• Home
  • News
  • Seminar Sosialisasi E-Court Dilaksanakan Mahkamah Agung Kerjasama dengan DPN PERADI
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 25 Agustus 2018 11:20:00

Seminar Sosialisasi E-Court Dilaksanakan Mahkamah Agung Kerjasama dengan DPN PERADI

BAGIKAN:
Ist
Acara sosialisasi
Jakarta(Pelita Batak): Sosialisasi E-Court dilaksanakan Jumat 24 Agustus 2018 di Grand Slipi Convention Hall Jakarta diikuti lebih dari 500 orang anggota PERADI. 

Acara dibuka Ketua Umum DPN PERADI, Dr. H. Fauzi Yusuf Hasibuan. Sistem E-Court merupakan inovasi dan renovasi, sangat relevan buat kita di gugusan Nusantara yang letak geografis cukup banyak pulau sehingga sulit mengatur waktu. Dengan sistem ini, tentu akan mempermudah pengaturan waktu. Selain itu, bisa memotong banyak birokrasi sehingga peradilan cepat dan murah.

Dalam kata sambutan Ketua Mahkamah Agung RI yang dibacakan Dirjen  Badan Peradilan Umum MA-RI Dr. H. Herri Swantoro, SH., MH., sistem E-Court mengurangi intensitas ketemu dengan aparat peradilan. Dengan demikian, integritas Pengadilan akan lebih tinggi. Sistem ini mengurangi waktu menunggu berjam-jam sebelum bersidang. Sosialisasi ini sebagai pelaksanaan Perma RI Nimor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik dan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA-RI Nomor : 271/DJU/SK/PS01/4/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perma RI Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Otto Hasibuan mengusulkan agar sistem ini bersifat mandatori, jangan ada pilihan. Saya sudah sejak dulu mendambakan sistem ini. PERADI siap mendukung E-Court.

Diskusi Sosialisasi dipandu moderator Viator Harlen Sinaga, SH., MH., berjalan cukup antusias dari semua peserta. Pembicara Dr. Yanto, SH., MH., Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dibantu bagian IT.

Persyaratan untuk dapat menjadi pengguna terdaftar bagi advokat adalah KTP/alamat yang bersangkutan, Kartu Keanggotaan Advokat dan Berita Acara Sumpah. Pendaftaran dilakukan di Pengadilan Tinggi dimana advokat yang bersangkutan disumpah. 

Aplikasi E-Court memuat eFiling, eNotifikasi, ePayment dan eSummons. Perma ini melengkapi hukum acara yang ada, demikian paparan Dr. Yanto.

Acara Sosialisasi ini ditutup Sekjen DPN PERADI, Thomas E. Tampubolon, SH., MH.(*)
  BeritaTerkait
  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    5 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Di Mana Tanah Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

    3 tahun lalu

    Oleh: Ronsen LM PasaribuPepatah Melayu ini sudah kita dengar ketika akan berangkat merantau disampaikan oleh orangtua sebagai sebuah bekal diperjalanan bahkan resep utama dalam kehidupan ditempat yang

  • "Politik Kenegaraan Berbasis Pengabdian"

    2 tahun lalu

    SEBUAH Seminar Nasional berlangsung di Kota Salatiga, Jateng, Selasa, 30 Juli 2019. Seminar bertemakan "Politik Kenegaraan Berbasis Pengabdian", yang berlangsung atas Kerjasama Perguruan Tinggi UKSW (

  • SEGERA DAFTAR !! Ada Lomba Menarik Pada Peringatan Hari Ulos 2016

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panitia Hari Ulos Tahun 2016 mensosialisasikan perayaan hari ulos tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada Senin 17 Oktober 2016 di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan.

  • Penegakan Hukum Berkeadilan Harus Cermat, Hati-hati dan Taat Asas

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap mendukung segala upaya penegakan hukum. Aparatur penegak hukum harus memegang teguh prinsip kecermatan dan kehati-hatian

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb