• Home
  • News
  • Sertipikat HPL BPODT Digugat Warga Ke PTUN Medan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 22 Oktober 2019 16:22:00

Sertipikat HPL BPODT Digugat Warga Ke PTUN Medan

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak):
Dua bidang lahan berstatus hak pengelolaan (HPL) zona Pariwisata Sibisa atas nama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Gugatan ini dilayangkan Mangatas Togi Butarbutar. dkk yang merupakan generasi ke enam keturunan Ompu Ondol Butarbutar di Sigapiton selaku pemilik hak ulayat.

Dalam persidangan pertama yang digelar di PTUN Medan, Kamis 17/10/2019, penggugat menyampaikan gugatan tersebut mereka tujkan kepada pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Toba Samosir yang menerbitkan Sertipikat Hak Pengelolaan nomor 1 tertanggal 20 Desember 2018 berdasarkan surat ukur nomor 23/Toba Samosir / 2018 tanggal 13 November 2018 dengan luas lahan 1.050.836 meter persegi. Kemudian penerbitan sertipikat nomor 2 tanggal 20 Desember 2018 surat ukur nomor 24/Toba Samosir/2018 dengan luas 1.739.092 meter persegi.

"Kedua sertipikat tersebut HPL nya atas nama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT)," sebut Husein Hutagalung didampingi Imanuel Hokkop Tua, SH., MH selaku kuasa hukum para penggugat, Kamis (17/10) lalu.

Husein menjelaskan, gugatan ini mereka ajukan karena pemerintah dinilai telah mengabaikan keberadaan tanah ulayat milik penggugat yang merupakan  tanah yang dimiliki secara turun temurun dari leluhur mereka. "Tanah itu sejak sebelum negara ini merdeka lahan sudah ditempati Ompu Ondol Butarbutar ditandai dengan bukti fisik berupa pemakaman leluhur dan keturunannya yang ada di sana. Lantas tiba-tiba terbit sertpikat bahwa lahan tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga. Inilah yang kita gugat," ujarnya.

Dalam persidangan tersebut pihak penggugat menyerahkan gugatannya secara tertulis kepada majelis hakim. Begitu juga pihak tergugat yakni BPN Kabupaten Toba Samosir juga menyerahkan jawaban mereka secara tertulis.

Dalam persidangan tersebut tampak pihak jajaran Direksi BPODT juga terlihat hadir dan sempat dihadirkan dihadapan majelis selaku pemegang sertipikat. Dalam persidangan yang diketuai Majelis Hakim Jimmy mempertanyakan sikap dari BPODT atas gugatan tersebut. BPODT sendiri menyatakan mereka akan mengajukan permohonan sebagai pihak terkait dalam gugatan tersebut.

"Kita tentu akan mengajukan permohonan sebagai pihak terkait, agar kita juga bisa ikut dalam proses peradilannya. Karena kita punya kepentingan pada objek gugatan tersebut,' ujar Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo usai mengikuti persidangan.

Sidang lanjutan atas gugatan dua sertipikat HPL BPODT ini akan kembali digelar pekan depan dengan agenda pembacaan jawaban yang disampaikan oleh tergugat. (rel|*)
  BeritaTerkait
  • Russel Butarbutar, SH, ST, MH, MM : Penerbitan Sertifikat HPL BPODT Abaikan Prosedur dan Salah Objek

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pasca dilaksanakannya pemeriksaan lapangan terkait sengketa lahan di zona pariwisata Kaldera Danau Toba antara masyarakat dari Keturunan Ompu Ondol Butarbutar Sigapiton selaku pen

  • Saksi Tergugat Akui Permasalahan Lahan belum Clear and Clean, Didalam Dokumen Desa Sigapiton Masuk Objek HP BPODT

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Suasana sidang gugatan atas dua bidang sertipikat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) seluas 279 hektar atas nama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba oleh masyarakat Sigapiton dari Keturun

  • Sidang Gugatan Sertifikat HPL BPODT: Kuasa Hukum Penggugat Mentahkan Jawaban BPN Tobasa Selaku Tergugat

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak): Sidang gugatan yang dilakukan warga atas dua bidang lahan berstatus sertifikat Hak Pengelolaan milik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) kembali digelar di PTUN Medan, Ka

  • PTUN-Medan Tidak Terima Gugatan Warga Sigampiton Terkait Lahan Otorita Danau Toba, Putusan Dinilai Abaikan Banyak Hal

    3 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Pada tanggal 27 Februari 2020 Pengadilan Tata Usaha Negara Medan telah membacakan putusan nomor 244/G/2019/PTUN-MDN antara Keturunan Marga Butarbutar (Ompu Ondol Butarbutar) Desa

  • KPUD Didesak Segera Gelar Pilkada Siantar

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Relawan salah satu Pasangan Calon Pilkada Pematangsiantar Surfenov Sirait - Parlindungan Sinaga (SSPS), Sabar Sirait mendesak KPUD Siantar menghentikan upaya kasasi atas put

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb