

"Kritik itu pasti akan tetap ada, meskipun kelak kondisi perekonomian dan pembangunan Sumut sudah dalam posisi aman. Ini merupakan tantangan bagi kita selaku bagian dari SKPD Pemprov Sumut untuk terus berinovasi," katanya.

Jargon Sumut Paten yang belakangan menjadi viral di daerah ini, diyakini Arsyad sebagai yel-yel positif untuk memacu kinerja dalam upaya membangun Sumut.

Namun demikian dia menilai baik buruknya yel-yel tersebut tergantung perspektif orang dalam menilainya. "Yang terpenting kami terus melakukan berbagai terobosan sebagai bagian dari upaya membangun Sumut," ucapnya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Ekonomi Syariah Hadir untuk Semua Lapisan Masyarakat

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengatakan, ekonomi syariah bukanlah semata untuk umat Islam saja, tapi untuk seluruh lapisan masyarakat."Ekonomi syariah dapat menjadi

  • Tingkatkan Peran Perguruan Tinggi, Perlu Diberi Akreditasi Bebas Narkoba

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : ubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menghadiri pelantikan Pengurus Pengprov Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) dan DPW Aliansi Relawan Perg

  • Kecamatan Medan Selayang Nominasi Kecamatan Terbaik Sumut 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kecamatan Medan Selayang masuk nominasi Perlombaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017. Terpilihnya Kecamatan Medan Selayang masuk dalam nominasi penilai

  • Tengku Erry Dianugerahi Bapak Literasi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Provinsi Sumatera Utara telah memecahkan tiga rekor MURI dalam aksi 10 ribu lebih masyarakat yang menulis pantun terbanyak, pembuatan alat peraga big book terbanyak dan swa foto t

  • Ir. Nurdin Tampublon, MM : Kemitraan Nommensen dan BRI Harus Berkelanjutan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Universitas HKBP Nommensen yang telah lama berdiri dan pernah punya Fakultas Hebat seperti Fakultas Ekonomi bermitra baik dengan BRI, dan semoga kemitraan baik ini tentu sangat m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb