• Home
  • News
  • Tidak Pakai Masker Di Padangsidimpuan, Siap Siap Kena Sanksi
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 10 September 2020 16:03:00

Tidak Pakai Masker Di Padangsidimpuan, Siap Siap Kena Sanksi

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga|Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan menerapkan peraturan walikota No 28 tahun 2020 tentang protokol kesehatan yang disertai sanksi dan denda hingga Rp. 100 ribu bagi warga kota yang tidak mematuhinya dalam memutus mata rantai penyebaran covid - 19.

"Perwal ini mulai di tetapkan pada tanggal 01 September 2020 yang merupakan upaya memutus mata rantai penyebaran covid- 19 di kota Padangsidimpuan," ujar Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Kamis 10 September 2020.

Dalam perwal itu, diatur sanksi jika tidak mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan dalam pencegahan penyebaran coronavirus disease 2019 (covid - 19) seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4 M).

Sanksi bagi perorangan berupa kerja sosial membersihkan fasilitas umum selama 45 menit hingga denda adminnistratif sebesar 100 ribu rupiah, sedangkan bagi pelaku usaha seperti cafe, hotel, tempat wisata warung makan  berupa penghentian sementara operasional usaha sampai dipenuhi protokol kesehatan, denda administratif sebesar 300 ribu rupiah atau pencabutan izin usaha.

Walikota padangsidimpuan menyatakan dalam perwal Padangsidimpuan Nomor 28 Tahun 2020 tersebut juga dijelaskan bahwa sanksi sosial bagi perorangan adalah membersihkan fasilitas umum selama 45 menit. “Kalau kemudian mengulang lagi pelanggaran, bisa dikenakan sanksi administratif berupa denda sebesar 100 ribu rupiah," ujar Walikota.

Pada kesempatan itu, Walikota juga menghimbau kepada satuan kerja perangkat daerah, camat, lurah, kepala desa agar gencar melakukan sosialisasi bagi seluruh lapisan masyarakat supaya penerapan protokol kesehatan secara ketat benar - benar bejalan.

Perwal ini bukan untuk menjerat masyarakat, tapi bagaimana protokol kesehatan dapat berjalan ketat guna memutus mata rantai penyebaran covid - 19 di kota Padangsidimpuan.

"Mari kita berdoa dan berikhtiar semoga pandemi ini cepat berakhir. Kita ingin anak - anak bisa bersekolah kembali, kegiatan sosial berjalan dan perekonomian bisa kembali pulih," ungkap Irsan.(STR)
  BeritaTerkait
  • Tidak Ada Larangan Pesta Di Sidimpuan Sepanjang Penuhi Prokes Covid 19

    2 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Dharma Siregar dan Parlin Harahap membantah informasi yang berkembang di masyarakat Kota Padangsidimpuan dalam tiga pekan terakhir terkait isu pelarangan mengadakan pes

  • Walikota Padangsidimpuan Pastikan Tenaga Medis Dan RSUD Siap Tangani Suspect Covid 19

    6 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Walau saat ini Kota Padangsidimpuan masih negatif suspect corona, namun Wali Kota Padangsidimpuan perlu memastikan kesiapan tenaga medis dan Rumah Sakit Umum Daerah (RS

  • Sempurnakan Perwal Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Pandemi Covid-19, Pemko Medan Minta Masukan Unsur Forkopimda

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menggelar Rapat Pembahasan Finalisasi Perancangan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebias

  • Kredibilitas KPU RI untuk Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumut Jangan sampai Diragukan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Beberapa hari sudah berlalu, Pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Kabupaten Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di 26 Kab/Kota di Sumatera Utara Periode 2018-2023. Melihat kondisi

  • ATDS Lubuk Pakam Bagi Masker untuk Warga

    5 bulan lalu

    Deliserdang (Pelita Batak):Akademi Teknik Deli Serdang (ATDS) melaksanakan Tugas Pengabdian Masyarakat ditengah Pandemi Covid 19 di seputar Lubuk Pakam dengan membagi Alat Pelindung Diri (APD) berupa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb