• Home
  • News
  • Setelah Irsan - Arwin, Perolehan Dana Program Kotaku Padangsidimpuan Naik Signifikan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 Februari 2020 21:07:00

Setelah Irsan - Arwin, Perolehan Dana Program Kotaku Padangsidimpuan Naik Signifikan

BAGIKAN:
Togi Ritonga | Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)  tahun 2019 atau dimasa pemerintahan Walikota Irsan Efendi dan Wakil Walikota Arwin Siregar menjadi perolehan alokasi anggaran tertinggi dalam mengatasi lingkungan kumuh di Kota Padangsidimpuan yang dimulai sejak tahun 2017.

"Sejak beralih dari PNPM menjadi program Kotaku, pada tahun 2017 Kota Padangsidimpuan hanya memperoleh dana Kotaku untuk 2 kelurahan dan 5 Kelurahan program pencegahan kumuh.
sedangkan pada tahun 2018 hanya 1 Kelurahan sementara tahun 2019 mencapai 3 kelurahan (prioritas pemerintah pusat) dan 15 Kelurahan (sesuai SK Kumuh)," ujar Asisten Kota Mandiri Kotaku Padangsidempuan Zulhan Taufik, SE kepada wartawan di Padangsidimpuan, Senin 10 Februari 2020 malam.

Dikatakannya, pada tahun 2017 nilai nya sekitar 2 milyar tahun 2018 sebesar 500 juta sedangkan tahun 2019 terdapat dua bagian yaitu yang ditetapkan oleh program pusat  yang merupakan target Jokowi yaitu kelurahan Wek 3 kelurahan Aek tampang dan kelurahan silandit dan 15  Kel/desa sesuai SK Kumuh tersebar di seluruh kecamatan dengan nilai mencapai Rp.19 milyar.

Dari 14 daerah kabupaten / kota yang ditangani sebagai PNPM dulu, namun hanya 12 yang peroleh dana Kotaku termasuk kota Padangsidimpuan karena sudah didampingi dengan SK kumuh dan memenuhi persyaratan luas kawasan kumuh.

Ada tujuh indikator dalam menentukan daerah kumuh yaitu masalah jalan, drainase, sanitasi, air minum, proteksi kebakaran dan persampahan ditambah indikator  ruang terbuka publik.

"Dari 30 desa / kelurahan dalam SK Kumuh, 18 desa / kelurahan sudah menerima manfaat dari program Kotaku atau sisanya tinggal 13,10 hektar dari 73,11 Hektar lingkungan kumuh," ujar Zulhan.

Untuk tahun 2020, Zulhan mengatakan ada 3 tujuan yang akan dicapai yaitu penanganan kumuh skala lingkungan dan skala kawasan serta skala ekonomi.

"Untuk skala lingkungan ditargetkan untuk menyelesaikan  sisa 13 hektar lingkungan kumuh di 12 desa/kelurahan SK Kumuh. Kemudian skala ekonomi berupa sarana mendukung perekonomian usaha masyarakat di dua kelurahan," ucapnya.

Sedangkan untuk skala kawasan, Zulhan mengatakan pihaknya masih terkendala dua dokumen yang sangat diperlukan dari pihak pemerintah kota yaitu dokumen RP2KPKP (Rencana Peningkatan Pencegahan Perumahan Kumuh Perkotaan) dan Perda ataupun Perkada Kumuh.

"Dua dokumen itu merupakan dasar untuk penanganan kumuh skala kawasan yang cakupannya lebih luas dan dana nya tentu lebih besar walau memang pada skala lingkungan tahun sebelumnya kita memperoleh kucuran dana yang lumayan besar," pungkas Zulhan.

Di akhir wawancara, Zulhan berharap agar program Kotaku dapat lebih bersinergi dengan program pembangunan daerah sehingga terjadi kolaborasi yang menunjang pencapaian hasil penangangan lingkungan maupun kawasan kumuh.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Tengku Erry Terima Anugerah Satyalancana Pembangunan Dari Presiden Jokowi

    3 tahun lalu

    Makassar (Pelita Batak) :Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan kepada Gubenur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi pada puncak Hari Koperasi Nasi

  • Irsan-Arwin Makin Mantap Jadi Pilihan Warga Kota Padangsidimpuan

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak ) : Diserang berbagai kampanye hitam, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 3, Irsan Efendi Nasution-Arwin Siregar tetap menunjukkan sikap tegar dan sabar

  • Walikota Padangsidimpuan Minta Pengelolaan DAK Pendidikan Dikelola Sesuai Ketentuan

    8 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan harus digunakan sesuai peruntukannya dengan mengacu ketentuan yang ada.Hal itu diungkapkan Walikota Padangsidimp

  • Pemko Padangsidimpuan Berhasil Kendalikan Laju Inflasi

    4 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Mencermati catatan perjalanan pembangunan Kota Padangsidimpuan sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, kondisi perekonomian pembangunan Kota Padangsidimpuan terus bergera

  • Pemko Padangsidimpuan Sambangi Balita Suspek Gizi Buruk

    4 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pemko Padangsidimpuan melalui Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Pj. Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe dan Kabag Humas Setda Nurcahyo mendatangi dan membawa berobat balit

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb