• Home
  • News
  • Tengku Erry Minta Pemudik dan Sopir Selalu Waspada
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 22 Juni 2017 12:09:00

Tengku Erry Minta Pemudik dan Sopir Selalu Waspada

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan sopir angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk tetap waspada dengan mematuhi rambu-rambu dan peraturan berlalulintas.

"Arus mudik Idul Fitri sangat padat. Sopir diminta tidak ugal-ugalan dijalanan, utamakan keselamatan penumpang. Intinya para sopir maupun masyarakat pulang kampung untuk mudik lebaran selalu waspada," pesan Gubsu Erry usai meninjau Bandara Kualanamu dan Terminal Terpadu Amplas, Rabu (21/06/2017).

Gubsu Erry Antara lain didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Kadis Perhubungan Anthony Siahaan dan dinas/instansi terkait lainnya.

Di Bandara Kualanamu, Tengku Erry berbincang dan berfoto bersama sejumlah pemudik. Di Terminal Amplas, Gubsu Erry menyaksikan tes urine untuk sopir yang dilakukan petugas serta mengecek loket-loket. Gubernur berkesempatan berdialog sebelum melepas penumpang bus yang akan berangkat dari Terminal Amplas.

Gubernur memohon maaf, bila kondisi terminal masih belum sesuai apa yang diharapkan karena saat ini pengelolaanya masih pada masa transisi.

Dijelasannya, Terminal Amplas sesuai aturan yang baru akan ditarik menjadi wewenang pemerintah pusat yaitu kementerian perhubungan. Namun saat ini masih posisi transisi, dimana selama pengelolaan di bawah Pemko Medan. "Kita menunggu saja aturannya lebih lanjut. Jika nanti diserahkan ke Kementerian Perhubungan, tentu diharapkan segera dibenahi atau dirapikan, tapi kalau kelasnya diturunkan menjadi Tipe B di bawah pengelolaan Provinsi maka kita akan perbaiki, atau bahkan diturunkan menjadi tipe C oleh Kabupaten/kota, maka kita harapkan yang bertanggungjawab segera melakukan pembenahan," terang Gubsu Erry.

Secara umum, situasi arus mudik tahun ini menurut Erry mengalami kenaikan sekitar 2% saja. Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada h-3 lebaran.

Dalam kesempatan itu Gubsu dan Kapolda juga mengunjungi pos pemeriksaan untu deteksi dini risiko kecelakaan pada pengemudi bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pada posko kerjasama Kementerian Kesehatan, BNN, Jasaraharja dan Dinas Perhubungan Medan ini dilakukan pemeriksaan narkoba, tes lkohol, tekanan darah dan gula daerah. Berdasarkan keterangan petugas BNN di lokasi, untuk terminal Amplas tidak ditemukan pengemudi yang positif, namun di terminal Pinang Baris terdapat 4 pengemudi yang positif menkonsumsi narkoba.

"Seluruh pengemudi angkutan di wajib diperiksa dan apabila ada supir yang tidak layak mengemudi , maka akan dilarang," kata Gubsu Erry.

Setelah mengunjungi Amplas, Gubsu beserta rombongan dan  didampingi GM Angkasa Pura 2 Arief Darmawan memantau Bandara Internasional Kualanamu.

Berdasarkan pantauan, pada H-4 sudah mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang baik yang datang maupun yang berangkat di Kualanamu. "Daridata penumpang, hari ini sudah mulai ada kenaikan baik yang datang maupun yang pergi. Jika dibandingkan dengan hari yang sama pada tahun sebelumnya ada kenaikan penumpang sekitar 5,6%," ujar Gubsu.

Dari pantauan di terminal keberangkatan , Bandara Kualanmu sudah terlihat padat. Diperkirakan kepadatang akan bertambah pada hari berikutnya. Gubsu menghinbau kepada para pemudik yang akan berangkat melalui Kualanamu, hendaknya mewaspadai situasi yang padat dengan datang lebih cepat. "Silahkan datang lebih cepat untuk menghindai keterlambatan, untuk proses checkin, karena antrian yang lebih banyak sehingga membutuhkan waktu lebih lama," kata Gubsu.

GM AP2 Arief menjelaskan sampai dengan H-4 ada lonjakan penumpang sekitar 5,6 %, dari tahun lalu, dimana jumlah penumpang  per hari sekitar 30 ribu. tapi hari ini mencapai lebih dari 32 ribu penumpang. "Sebenarnya prediki kami jumlah penumpang antara 31-32 ribu, tapi nampaknya sebaran sudah mulai meningkat pada H-4 lebaran ini. Total kami perkirakan ada kenaikan sampai 9%," katanya.

Dia menjelaskan adanya penambahan ekstra flight 40 penerbangan dari total 100-150 penerbangan  bolak balik per hari, termasuk penerbangan internasional.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Gubsu Harapkan CPO Fund Untuk Infrastruktur Jalan dan Pelabuhan

    4 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengharapkan dana pungutan sawit (CPO Fund) dapat dikembalikan kepada industri sawit yang lebih efektif melalui pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pelabuhan

  • Pengurus PKK Gunung Sitoli dan Nias Barat Berlomba Kejar Gubernur

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ada yang beda di acara Rapat Konsultasi Daerah (Rakonda) PKK Provinsi Dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang digelar di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (14/03/2017).

  • 267 Tahun, Langkat Tetap Lestarikan Adat Budaya

    4 tahun lalu

    Stabat (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H T Erry Nuradi mengapresiasi Bupati Langkat karena terus melestarikan adat budaya Melayu ciri khas Kabupaten Langkat. "Apresiasi

  • Cium Kening Kinara, Gubernur Minta Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga Dihukum Seberat-beratnya

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membesuk Kinara, bocah perempuan berusia 4 tahun di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut Jalan KH Wahid Hasyim Medan, Seni

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb