• Home
  • News
  • Terkait Warga Labuhanbatu Positif Covid-19, Ini Penjelasan Ketua Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 12 April 2020 16:30:00

Terkait Warga Labuhanbatu Positif Covid-19, Ini Penjelasan Ketua Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Ketua Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19, Labuhanbatu memastikan bahwa seorang warganya yang positif terpapar virus itu, tidak terjangkit dari kabupaten asalnya.

Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi selaku Ketua Gugus Tugas saat temu pers di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Minggu (12/4/2020).

Dijelaskannya, seorang perempuan berusia sekitar 61 tahun saat ini tengah dirawat disalahsatu rumah sakit swasta di Medan akibat positif terpapar Covid-19.

Namun dipastikannya, warga Desa Pondokbatu, Kecamatan Bilah Hulu tersebut saat mengantarkan suaminya berobat ke Medan pada pertengahan Maret lalu, kondisinya masih sehat.

"Memang benar positif Covid-19, tapi beliau tidak kena di Aeknabara. Sejak tanggal 15 Maret sudah tidak dirumahnya karena mendampingi suaminya yang sakit," terang Andi Suhaimi.

Ketua Gugus Tugas itupun meyakinkan bahwa warganya yang terpapar Covid-19 tidak pernah dilakukan isolasi dikediamannya.

Pasca mendapat kabar dari rumah sakit di Medan yang menangani warganya itu, kediaman wanita penderita virus Corona itupun telah dilakukan penyemprotan sesuai standart kesehatan.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rajid Yuliawan dihubungi menjelaskan, sedangkan dua warga lainnya yang dianggap pernah berdampingan dengan pasien Covid-19 itu, telah dikarantina mandiri.

"Iya, ada adiknya dan karyawan seorang. Keduanya masih terus dipantau dalam karantina mandiri dan sampai kini kondisinya sehat dan tidak ada keluhan apapun," sebut Rajid.

Sementara, kondisi pasien Covid-19 yang dirawat di Medan statusnya masih positif, sedangkan suaminya berstatus negatif. 

Diceritakan Plt Kadis Kominfo itu, tanggal 3 Maret 2020, penderita bersama suaminya ke Tebing Tinggi melayat keluarga yang kemalangan dan berkumpul dengan keluarga lain dari Jakarta. 

Pada tanggal 4-15 Maret pulang kerumahnya. Lalu tanggal 15 Maret membawa suaminya cek up ke Medan karena riwayat hipertensi. Tanggal 3 April suaminya dinyatakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dengan gejala demam dikarenakan kontak dengan PDP lainnya.

Tanggal 5 April, penderita dan suaminya melakukan di cek spesimen usap (swab) nasofaring. Tanggal 11 April hasil cek spesimen usap penderita dinyatakan positif Covid-19, tetapi hasil suaminya negatif.

"Jadi, hingga saat ini penderita dan suaminya masih dirawat di rumah sakit swasta di Medan. Artinya, dalam hal ini penderita sudah tidak di Labuhanbatu sejak 15 Maret 2020 lalu," papar Rajid Yuliawan. (J|TAp)
  BeritaTerkait
  • Antara Rapid Test dan Isu Penetapan Positif Covid, Ini Penjelasan Jubir Gugus Tugas Labuhanbatu

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Labuhanbatu, hingga kini telah mengirim tiga warganya ke sejumlah rumah sakit rujukan virus Corona di Medan.Berjalan be

  • Melahirkan di RSUD Rantauprapat, Warga Labusel Positif Rapid Test

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Seorang perempuan warga Aek Batu Utara, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dinyatakan positif hasil Rapid Test Covid-19.Wanita hamil

  • Qlue Berpartisipasi Aktif Menekan Penyebaran Covid-19 Melalui IndonesiaBergerak.com

    3 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Qlue bersama beberapa startup Indonesia lainnya di bawah MDI Ventures, meluncurkan Indonesia Bergerak (https://indonesiabergerak.com/), sebuah insiatif anak bangsa yang bertujua

  • Penyemprotan Disinfektan Dipusatkan Di Permukiman Warga di 3 Kelurahan Medan Labuhan

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan Pemko Medan, salah satunya melakukan penyemprotan disinfektan di jalan maupun rumah-rumah

  • Pemko Medan Siap Dukung Pelaksanaan Pilkada 2020

    4 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan siap mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan pada 9 Desember 2020 mendatang. Dukungan ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb