• Home
  • News
  • Setahun Memimpin 14 Program Peduli Keummatan Dilaksanakan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 29 Januari 2020 10:32:00

Setahun Memimpin 14 Program Peduli Keummatan Dilaksanakan

BAGIKAN:
Rahmat Purba | Pelita Batak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Program Peduli ummat sangatlah menyentuh langsung kepada masyarakat yang dirasakan manfaatnya secara langsung oleh seorang pemimpin yang peka terhadap kehidupan warga masyarakat yang dipimpinnya.

Kepekaan sosial itu yang disebut program peduli keummatan memanglah sengaja digagas untuk membantu meringankan beban warga masyarakat dari suatu kesulitan yang dirasakan. Dan kepekaan itu hanya akan dilakukan oleh seorang pemimpin yang juga pernah merasakan kesulitan tersebut atau setidaknya faham dengan kondisi kesulitan warga masyarakat yang dipimpinnya, dan juga hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yang mendengarkan suara hati nuraninya yang tak pernah didustainya. dan juga pemimpin yang tidak mengutamakan harumnya nama baik karena proyek mercu suar, walau sebenarnya proyek itu juga sedang dalam tahap akan dimulainya pekerjaannya.

Haeni Suhaimi Dalimunthe ST MT Bupati Labuhanbatu Rabu (28/1/2020) telah menunjukkan sikap kepemimpinan peduli keummatan tersebut. Bukan isapan jempol dan bukan pula janji janji manis, jabatan Bupati yang baru disandangnya setahun lebih sedikit telah mampu menggerakkan dan melaksanakan 14 program peduli keummatan. yang dirasakan langsung oleh masyarakat yang memang perlu mendapat perhatian danvkepedulian yang menjadi target program tersebut.

14 Program Peduli Keummatan itu jelas bentuk dan kegiatannya serta jelas pula pruntukannya. Adapun 14 Program Peduli ummatan itu yakni:

1. Pemberian Bea Siswa Ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan Timur Tengah.
2. Pemberian Honor Intensif Guru MDTA.
3. Pemberian Bea Siswa Kepada Mahasiswa/i Berprestasi dan Kurang Mampu. 
4. Hadiah Umroh Gratis
5. Pemberian Bantuan Kepada Pondok Pesantren. 
6. Peduli Panti Asuhan. 
7. Pembinaan Imam, Khotib dan Dai. 
8. Intensif Marbot (Penjaga Masjid, Guru Mengaji. Bilal Mayit 
9. Memeriahkan hari Besar Islam 
10. Jumat Keliling. 
11. Peduli Yatim, Fakir Miskin, Dan Peningkatan Ekonomi Keummatan. 
12. Membangun dan Memakmurkan Masjid. 
13. Isbath Nikah. 
14. Gerakan Labuhanbatu Menghafal Alquran.

Pemberian Bea Siswa Ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan Timur Tengah, bagi Mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya, kelak diharapkan selesai pendidikan akan kembali ke Labuhanbatu menjadi ulama ulama muda yang akan berguna membina dan membimbing akhlak ummat. dan diharapkan dengan pencerahan yang disampaikan mereka kelak mampu mengajak ummat yang ada di Labuhanbatu untuk menjadi seorang ummat yang berakhlakul karimah.

Sementara pemberian honor kepada guru MDTA. sebagai upaya Pemkab Labuhanbatu memotivasi dan memberi apresiasi kepada para guru MDTA. agar dapat mendidik anak anak didiknya menjadi siswa yang berprestasi di bidang keagamaan. sehingga kelak akan tumbuh di tengah masyarakat Labuhanbatu generasi muda yang beriman dan bertaqwa sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama.

Sementara itu pemberian Bea Siswa kepada Mahasisa Berprestasi dan kurang mampu. merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian Pemkab labuhanbatu kopada mereka yang berprestasi dan sebagai kepedulian kepada mereka yang kurang mampu namun punya semangat melanjutkan pendulikan dalam kondisi ekonomi yang kurang beruntung.

Terlalu panjang jika diuraikan point perpoint dari 14 program tersebut. pada dasarnya 14 program tersebut merupakan bentuk kepedulian yang membantu seperti intensip untuk guru MDTA. Bea siswa ke kairo mesir dan Al Azhar dan Bea Siswa yang berprestasi dan Bea siswa Kurang Mampu. Deemkian juga perhatian untuk anak yatim, kaum dhuafa dan fakir miskin. Serta peningkatan  ekonomi keummatan. semuanya berioribtasi kepedulian bagi mereka yang kurang beruntung secara ekonomi dan juga sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dari seorang pemimpin kepada masyarakat.

Selain itu pada poin poin berikut jelas terkihat program program mental spritual untuk mengajak dan membantu ummat dalam melaksanakan kewajiban kewajiban keagamaan untuk terciptanya masyarakat dan kabupaten labuhanbatu Baldatun Toyyibatun Wa Ribbur Ghofur. masyarakat berjiwa dan bersikap yang beriman dan bertaqwa (Imtaq ). Sehingga labuhanbatu dan Masyarakatnya senantiasa diberkahi dan di Ridhoi oleh Allah SWT Tuhan yang Maha Esa.(Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Wagubsu Apresiasi Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung mengapresiasi pelaksnaan lomba kebersihan dan keindahan antar desa pinggiran danau Toba yang berlangsung sejak 2016 yang lalu. Gerak

  • Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelantikan PD Muhammadiyah

    6 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, usai mengikuti kegiatan reuni Akbar SMAN 2 melanjutkan agendanya untuk menghadiri acara Pelantikan Pimpinan Daerah (PD)

  • Apel Kesiapan Kerja Bakti Hari Pengelolaan Sampah Nasional Tahun 2019

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kota Medan sebagai sebuah kota metropolitan menghadapi banyak rintangan dalam persoalan sampah saat ini. Sampah merupakan masalah besar yang dihadapi oleh hampir semua kota besar

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb