• Home
  • News
  • Terima Audensi PWI Tabagsel, Dandim 0212/TS Harapkan Rakyat Cerdas Sikapi Berita Hoax Dan Media Abal Abal
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 09 Juli 2020 21:20:00

Terima Audensi PWI Tabagsel, Dandim 0212/TS Harapkan Rakyat Cerdas Sikapi Berita Hoax Dan Media Abal Abal

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga| Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Komandan Kodim 0212/Tapanuli Selatan Letkol. Inf. Akbar Novrizal Yusananto sepakat untuk ikut mencerdaskan masyarakat dalam memilih dan memilah berita akurat dan terpercaya yang disajikan media.

Hal itu diungkapkannya saat menerima audensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) periode 2020-2023 di ruang kerjanya, Kamis 9 Juli 2020.

Disebutkannya, pada era digitalisasi atau Revolusi 4.0 ini, semua informasi beredar dengan cepat meskipun itu hoax. Karena itu, wartawan yang tergabung di PWI diharapnya bisa menjadi penyeimbang atas pemberitaan yang belum jelas keakuratannya namun beredar luas di tengah masyarakat.

Kemudian menyinggung tentang banyaknya media online saat ini. Sehingga masyarakat dihadapkan pada masalah kesulitan untuk memilih dan memilah mana media yang benar dan mana yang abal-abal. 

"Saya pernah menjadi 'korban' pemberitaan salah satu media online. Dalam pemberitaannya, saya dituding melakukan sesuatu kesalahan yang padahal sama sekali tidak pernah saya lakukan," jelas Letkol Akbar.

Namun setelah ditelusuri, pemberitaan itu tidak memenuhi kaidah Kode Etik Jurnalistik. Media tersebut juga tidak memenuhi ketentuan yang diatur pada pedoman media siber dan UU No.40 tentang Pers.

"Saya menganggap media itu abal-abal. Namun meski demikian, persoalan ini kami anggap selesai karena wartawannya meminta maaf dan mengakui kesalahannya yang tidak memuat berita secara akurat dan berimbang," katanya.

Selain itu Dandim 0212/TS meminta agar media tidak lebih mengedepankan unsur ekonomi, cepat tayang, bombastis dan viralisasi, daripada keakuratan data berita.

"Kasihan masyarakat kita yang belum faham tapi langsung membagikan berita yang tidak akurat. Atas ketidaktahuannya itu, mereka bisa dijerat hukum karena melanggar Undang Undang Informasi Transaksì Elektronik," katanya.

Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap pada kesempatan itu menjelaskan apa PWI dan syarat yang harus dipenuhi wartawan agar bisa menjadi anggota. Juga langkah-langkah yang dilakukan dalam mengidentifikasi berita hoax dan media abal-abal.

Kepada Dandim 0212/TS diucapkan terimakasih karena ikut berperan mencerdaskan masyarakat, diawali dari jajarannya, untuk memilih memilah berita akurat dan media yang bertanggungjawab.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Tabagsel juga menyerahkan copy SK pengurus periode 2020-2023, UU No.40 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia dan nota kesepahaman Dewan Pers dengan Polri tentang koordinasi perlindungan kemerdekaan pers dan penegakan hukum terkait penyalahgunaan profesi wartawan.

Hadir Sekretaris PWI Tabagsel Ikhwan Nasution, Bendahara Ahmad Cerem Meha. Penasehat Basyrah Batubara dan Mhd. Yusuf Siregar, Wakil Ketua Mohot Lubis dan Kodir Pohan, Wakil Sekretaris Laidin Pohan dan Wakil Bendahara Balyan Kadir Nasution. Dandim 0212/TS didampingi Pasiter Kapten Inf. Adenan Pane.(STR)
  BeritaTerkait
  • MENGHADIRKAN NEGARAWAN PEMIMPIN OTENTIK

    2 tahun lalu

    HARI Rabu, 17 April 2019 sejarah mencatat Negara Republik Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) ke 11 kali sejak tahun 1955. Pemilu telah dilakukan di republik ini menjadi catatan sejar

  • Kodim 0212/TS Kerahkan Personil Tangani Korban Gempa, Sediakan Tenda

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) :  Akibat gempa susulan yang terus  mengguncang Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli  Selasm berlanjut, membuat warga merasa trauma berada dalam rumah. Seh

  • Akhyar Nasution Minta Media di Medan Tidak Tendensius dalam Pemberitaan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSI menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya perlombaan Lari Maraton 5 dan 10 K yang akan digelar Harian Top Metro di Lapanga

  • Harapkan Good News, Gubernur, Kapolda dan Wali Kota Jamu Wartawan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi bersama Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, mewakili Pangdam I/BB dan mewakili Kajatisu ser

  • Kemenangan JTP di Siatas Barita, Sinyal Kemenangan JTP di Taput

    3 tahun lalu

    Tarutung(Pelita Batak): Pelantikan Team Pemenangan se-Kecamatan Siatas Barita, Senin 27 Februari 2018 yang dilaksanakan persis di depan Gereja HKBP Simorangkir berlangsung dgn meriah dan sukses.Dari 1

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb