• Home
  • News
  • Tetes Air Mata Bahagia Warga Kelurahan Belawan Sicanang
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 Juli 2017 11:05:00

TMMD KOdim 0201/BS

Tetes Air Mata Bahagia Warga Kelurahan Belawan Sicanang

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Pembina AMCI, Yusniarti Piliang yang akrab siapa Yose Piliang saat berbincang dengan Arsanah
Medan (Pelita Batak) :
Hidup dengan serba keterbatasan, menghuni tempat tinggal yang serba terbatas dialami warga di ujung Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang. Bertahun-tehun mereka harus berjalan kaki kiloan meter untuk bisa belanja kebutuhan sehari-hari. Tidak jarang mereka harus dikepung air pasang, membuat warga pesimis.

Satu diantaranya, Arsanah (43). Janda tanpa anak ini selalu dihantui rasa pesimis. Hanya bisa berharap adanya mukjizat dari Tuhan.

"Tiba-tiba datang bapak-bapak tentara, ramai datang ke rumah ini, bilang bahwa jalan ini mau dibangun dan akan tembus ke Marelan. Mereka minta izin, bahkan bapak-bapak itu juga janji akan membantu betulin rumah saya ini. Rasanya, mukjizat  datang ke pangkuan saya," tutur Arsanah wanita yang keseharian sebagai pemburu lokan dengan penghasilan hanya Rp 120 ribu perbulan ini dengan air mata berlinang.

Sudah 8 tahun Arsanah tinggal sendiri di rumah berukuran 3 kali 6 berdinding papan dan beratap seng. Semua atap sengnya sudah rusak, dapurnya hancur dan untuk menutup dinding bagian atas yang sering diterpa air hujan, Arsanah menutupnya dengan spanduk-spanduk dan kertas koran.

Air mata yang mengucur di kulit pipinya yang kasar terhampar terik matahari itu, ia terus bercerita kisah hidupnya. "Kalau hujan lebat, angin kencang, pindahlah saya ke sini karena masuk air dimana-mana. Sampai pagi tu payah saya tidur, takut rumahnya ambruk diterjang angin, saya saya bezikir sepanjang malam," ujar Arsanah sambil menunjukkan sudut rumah tempat dia bisa berteduh saat hujan deras.

Arsanah adalah satu dari ribuan warga yang merasa sangat beruntung dengan kehadiran program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0201/BS di kawasan Secanang Belawan.

Ibu parobaya ini mengkisahkan tentang keluhannya kepada Pembina AMCI, Yusniarti Piliang yang akrab siapa Yose Piliang, yang juga berniat akan maju sebagai kandidat calon pada Pilgubsu 2018 mendatang. 

Program TMMD tahun 2017 kali ini menyasar berbagai kegiatan, diantaranya Pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter x 5 meter di kampung Sentosa Timur lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan; Perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan  Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.

Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan; Perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehaban SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang.

Sudah berpuluh tahun, warga kawasan Sentosa Timur menjadi tumpahan saat air pasang. Dalam kondisi normal, air pasangan menggenangi kawasan itu dengan ketinggian antara 30 centi hingga 50 centimeter.

Dalam keadaan pasang besar, ketinggian air mencapai 1 meter. Jarak tempuh menuju ke kampung lainnya terbilang lumayan jauh. Tak heran, jika Arsanah dan beberapa warga miskin lainnya yang tak punya kenderaan, harus berjalan kaki walau hanya sekedar berbelanja kebutuhan pokok. Dengan pembangunan jalan, diharapkan kawasan ini tidak lagi terisolir dan mempercepat penguatan ekonomi. (rel)

  BeritaTerkait
  • Ini Tanggapan Warga Tentang TMMD Kodim 0201/BS

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Komando Distrik Militer (Kodim) 0201 BS / BS Medan mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan masyarakat. Kali ini, apresiasi t

  • 35 Anak Ikuti Sunat Massal Program TTMD

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Isak tangis dan teriakan menggemuruh di RS Colombia Asia. Usut punya usut, suara berdenging itu berasal dari kegiatan sunatan massal yang diprakarsai Kodim 0201/BS dalam rangka p

  • Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan  terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan. Kamis (16/11) malam,  organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertugas menangan

  • 1.300 Sertifikat Tanah dan Potongan Pajak BPHTB 75 Persen untuk Warga Medan Belawan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menyerahkan sertifikat tanah kepada 1.300 warga kecamatan Medan Belawan, Rabu (24/1) di Balai Prajurit OB. Syaaf. Pembagian sertifi

  • Pembagian Paket Zakat Kepada 2.000 Warga Kurang Mampu

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Penasehat Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumatera Utara Indonesia Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan bantuan zakat kepada warga kur

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb