• Home
  • News
  • Setelah Live di FB, PDP Pelaku Perjalanan di Padangsidimpuan Dirujuk Ke RSUP Adam Malik
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 04 April 2020 09:55:00

Setelah Live di FB, PDP Pelaku Perjalanan di Padangsidimpuan Dirujuk Ke RSUP Adam Malik

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak):
Setelah sebelumnya Pelaku Perjalanan nomor urut 459 ditetapkan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 dan berada di ruang isolasi RSUD Padangsidimpuan Kamis (2/4) akhirnya dirujuk ke RSUP Adam Malik Medan, Jumat 3 April 2020 malam.

Perujukan Pasien Dalam Pengawasan ini juga berkenaan dengan permintaan dirinya yang di curahkan melalui live di sosial media Facebook dan permintaan keluarga pasien.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution di dampingi Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Kapolres AKBP Juliani Prihartini, Danyon 123/RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, SIP dan tim Gugus Tugas PP Covid 19 Kota Padangsidimpuan,
membenarkan PDP tersebut akan diberangkat ke RSUP Adam Malik Medan malam itu dengan ambulance dan tim dari RSUD Padangsidimpuan.

"Ini merupakan keputusan gugus tugas PP Covid 19 dan tim dokter RSUD Padangsidimpuan dengan adanya permintaan pasien sendiri dan keluarganya," ujar Irsan.

Sementara itu, dr Nina dari Tim Medis Covid 19 RSUD Kota Padangsidimpuan  menerangkan bahwa PDP berjenis kelamin perempuan  itu telah berulang kali datang ke IGD setelah melakukan  perjalananan keluar daerah dengan keluhan demam tinggi.

Karena pasien ditetapkan sebagai ODP maka dilakukan rontgen yang hasilnya pneumonia (Infeksi paru) dan diputuskan isolasi mandiri di rumah dan akan dievaluasi ulang foto rontgennya 3 hari kemudian.

Pada 30 Maret datang lagi  dengan keluhan demam dan batuk selanjutnya dan dilakukan rontgen kedua yang hasilnya menemukan perburukan pneumonia dari hasil rontgen sebelumnya sehingga disarankan untuk dirujuk ke Medan karena statusnya sudah naik menjadi PDP, namun pasien dan keluarga belum bersedia sehingga dilanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian pada 31 Maret pasien masih berhubungan dengan tim media dan mengeluhkan sesak dan sudah dianjurkan lagi dirujuk ke Medan, namun pasien dan keluarga tetap menolak.

Tanggal 2 April pasien mengeluh semakin sesak dan selanjutnya diputus agar pasien jemput untuk dirawat inapkan di ruang isolasi RSUD Padangsidimpuan.

Sampai dengan pagi tadi pasien masih mengeluhkan sesak dan mencret dan dihasil rontgen ulangnya  lebih banyak perburukan pneumonia di kedua paru. "Jadi jika ada yang mengatakan bahwa pihak rumah sakit tidak perhatian terhadap pasien, itu tidak benar," ujarnya.

Kesulitan yang mereka alami juga atas sikap keluarga pasien yang menerobos masuk ke ruangan isolasi tadi malam, yang harusnya ODP yaitu isolasi mandiri.

Hal senada disampaikan dr Roni mengatakan bahwa mengalami beberapa kali kesulitan dalam menangani kasus pasien ini untuk mencegah penularan.

"Yang meresahkan juga adanya keluarga pasien yang mau tidak mau sudah kotak dengan pasien yang harusnya itu ODP tetapi ternyata masih berkeliaran. Itu akan menimbulkan masalah besar bagi kita," ujarnya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada kesempatan itu juga menyampaikan terdapat 45 kontak yang berhubungan dengan pasien yang diharapkan melakukan isolasi mandiri di rumah agar tidak membahayakan yang lain.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Update Penanganan Covid-19 Padangsidimpuan, 871 Pelaku Perjalanan Selesai Di Observasi

    7 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Padangsidimpuan kembali merilis jumlah warga yang sudah dan sedang dipantau hingga Jumat 10

  • PDP Meninggal Asal Padangsidimpuan Dimakamkan di Medan

    7 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Seorang Perempuan PDP virus corona atau Covid 19 berinisial E warga Padangsidimpuan dinyatakan meninggal dunia ketika sedang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ad

  • Pemko Padangsidimpuan Fasilitasi Balita Gizi Buruk Dirujuk Ke RS Haji Medan

    12 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merujuk balita penderita gizi buruk, Hanif Saputra (2) ke Rumah Sakit Haji Medan dengan menggunakan ambulance RSUD didampingi orangtuanya

  • Pemko Padangsidimpuan Sambangi Balita Suspek Gizi Buruk

    12 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pemko Padangsidimpuan melalui Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Pj. Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe dan Kabag Humas Setda Nurcahyo mendatangi dan membawa berobat balit

  • Dirujuk ke RSUP Adam Malik, PDP Asal Padangsidimpuan Meninggal Dalam Perjalanan

    7 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Deasese (Covid-19) asal Kota Padangsidimpuan, mengembuskan nafas terakhir saat dalam perjalanan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RS

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb