• Home
  • News
  • Tambang Emas Martabe Raih Penghargaan Pertambangan Best Exploration Commitment dalam IAGI Exploration Awards 2020
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 01 Oktober 2020 14:26:00

Tambang Emas Martabe Raih Penghargaan Pertambangan Best Exploration Commitment dalam IAGI Exploration Awards 2020

BAGIKAN:
Ist| pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan meraih tiga penghargaan dalam ajang Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Mineral dan Batubara Kementerian ESDM (KESDM), Selasa 29 September 2020.

Selain meraih penghargaan dari Ditjen Minerba, PTAR juga meraih penghargaan Best Exploration Commitment untuk kategori perusahaan tambang mineral pada Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Exploration Awards 2020 yang digelar di hari yang sama melalui tatap muka dan virtual, di Jakarta.

Pada event yang diselenggarakan Ditjen Minerba KESDM, PT Agincourt Resources berhasil memboyong satu Penghargaan Utama (perak) untuk kategori Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Mineral (untuk Pemegang Izin Kontrak Karya), serta dua penghargaan Pratama (Perunggu) untuk kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral & Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan secara virtual.

Direktur Operasional PT Agincourt Resources, Darryn McClelland dalam keterangan pers yang diterima wartawan via email, Rabu (30/9) menyatakan terima kasih kepada Ditjen Minerba KESDM atas apresiasi yang diberikan dengan menilai upaya penerapan kaidah pertambangan yang baik khususnya dalam aspek lingkungan, keselamatan kerja dan standardisasi jasa usaha pertambangan di Tambang Emas Martabe. 

Menurut Darryn khusus untuk aspek lingkungan, perencanaan pengelolaan lingkungan di Tambang Emas Martabe telah diinisiasi bahkan sebelum proyek dimulai, yakni dengan penerapan program pemantauan lingkungan komprehensif dan berbagai studi dampak lingkungan. Beberapa lingkup pengelolaan lingkungan di operasional Tambang Emas Martabe di antaranya pengelolaan air, pengelolaan limbah, rehabilitasi lahan dan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati. 

“Perusahaan mempertahankan capaian manajemen kepatuhan lingkungan yang efektif di tahun 2019. Perusahaan mematuhi peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup dan tidak ada insiden ketidakpatuhan lingkungan sepanjang tahun 2019,” kata Darryn.

Begitupun dalam hal aspek keselamatan kerja, Tambang Emas Martabe senantiasa berupaya meningkatkan kinerja kesehatan dan keselamatan sesuai praktik terbaik dalam industri pertambangan. 

“Kami berkomitmen penuh memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja dalam kegiatan operasional sehari-hari dan terus mewujudkan nihil kecelakaan dan insiden di tempat kerja,” kata Darryn. 

Sedangkan terkait penghargaan kategori Pengelolaan Standardisasi Jasa dan Usaha Pertambangan, PTAR memiliki kebijakan untuk mendukung pemasok lokal, khususnya terkait pembelian barang dan jasa dengan tetap memperhatikan biaya dan pemenuhan kualitas. Pada akhir tahun 2019, PTAR mencatat memiliki 776 pemasok aktif, di antaranya 100 atau 13% merupakan pemasok lokal (meningkat dari tahun 2018 yang hanya 9%).

Pemberian Penghargaan Penilaian Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara Yang Baik untuk pertama kali baru diadakan pada tahun 2020 ini. Namun sejarah pemberian penghargaan telah dimulai sejak lama. Penghargaan Prestasi Pengelolaan Keselamatan Pertambangan mineral dan batubara telah diadakan sejak tahun 1992, Penghargaan Prestasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara telah diadakan sejak tahun 2004, Penghargaan Prestasi Pengelolaan Usaha Jasa Pertambangan telah diadakan sejak tahun 2018, sedangkan Penghargaan Prestasi Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara dan Penghargaan Prestasi Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara baru dimulai tahun ini.

Sementara itu dalam penganugerahan IAGI Exploration Awards 2020 yang pertama kali digelar, PT Agincourt Resources dianugerahi penghargaan Best Exploration Commitment untuk sektor komoditi mineral. Kategori ini dilihat dari rencana eksplorasi versus realisasi kegiatan eksplorasi yang dibuktikan dari data Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB), periode kegiatan eksplorasi yang sifatnya continue serta adanya peningkatan tahapan eksplorasi. Dalam ajang ini, PTAR juga masuk dalam nominasi untuk kategori Best People Development dan Best Discovery.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menyatakan satu kehormatan bagi PTAR untuk bisa menerima penghargaan ini.

"Terima kasih kepada tim juri dan IAGI yang sudah mempercayakan penghargaan ini kepada kami. Ini adalah satu kebanggaan dan menjadi pemicu serta penyemangat kami ke depannya untuk terus memegang komitmen dan bertanggung jawab meningkatkan kinerja eksplorasi kami ke depannya,” kata Katarina. “Mewakili jajaran manajemen PT Agincourt Resources Tambang Emas Martabe, sekaligus mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-60 IAGI, semoga semakin maju dan sukses dalam kiprahnya, dan apresiasi setinggi-tingginya untuk penghargaan itu.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Tambang Emas Martabe Raih Lima Penghargaan CSR Indonesia Awards 2018

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe berhasil meraih total lima penghargaan pada ajang CSR Indonesia Awards 2018 di Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung, Jawa

  • Tambang Emas Martabe Raih Peringkat Emas Di Asia SR Rating 2018

    2 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe menerima peringkat Emas dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2018 atas Laporan Keberlanjutan (Sustainabi

  • Tambang Emas Martabe Raih Dua Penghargaan CSR Indonesia Awards 2019

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) :PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe meraih dua penghargaan dalam ajang CSR Indonesia Award 2019 yang digelar di Bali, 30-31 Juli 2019. Kedua penghargaan

  • Berbagi Pengetahuan, Tambang Emas Martabe Gelar E-Coaching Jam 2020 Secara Virtual

    satu bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menyelenggarakan E-Coaching Jam (ECJ) 2020, bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah

  • Terapkan Pemberdayaan Naposo Nauli Bulung, Tambang Emas Martabe Raih ISDA 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tujuh program pemberdayaan masyarakat yang diusung oleh PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesian Sustainable Develo

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb