• Home
  • News
  • Tingkatkan Kemampuan, Brimob Sumut Gelar Latihan SAR
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 06 Maret 2021 15:42:00

Tingkatkan Kemampuan, Brimob Sumut Gelar Latihan SAR

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Tingkatkan Kemampuan, Brimob Sumut Gelar Latihan SAR
Medan (Pelita Batak):
Tingkatkan kemampuan individu, personil Sat Brimob Polda Sumut gelar latihan SAR di Taman Cadika Kecamatan Medan Johor, Sabtu(6/3/21).

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/Penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan dilapangan.

Dibutuhkan respon atau penanganan sesegera mungkin tanpa melupakan faktor keselamatan diri sendiri. Kemampuan serta keterampilan pertolongan air menjadi hal yang cukup penting untuk di pahami dan dipelajari, khususnya bagi personel Brimob Polda Sumut.

Komandan Satuan Brimob Polda Sumut Kombes Pol Suheru,S.I.K.,M.H. menjelaskan bahwa latihan SAR di perairan ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Brimob Polda Sumut.

“Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di pada saat terjadi bencana banjir dan pencarian korban di perairan,” kata Kombes Suheru.


Kombes Suheru juga mengatakan jika latihan SAR ini sangat membutuhkan kesiapan fisik yang prima dan dilandasi dengan profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan sehingga pelaksanaan latihan dapat dicapai dengan optimal.

“Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” tutupnya.

Sebelum pelaksanaan pelatihan SAR, selaku instruktur dan penyaji materi, Iptu Budi Setiawan dan Ipda Yudhi Sandy memberikan materi kepada personil tentang cara mengangkat korban di dalam air , menurunkan perahu sampai dengan teknik mendayung di perairan.(*)
  BeritaTerkait
  • Brimob Polda Sumut Gelar Latihan Menembak Bersama Para Danyon TNI

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam meningkatkan Sinergitas dan juga kemampuan perorangan, Satuan Brimob Polda Sumut gelar latihan menembak bersama Danyon TNI, Kamis (26/11).Dalam latihan menembak tersebut, ad

  • Tingkatkan Kemampuan, Team Jibom Detasemen Gegana Sumut Laksanakan Pelatihan

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Guna meningkatkan kemampuan, personil Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan latihan dengan menggunakan Robot dan X-Ray, Rabu(20/01/2021).Setiap Subden di Detasemen

  • Tingkatkan Kemampuan Baris Berbaris, Kompi 1 Yon A Brimob Sumut Latihan dan Senam PBB Bersenjata

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Guna meningkatkan kemampuan dan kekompakan, personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Latihkan PBB dan Senam Bersenjata, Senin (25/01/2021).Bertempat di Lapangan

  • Pupuk Kekompakan dan Disiplin, Batalyon B Pelopor Gelar Latihan PBB

    2 bulan lalu

    Tebing Tinggi (Pelita Batak):Guna memupuk kekompakan dan kedisiplinan personil, Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut lakukan latihan PBB, Senin(22/02/2021).Adapun pelatihan baris berbaris dilakuk

  • Program Prioritas 100 Hari Kapolri, Batalyon B Brimob Sumut Gelar Latihan SAR Gabungan

    5 hari lalu

    Pematangsiantar (Pelita Batak):Batalyon B pelopor Sat Brimob Polda Sumut bersama Batalyon Infantri 122 Tombak Sakti , Kodim 0207 Simalungun , Polres Simalungun , BPBD Pematangsiantar dan Basarnas meng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb