• Home
  • News
  • Suksesnya Rapimnas dan Munas II FBBI Virtual, Tak Lepas dari Peran Danny Siagian Sebagai Ketua Steering Commitee
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 09 Februari 2021 05:15:00

Suksesnya Rapimnas dan Munas II FBBI Virtual, Tak Lepas dari Peran Danny Siagian Sebagai Ketua Steering Commitee

BAGIKAN:
Djalan Sihombing | Pelita Batak
Ketua Steering Commitee Munas II FBBI Virtual, Danny PH Siagian, SE., MM (kedua kiri) dan Ketua Umum DPP FBBI Terpilih, Dr. Ronsen Pasaribu, SH, MH (kanan), saat Munas II
Jakarta (Pelita Batak):
Suksesnya penyelenggaraan acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) II Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) secara virtual, tak lepas dari peran Danny PH Siagian, SE., MM sebagai Ketua Steering Commitee.

Danny PH Siagian, SE., MM yang juga sebagai Sekretaris Panitia itu dinilai mampu mengendalikan acara, pada hari Sabtu, 6 Febuari 2021, dari pukul 08.00-17.00 WIB (acara Rapimnas pagi hingga siang dan acara Munas II dari siang hingga sore), hingga terpilihnya Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang baru, Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM.

Bahkan sebelumnya, banyak anggota yang khawatir dan meragukan kelancaran acara Rapimnas dan Munas tersebut, karena baru pertama kalinya dilakukan secara virtual. Apalagi ada beberapa penyesuaian seperti pembagian room virtual, yang waktunya paralel, dimana para peserta melakukan pembahasan dalam Komisi-komisi (ART, Program Kerja dan Keuangan).

Belum lagi, mempersiapkan Tata-tertib Munas, sebagaimana layaknya yang berjalan dalam situasi offline selama ini, yang membutuhkan persetujuan pasal-pasal dalam Tata-tertib, serta mengatur mekanisme Pemilihan Calon Ketua Umum. Termasuk menyiapkan skenario cara pemilihan calon Ketua Umum secara virtual, jika calon Ketua Umum lebih dari satu orang.

Namun kepiawaian Danny PH Siagian, yang juga sebagai Ketua Dewan Pakar DPP FBBI itu, harus diakui para anggota DPP dan jajaran DPD serta DPD lainnya. Karena, kendati ada faktor gangguan signal selama acara, termasuk bergesernya waktu hingga membuat mata acara bergeser, namun konsistensi dan ‘endurance’ Danny Siagian tetap terjaga, hingga seluruh mata acara terpenuhi dan berjalan lancar.

Setidaknya, hal tersebut menjadi pantauan awak media pelitabatak.com, dari pusat kendali acara, Kantor Jaya Pos, Utan Kayu, Jakarta Timur. Sebelumnya, acara Rapimnas dan Munas II akan dipusatkan di Graha Rhema, Jakarta Timur, namun karena pada saat uji coba (Pra Rapimnas-Munas) signal kurang mendukung, sehingga akhirnya dipindahkan ke Kantor Jaya Pos (yang juga sebagai sekretariat DPD FBBI DKI Jakarta).

Selain itu, tentu peran seluruh anggota Panitia Rapimnas dan Munas II FBBI Virtual yang hanya beranggotakan 15 orang itu, juga sangat mempengaruhi kelancaran acara. Dibawah komando Ketua Panitia, Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, mereka terlihat kompak dan sudah secara otomatis saling antisipasi dan ingatkan apa-apa saja yang perlu. 

Ada 101 peserta yang mendaftar, dan sebanyak 58 partisipan yang termonitor mengikuti acara. Namun sebagian ternyata ada yang hanya menggunakan satu nama dari laptop, tetapi para peserta itu ada yang terdiri dari 4 (empat) orang di sekretariatnya, seperti di DPC Siantar, yang bergabung dengan pengurus FBBI dari Medan. Demikian juga di beberapa DPD dan DPC lainnya yang bergabung 2-3 orang dalam satu tampilan nama di virtual.

Saat ditanya, bagaimana persiapan yang dilakukan sebelumnya, Danny PH Siagian yang juga Anggota Dewan Pembina periode 2017-2020 itu mengatakan, semua itu berkat penyertaan Tuhan dan kekompakan panitia.

“Ya, Puji Tuhan. Acara dapat berlangsung lancar, kendati ada gangguan signal dan molornya waktu. Tapi semua dapat teratasi. Tentu, itu karena penyertaan Tuhan dan kekompakan seluruh panitia. Kita memang kontiniu melakukan rapat-rapat zoom hampir tiap minggu sejak Nopember 2020 hingga jelang Rapimnas dan Munas II. Kita mempersiapkan acara, dan banyak mencari pola dari kebiasaan offline ke virtual model. Jadi, saat gelar acara berlangsung, kita mampu menjalankan dengan lancar, walau pertama kali kita lakukan secara virtual. Didukung juga saling support satu dengan lainnya,” ucap Danny lega.

Diketahui, pada acara Rapimnas dan Munas II terbagi 2 (dua) bagian besar acara yaitu acara Rapimnas yang juga terbagi 2 (dua) sesi acara, dan acara Munas yang terbagi dari 4 (empat) sesi acara. Di bagian acara Rapimnas, terdiri dari sesi acara Seminar Pembekalan, dengan tema: “Upaya Membantu Pemberdayaan SDM dan SDA Bonapasogit, Dalam  Mendukung Perbaikan Ekonomi Rakyat, Pasca Pandemi Covid 19", menampilkan Keynote Speech, dan 4 (empat) narasumber. 

Keynote Speech adalah Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM (Ketua Umum DPP FBBI periode 2017-2020), dan 4 (empat) narasumber adalah: Drs. Maruap Siahaan, MBA (Pengusaha/ Ketua Umum Yayasan Pencinta Danau Toba/ YPDT); Sahat Silaban, SE (Pengusaha/Mantan anggota DPR R.I dapil Sumatera Utara); Ir. S.M Tampubolon (Ketua Umum Forum Peduli Bona Pasogit/ Ketua Umum Batak Center) dan Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME (Ketua Dewan Pembina DPP FBBI/ mantan Rektor Universitas Mpu Tantular/Alumni Lemhannas). Setelah itu, masuk pada sesi acara Rapat Pleno Komisi-komisi (A, B dan C), dan Rapat Penetapan Kriteria Calon Ketua Umum dan Perumusan Mekanisme dan Tata-tertib Munas II.

Sedangkan di bagian Acara Munas II terdiri dari 4 (empat) sesi acara yaitu: Membuka Rapat Paripurna Munas II FBBI sekaligus penetapan Majelis Persidangan dan Tata-tertib; Menetapkan Hasil-hasil Pembahasan Komisi-komisi dari Rapimnas yaitu Komisi A: mengenai Anggaran Rumah Tangga (Ketua: Kol. (Purn) Drs. Parlindungan F. Tobing, SE., MM), Komisi B: Organisasi dan Program Kerja (Ketua: Herjon); dan Komisi C: Usaha dan Keuangan (Ketua: Pulo Siregar); Laporan Pertanggungjawaban DPP FBBI periode 2017-2020; dan Pemilihan Ketua Umum DPP FBBI 2021-2024. 

Adapun Ketua Umum terpilih periode 2021-2024, Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM adalah Ketua Umum DPP FBBI periode 2017-2020, yang terpilih secara aklamasi juga pada Munas I di Cipanas, Puncak, Jawa Barat, 25-26 Februari 2017 lalu, bersama Sekjen, Djalan Sihombing, SH. Adanya bencana Covid 19, membuat tertundanya Rapimnas dan Munas, yang seyogiyanya dilangsungkan pada 30 Maret 2020 lalu. (DJS/DANS)
  BeritaTerkait
  • Ronsen Pasaribu dan Djalan Sihombing Pimpin Kembali Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) 2017-2020

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM. terpilih menjadi Ketua umum Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) 2017-2020, pada Rapimnas FBBI sekaligus Munas I FBBI di Cipanas, Cianjur Jawa Ba

  • 2 Juli 2016, Ulang Tahun Kedua Forum Bangso Batak Indonesia Dipusatkan di Jakarta

    5 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) akan merayakan ulang tahun keduanya di Lantai II Aula Gedung PGI Jl. Kramat Raya No.19 Salemba Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Juli 2016, pukul 1

  • Mengenali Perang Strategi Antar Restoran Batak

    4 tahun lalu

    Menggunakan label "suku" seperti BPK, Makan Khas Batak, Makanan Muslim, Restauran Padang dan lainnya dalam ilmu Ekonomi Pemasaran disebut kebijakan segmentasi pasar atau konsumen. Tentu t

  • Gubernur Sumut: Intelektual Katolik Pasti Miliki Pemikiran Cerdas Dalam Pembangunan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menyampaikan harapannya agar kaum intelektual ikut memberi dukungan untuk suksesnya pelaksanaan pembangunan di Sumut.

  • Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Gelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) menggelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama di Lapo Codian, Jakarta, Sabtu 8 April 2017.   Para pendukung aca

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb