• Home
  • News
  • Siap Siaga Lewat Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Tahun 2020
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 16 Januari 2020 10:12:00

Siap Siaga Lewat Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Tahun 2020

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Dalam rangka menanggulangi bencana di wilayah Sumut termasuk Kota Medan, Polda Sumut menggelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Rabu (15/1). Apel kesiapan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat penanggulangan bencana di Polrestabes Medan beberapa waktu lalu.

Apel yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin ini diikuti sejumlah personil dari unsur TNI, Polri, Badan Sar Nasional (Basarnas), BNPB dan BPBD, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Tujuannya untuk meningkatkan sinergitas, koordinasi dan mempersiapkan personil serta alat kelengkapan tugas dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring turut hadir bersama Kasatpol PP M Sofyan. Selain itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah, Wagub Sumut Musa Rajeckshah, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan lainnya juga hadir dalam apel penanggulangan bencana yang dikenal dengan istilah Operasi Kontijensi Aman Nusa II dalam kepolisian tersebut.

Sebelumnya, Kapolda, Pangdam dan Wagub Sumut lebih dahulu mengecek satu persatu personil beserta sejumlah alat-alat pendukung tugas masing-masing satuan. Selanjutnya, Kapolda dalam arahannya mengaku bahwa dari hasil pengecekan menunjukkan bahwa personil yang ada telah mumpuni dan siap bertugas jika kemungkinan terjadi bencana.

"Dari hasil pengamatan Badan Metrologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) wilayah Sumut akan memasuki musim penghujan mulai akhir Januari hingga Februari mendatang. Untuk itu, perlu bagi kita untuk mempersipakan segala kebutuhan mulai dari personil hingga alat kelengkapan jika nantinya terjadi bencana. Dengan begitu akan siap dan tanggap untuk menanggulanginya," kata Kapolda.

Selain itu, Kapolda berharap agar koordinasi dari semua unsur terkait dapat ditingkatkan sehingga penanggulangan bencana dapat dilakukan secara maksimal sebagi bukti bakti pada masyarakat. "Kesiapan, kesigapan dan terutama kesehatan harus terjaga. Sebab, dengan kondisi prima kita akan siap untuk bertugas," tambahnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala BPBD Arjuna Sembiring usai acara menyampaikan apresiasi digelarnya Apel Kesiapan Penanggulangan tersebut.  Dikatakannya, hal ini menunjukkan kesiapan sekaligus bentuk tanggungjawab unsur Forkopimda dalam memberi bantuan dan pertolongan bagi masyarakat jika terjadi bencana khususnya di Kota Medan.

"Kita sadar bahwa tugas ini menjadi tanggungjawab bersama dan butuh koordinasi ekstra. Apalagi konteksnya dalam penangulangan bencana. Ini bentuk kesiapan kita. Namun, kita juga berharap agar Sumut termasuk Kota Medan tetap dalam kondisi dan keadaan yang baik-baik saja," bilang Arjuna bersama Kasatpol PP M Sofyan. (KU|TAp)
  BeritaTerkait
  • Akhyar Ajak Unsur Forkopimda Siap Siaga Menanggulangi Terjadinya Bencana

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Guna menanggulangi bencana diwilayah Kota Medan, Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menggelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana di halama

  • Bertemu Korban Kebanjiran, Ini Pesan Wali Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita batak):Usai melakukan peninjauan sejumlah lokasi genangan air dan banjir di Kota Medan hingga lewat tengah malam, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali mendatangi pemukiman

  • Langkah dan Antisipatif yang Dilakukan Pemko Medan Atasi Covid-19

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Jauh hari sebelum Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menerpa Kota Medan, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama sejumlah organisasi perangkat dae

  • Pemko Medan Gelar Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM berharap dan menekankan kepada seluruh anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Ko

  • Di Padangsidimpuan, Jembatan Ambruk, Sawah, Kolam dan Permukiman Warga Terendam Banjir

    7 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Padangsidimpuan Kamis 30 Januari 2020 mengakibatkan banjir dan genangan di sejumlah wilayah. Seperti di kawasan Pulo Bauk atau s

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb