• Home
  • News
  • Terkait Asset Pemkab Tapsel Di Padangsidimpuan, Walikota Minta Petunjuk Dirjen Otda
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 07 Desember 2019 07:30:00

Terkait Asset Pemkab Tapsel Di Padangsidimpuan, Walikota Minta Petunjuk Dirjen Otda

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | pelitabatak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Adanya kebutuhan akan sarana dan prasarana dalam mendukung menyelenggarakan pemerintahan agar berjalan dengan efektif, Pemerintah Pusat terus mendorong percepatan serah terima aset dari Pemerintah Daerah Induk kepada  Pemerintah Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Meskipun penyerahan asset tersebut merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh peraturan perundang undangan bagi suatu daerah induk untuk menyerahkan aset yang ada di wilayah pemekaran kepada daerah pemekaran, namun pada kenyataannya Pemerintah Kabupaten Tapanuli selatan belum menyerahkan seluruh aset tanah dan bangunan kantor yang ada di Kota Padangsidimpuan kepada Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Sebagaimana hal terjadi antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli selatan (sebagai daerah induk) dengan Pemerintah Kota Padangsidimpuan (DOB) yang berdasarkan Pasal 14 Undang Undang Nomor 4 tahun 2001  harusnya menerima penyerahan asset dari Kabupaten Induk kepada, selambat-lambatnya 1 (satu) tahun terhitung sejak diresmikannya kabupaten/kota hasil pemekaran.

Tetapi hingga saat ini daerah induk (Kab Tapsel) belum sepenuhnya menyerahkan seluruh aset tanah dan bangunan kantor kepada daerah pemekaran dan kondisi tersebut dapat menjadi hambatan dalam kelancaran pelaksanaan roda pemerintahan maupun pembangunan Kota Padangsidimpuan.

Penyerahan aset Pemkab Tapanuli Selatan ke Pemko Padangsidimpuan telah dilakukan dua kali yaitu pada bulan Oktober 2006 dan tahun 2017 yang  lalu. Namun, serah terima tersebut bukan merupakan akhir dari proses penyerahan aset secara keseluruhan, karena masih terdapat beberapa aset milik Pemkab Tapanuli Selatan yang berada di wilayah Kota Padangsidimpuan yang belum diserahkan yang walau pada kenyataannya tidak lagi digunakan.

Merujuk pada Surat Walikota Padangsidimpuan kepada Dirjen Otonomi Daerah Nomor 028/6158/2019  tanggal 29 Oktober  2019 perihal Permasalahan Aset, terdapat beberapa aset gedung yang belum diserah terimakan Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan kepada Pemerintah Kota Padangsidimpuan yaitu  kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), eks Badan Narkotika, eks Dinas Perikanan, eks Perindag, eks Dinas Pendidikan, eks Perpustakaan Daerah, eks Bawaslu, eks Bazda.

Eks kantor Kantor Dewan Kesenian, eks Dinas Pekerjaan Umum, eks Badan Keuangan Daerah, PMI Tapanuli Selatan, eks Dinas Keluarga Berencana, eks Badan Kepegawaian, eks Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Rumah Dinas Wakil Bupati, eks kantor Koni, eks PDAM Tirtanadi, eks Kantor PKK, Rumah Dinas Bupati, eks Kantor Bupati, eks Dinas Perumahaan Dan Permukiman, eks Dinas Kehutanan, eks Dinas Pertanian, kantor DPRD, eks lingkungan hidup dan eks kantor tenaga kerja.

Berkenaan dengan itu Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH di damping Kepala Bagian Tata Pemerintahan Roy Susanto Siagian S.STP dan Kasubbid Optimalisasi Aset Soritua Pardamean SE melakukan audiensi dengan Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Bapak Drs.Akmal Malik Piliang, M.Si di ruang kerjanya. Jl. Medan Merdeka Tim. No.8, RT.2/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jumat 6 Desember 2019.

Dalam audensi tersebut,  Walikota berharap Kementrian Dalam Negeri melalui Dirjen OTDA agar segera turun ke daerah untuk melihat kenyataan yang sesungguhnya. Beliau berharap dari 15 daerah yang akan menjadi target penyelesaian asset TA 2020 Kota Padangsidimpuan bisa menjadi prioritas utama yang diselesaikan. (STR)
  BeritaTerkait
  • Para Petinggi Tapsel Dituding Halangi Wartawan Wawancarai Ketua KPK

    3 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Kehadiran Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Agus Rahardjo di Kota Padangsimpuan menimbulkan kekecewaan bagi sejumlah wartawan.Pasalnya, beberapa petinggi dae

  • Ditjen PBN Sumut Minta Penggunaan Anggaran Efektif Dan Efesien

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Penggunaan anggaran oleh Pemerintah Daerah diharapkan pelaksnaannya dilakukan secara efektif dan efesien.  "Tugas dan fungsi Ditjen Perbendaharaan di Provinsi adalah

  • Hibah Lahan Perkantoran Pemkab Tapsel untuk Instansi Vertikal Disoal

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Bagi-bagi lahan perkantoran pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan di Dano Situmba Kilang Papan Kecamatan Sipirok kepada instansi vertikal dipersoalkan.  Pasalnya, areal p

  • Terima Audensi GCI, Walikota Padangsidimpuan Minta Kompetisi Sepakbola Ditunda

    3 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :RencanaGaruda Cakra Indonesia (GCI) Kota Padangsidimpuan yang akan menggelar Kompetisi Sepakbola se Tapanuli Bagian Selatan dalam waktu dekat yang akan di pusatkan di K

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb