• Home
  • News
  • Sidimpuan Berlakukan PPKM Mikro, Batasi Kegiatan Masyarakat Hingga Lingkungan Dan Dusun
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 03 Juni 2021 20:30:00

Sidimpuan Berlakukan PPKM Mikro, Batasi Kegiatan Masyarakat Hingga Lingkungan Dan Dusun

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Sidimpuan Berlakukan PPKM Mikro, Batasi Kegiatan Masyarakat Hingga Lingkungan Dan Dusun

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK.MH  meminta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro semakin diefektifkan pelaksanaannya hingga sampai ke tingkat lingkungan.

"Padangsidimpuan Utara yang tingkat terkonfirmasinya  tertinggi kedua setelah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Perkembangan Covid-19 di kota kita ini masih terus  meningkat." Ujar AKBP Juliani Prihartini pada rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) bersama Lurah se Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Rabu 2 Juni 2021.

Pemberlakukan PPKM berskala mikro bermaksud untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Sekaligus tindaklanjut pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.11 tahun 2011 tentang PPKM berskala Mikro di Kota Padangsidimpuan yang perkembangan warganya tertular Covid-19 semakin mengkhawatirkan.

PPKM berskala Mikro adalah tindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam mengendalikan penularan Covid-19. Salah satunya pembatasan kegiatan masyarakat dengan  membatasi jam operasional bagi pelaku usaha yang menyediakan tempat makan dan minum di tempat.

Secara konsep, PPKM Mikro ini bagian dari upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 yang langsung menyasar warga di tingkat ingkungan dan dusun. Posko Covid-19 ditempatkan di setiap kelurahan dan desa, operasionalnya dilakukan secara maksimal dan efektif.

Posko ini memiliki  struktur yang melibatkan aparat kelurahan, desa, masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Bhabins. Keberadaannya berfungsi untuk pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung operasional penanganan Covid-19.     

Namun demikian, Kapolres Padangsidimpuan meminta segenap elemen masyarakat tidak panik menghadapi kondisi tersebut. Perlu ada upaya massif  ke pemangku kepentingan di tingkat kota, kecamatan, kelurahan dan desa serta seluruh masyarakat, agar semuanya saling bersinergi menghadapi situasi yang terjadi sàat ini.

"Ingat, Corona bukan aib dan jangan kucilkan warga yang terpapar. Tetapi mari berikan support atau dukungan meskipun dari jauh atau berjarak, sehingga mereka cepat pulih dan sembuh," kata AKBP Juli.

Dijelaskannya, virus Corona itu nyata adanya dan sudah banyak merenggut nyawa. Dengan kesadaran diri berperilaku hidup sehat, gunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan, kurangi berkerumun dan mobilitas, akan sangat membantu bagi upaya memutus mata rantai penularan Covid- 19.

Untuk diketahui, perkembangan Covid-19 di Kota Padangsidimpuan tanggal 2 Juni 2021, kasus Probable dan Suspek nihil. Jumlah warga meninggal dunia 28 orang dan yang masih Positif atau Terkonfirmasi 24 orang.

Sementara sejak Covid-19 menjadi Pandemi di seluruh dunia, jumlah warga Kota Padangsidimpuan yang pernah Positif atau Terkonfirmasi namun sudah sembuh sebanyak 423 orang. (STR)

  BeritaTerkait
  • Satgas Covid 19 Sidimpuan Terapkan PPKM Hingga Pukul 21.00 Wib

    satu bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Dalam rangka mencegah dan mengendalikan serta memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), Satuan Tugas Covid 19 Kota Padangsidimpuan terapkan P

  • Satgas Covid 19 Sidimpuan Perpanjang PPKM Mikro Hingga 12 Juli 2021

    4 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 Kota Padangsidimpuan memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro terhitung s

  • Satgas Covid 19 Sidimpuan Kembali Perpanjang PPKM Hingga 26 Juli

    4 hari lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kota Padangsidimpuan melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mik

  • Satgas Covid 19 Sidimpuan Perketat Penerapan PPKM

    satu bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Memperhatikan adanya trend peningkatan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kota Padangsidimpuan, Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kota Padangsidimpuan perketat Pem

  • Stop Kekerasan Dalam Penanggulangan Covid-19

    kemarin

    BERDASARKAN Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb