• Home
  • News
  • Sosialisasikan Perbatasan Negara, Yonif 741 Gelar Kemah Bersama
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 03 Agustus 2019 09:23:00

Sosialisasikan Perbatasan Negara, Yonif 741 Gelar Kemah Bersama

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Untuk mensosialisasikan tentang perbatasan negara kepada para pemuda dan tokoh masyarakat, Satgas Pamtas Yonif 741/GN menggelar Perkemahan Bersama di Desa Inbate.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonmek 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol., dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/8/2019).

Dikatakan Hendra, lebih dari 250 orang yang mengikuti perkemahan yang digelar Satgas Pamtas Yonif 741 di Desa Inbate pada Selasa 30 Juli 2019 kemarin.

Mereka terdiri dari  pemuda dan pemudi yang berasal dari daerah Timur Tengah Utara (TTU) dan Timur Tengah Selatan (TTS), termasuk Kepala Desa Inbate beserta tokoh masyarakat setempat. 

"Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada pemuda tentang perbatasan terutama tentang aturan yang harus dipatuhi di perbatasan," imbuhnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan, lanjutnya, berupa Lintas Alam, pengenalan Pos Lintas Batas dan lain sebagainya.

"Kita ajak mereka untuk lebih mengenal batas-batas wilayah negara Indonesia dengan Timor Leste, yang dikemas secara menarik sehingga tidak membosankan," terang Hendra.

Dibawah pimpinan Sertu  Sucan, anggota Satgas Yonif 741 di Pos Inbate, para pemuda dan pemudi tersebut diajak berkeliling sambil di beritahu supaya lebih mengenal lebih jauh tentang perbatasan.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, kata Hendra, harapannya masyarakat di perbatasan betul-betul paham tentang larangan di perbatasan sehingga dapat mengurangi pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat.

"Harapan saya, dengan adanya ini akan mengurangi pelanggaran di perbatasan, sekaligus untuk lebih mendekatkan dengan warga, sehingga jika ada yang perlu bantuan agar tidak ragu untuk melapor ke Satgas," tandasnya.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari semua peserta yang ikut, terutama dari Nuhun Pinat (49) yang bertindak sebagai ketua penyelenggara.

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada anggota Pos Inbate karena sudah memberikan bekal ilmu pengetahuan tentang Pos Lintas Batas dan Daerah Perbatasan," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, para pemuda dan pemudi akan lebih tahu tentang kehidupan dan situasi perbatasan antara RI dan RDTL. (Dispenad)
  BeritaTerkait
  • Kemenpar Gelar Tiga Konser Cross Border di Perbatasan Atambua

    3 tahun lalu

    Atambua (Pelita Batak):Terinspirasi sukses Slank, Cokelat dan Jamrud di konser cross border di perbatasan Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) Kementerian Pariwisata tak mau berhenti menarik wisatawan m

  • Peringati Hari Pramuka, Yonif 411 Kostrad Bentuk Mental dan Karakter Pemuda di Perbatasan

    11 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Ikut serta dalam membentuk mental dan karakter pemuda di wilayah perbatasan, Satgas Yonif MR 411/PDW memberikan materi Bela Negara dalam peringatan HUT Ke-58 Pramuka.Demikian di

  • PB AMCI Gelar Rakernas I Tahun 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2017 yang pertama PB (Pengurus Besar) Aliansi Media Cyber Indonesia yang diselenggarakan di Kafe RF Coffe Jalan Sei Batang Hari Medan yang dihad

  • Hebat.....Putra Batak Rikoh Manogar Siringoringo Jadi Pembuka Jalan Selam Ilmiah

    4 tahun lalu

    SETELAH puluhan tahun berlangsung di Indonesia, kegiatan penyelaman ilmiah mulai mendapat jalan untuk proses standardisasi. Pembukanya adalah Rikoh Manogar Siringoringo, orang Indonesia pertama yan

  • Satpol PP Kedepankan Langkah Preventif dan Peka Terhadap Perkembangan Sosial Masyarakat

    3 tahun lalu

    Binjai (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta dan menekankan kepada seluruh jajaran personil di Sumut untuk mengedepankan langkah preventif dan peka terhadap perkem

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb