• Home
  • News
  • Sutrisno Pangaribuan Gelar Reses di Tapsel Serap Aspirasi Rakyat
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 31 Oktober 2018 06:10:00

Sutrisno Pangaribuan Gelar Reses di Tapsel Serap Aspirasi Rakyat

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
Sutrisno Pangaribuan foto bersama warga

Tapsel (Pelita Batak) : Memasuki Reses Masa Sidang I Tahun V,, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan melaksanakan Reses di sejumlah daerah di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pada Senin 29 Oktober 2018, Sutrisno Pangaribuan mengelar reses dan menyerap aspirasi masyarakat  Desa Hutagodang dan Desa Batuhoring, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Legislator Daerah Pemilihan Sumatera Utara 7: Kota Padangsidimpuan, Kabupaten: Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas menerima aspirasi warga terkait harga karet masih murah, sekitar Rp 9.000, dan kesulitan karena musim penghujan sehingga masyarakat membutuhkan usaha lain untuk menutupi kebutuhan sehari- sehari yang selama ini fokus pada tanaman karet.

Selanjutnya, warga mengharapkan peningkatan jalan dari simpang pasar Hutagodang menuju semua dusun di desa Batuhoring. Biaya produki hasil pertanian sangat tinggi, karena sebagian besar jalan belum dapat bisa memakai kendaraan roda dua. Hasil- hasil pertanian masih harus dipikul sepanjang 5 KM.

Di sisi lain masyarakat menyampaikan kondisi Fondasi jembatan gantung ( rambin ) di atas sungai Garoga yang menghubungkan pemukiman ( Tapanuli Selatan ) dengan sawah, ladang, kebun ( Tapanuli Tengah ) tergerus oleh banjir dan dikhawatirkan jika hujan terus, jembatan akan ambruk. Warga meminta kepada Pemerintah agar mempersiapakan langah- langkah antisipasi.

Kemudian jembatan gantung ( rambin ) dibutuhkan untuk penyeberangan anak- anak sekolah di desa Batu Horing sebab setiap hari anak- anak harus membuka sepatu ketika melewati sungai. Jika sungai meluap, maka anak- anak terpaksa bermalam di rumah- rumah dekat sekolah hingga air sungai surut.

Warga juga mengeluhkan Puskesmas Pembantu ( Pustu ) ada di desa Batu Horing, namun sangat jarang ditempati oleh petugas, bahkan jarang sekali dibuka. Masyarakat kesulitan mendapat pelayanan kesehatan.

Terkait Pendidikan agama di SD Garoga, khusus yang beragama Kristen tidak ada sejak guru ASN pensiun sekitar 6 bulan. Pemerintah diminta segera menugaskan guru agama Kristen ke SD Garoga.

Disebutkan juga, sebagian dusun di desa Batu Horing belum dialiri listrik, baik oleh PLN maupun PLTA micro hydro. Pemerintah diminta segera memfasilitasi penambahan jaringan listrik sekitar 5 KM dari jalur yang sudah ada.

Sosialisasi terkait persyaratan mendapatkan KIS, KIP, dan Kartu Keluarga Sejahtera juga dinilai belum dilakukan secara optimal, sehingga banyak masyarakat belum mendapatkannya.

Demikian juga program sertifikasi tanah, baik tempat tinggal maupun lahan pertanian belum tersosialisasi dengan baik. 

Selain itu, Desa Hutagodang, Batu Horing, Aek Ngadol, Garoga, sendiri merupakan desa desa  yang sangat dekat dengan area penambangan PT. Agincourt Resources ( PT. AR ), akan tetapi belum dijadikan sebagai desa- desa lingkar tambang. Masyarakat berharap PT. AR mengakomodasi sebagai daerah lingkar tambang.

Menyahuti aspirasi warga tersebut, Sutrisno mengatakan seluruh bahan masukan akan disampaikan dalam sidang paripurna hasil reses DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Seluruh hasil paripurna akan di input sebagai pokok- pokok pikiran DPRD yang akan disesuikan dengan program kerja satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ).

" Aspirasi masyarakat yang merupakan kewewenangan Pemerintah Kabupaten akan disampaikan secara langsung ke Bupati. Terkait kebutuhan listrik, maka kita akan segera bertemu dengan PLN Wilayah Sumatera Utara untuk kegiatan pemasangan jaringan listrik lanjutan.Terkait izin galian c, kita akan segera disampaikan kepada dinas ESDM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Sutrisno Pangaribuan: Pemkab Tapsel Lakukan Pembohongan Publik

    4 tahun lalu

    "Pertemuan Reses kali ini dengan masyarakat, semakin menegaskan bahwa Pemkab Tapsel, telah melakukan pembohongan publik. Dan merela telah melakukan upaya-upaya paksa terhadap masyarakat, agar bersedia demi kelancaran pembongkaran kuburan,"

  • PDI Perjuangan Tapsel Gelar Rakorda Pemenangan Pilpres Dan Pileg 2019

    2 tahun lalu

    Sipirok (Pelita Batak): Struktural, kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia di Kabupaten Tapanuli Selatan diharapkan berbaur dengan masyarakat mengetahui kondisi, keluhan, harapan dan  k

  • Bongkar Makam, Pemkab Tapanuli Selatan Langgar HAM

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumut Sutrisno Pangaribuan,ST menilai pembongkaran makam oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menyertakan tinda

  • Jeritan Warga Sekitar PLTA Simarboru Saat Reses DPRD Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Simarboru yang terletak di Kecamatan Sipirok, Marancar dan Batangtoru Tapanuli Selatan kembali melakukan pengambilan paksa tanah m

  • Frustrasi Politik: Gerakan Ganti Presiden 2019!

    2 tahun lalu

    Pelitabatak.com - Sebagai orang yang pernah aktif di gerakan mahasiswa, saya selalu berpandangan positif terhadap setiap gerakan rakyat, termasuk di dalamnya gerakan protes, dan aksi massa. Tentu deng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb