• Home
  • News
  • Seluruh Pomparan Ompu Tuan Situmorang Diundang Hadir di Samosir 13-15 September 2019
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 27 Agustus 2019 22:33:00

Seluruh Pomparan Ompu Tuan Situmorang Diundang Hadir di Samosir 13-15 September 2019

BAGIKAN:
Adol Frian Rumaijuk
Kiri-kanan : Drs Edward Sihombing, St Drs Jonter Situmorang, STh, Ir JB Siringoringo, Edwin P Situmorang SH MH
Medan (Pelita Batak):
Seluruh pomparan (keturunan) Ompu Tuan Situmorang diundang untuk menghadiri Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 September 2019 di Desa Parsaoran Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Kehadiran seluruh keturunan Ompu Tuan Situmorang akan menambah semangat persaudaraan dalam ikatan kekeluargaan sebagaimana pesan leluluhur.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pesta Revitaliasi Tugu Ompu Tuan Situmorang Edwin P. Situmorang,SH.,MH saat memberikan keterangan pers kepada media bersama Ketua Umum DPP PSSAB Indonesia Ir.JB Siringoringo, Sekretaris Umum St Drs Jonter Situmorang,STh dan wakil bendahara Drs Edward Sihombing di Medan, Selasa (27/8/2019).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai Jumat 13 September akan digelar pengobatan  gratis, 'Mambuat Tua Nigondang', Pagelaran Seni dan Budaya Situmorang Sipitu Ama. Sabtu, 14 September merupakan puncak acara diawali kebaktian, penyerahan revitalisasi tugu dari panitia ke DPP PSSAB, peresmian selesainya revitalisasi tugu, makan bersama, gondang/manortor. Minggu, 15 September diawali kebaktian, 'Mangan Sipitu Dai'.
Momentum ini menjadi hal bersejarah bagi keturunan Oppu Tuan Situmorang. Undangan yang hadir diperkirakan empat ribu orang, dan untuk dresscode Pria mengenakan jas hitam/gelap, kemeja putih dan dasi merah; paniaran (nyonya situmorang) kebaya nuansa merah; boru mengenakan kebaya nuansa pink muda. Khusus tanggal 13 September, pakaian bebas. Seluruh undangan diharapkan membawa ulos masing-masing.

Dijelaskan Edwin, pesta syukuran ini dilaksanakan atas terlaksananya revitalisasi tahap pertama untuk Tugu Ompu Tuan Situmorang. "Kenapa tidak kita sebut pemugaran atau renovasi? Kita harapkan ke depan, tugu ini bukan lagi tugu yang hanya ditunjukkan dengan fisik. Melainkan menjadi tugu yang hidup, terlebih dalam upaya mendukung program pemerintah yang menggalakkan pariwisata di kawasan Danau Toba khususnya Samosir," ujar mantan Jamintel Kejagung RI ini.

Sementara Ketua Umum PSSAB Indonesia Ir JB Siringoringo menyampaikan, besar harapannya agar seluruh keturunan Ompu Tuan Situmorang bisa hadir. "Ini adalah momentum bersejarah bagi kita, terlebih untuk melangkah lebih maju ke depan," ujarnya.

Sesuai perkembangan yang diterima panitia dan DPP PSSAB Indonesia, kata Sekretaris St Drs Jonter Situmorang, STh, dari 6 DPW dan 40 DPC PSSAB se Indonesia telahkonfirmasi akan menghadiri acara tersebut. "Dimanapun keluarga besar Ompu Tuan Situmorang berada, mari kita sama-sama hadir dan berdoa bersama di bona pasogit," ujarnya.

Dikatakan, terkait akomodasi dan penginapan ditanggung masing-masing. Namun, untuk penginapan sesuai dengan rapat terakhir dengan warga Situmorang yang ada di Urat dan sekitarnya bersedia membuka rumahnya untuk penginapan tamu dari luar Samosir. "Keluarga kita di Urat membuka pintu rumah untuk siapa saja, selama masih memungkinkan untuk setiap kapasitas rumah," katanya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Marga Situmorang Ambil Bagian dalam Pembangunan Pariwisata Danau Toba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ribuan keturunan (Pomparan) marga Situmorang Sipitu Ama dari seluruh penjuru dunia akan turut memeriahkan Syukuran atas selesainya Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa P

  • Revitalisasi Tugu Usai, Pomparan Oppu Tuan Situmorang Adakan Pesta Syukuran 13 sampai 15 September 2019

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai bentuk kesatuan hati dari seluruh keturunan (pomparan) Oppu Tuan Situmorang, telah berhasil melakukan revitalisasi tugu nenek moyangnya di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kab

  • Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang Adakan Pangelaran Seni dan Budaya

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) akan menggelar pesta syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Parsaoran Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samos

  • Bakti Sosial Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Urat Diserbu Warga

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak):Tim pelayanan Bakti Sosial pelayanan kesehatan dalam rangka Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Parsaoran Urat Palipi Samosir dengan suka cita memberi

  • Bupati Rapidin Simbolon Tinjau Persiapan Pagelaran Seni dan Budaya Situmorang

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak):Pagelaran seni dan budaya Situmorang akan digelar, Jumat (13/9/2019) di Desa Parsaoran Urat, Palipi, Samosir. Kegiatan ini dinilai berkontribusi bagi geliat pariwisata dari sekt

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb