• Home
  • News
  • Seluruh Pemangku Kepentingan Diminta Jamin Keamanan dan Kenyamanan Berinvestasi di Sumut
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 19 Oktober 2016 09:49:00

Seluruh Pemangku Kepentingan Diminta Jamin Keamanan dan Kenyamanan Berinvestasi di Sumut

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi meminta kepada seluruh stakeholder agar mendukung investasi di Sumatera Utara yang merupakan motor penggerak perekonomian. Jaminan keamanan berinvestasi dari aparat terkait terutama polisi dan kenyamanan berinvestasi dengan izin yang tidak berbelit-belit hingga pencegahan pungutan liar.
 
“Saya berharap investasi bisa tumbuh berkembang dengan didukung seluruh stakeholder, termasuk pihak kepolisian,” kata Erry Nuradi pada acara Forum Dialog Kepolisian RI, BKPMRI, Pemprov Sumut dan Polda Sumut tentang Sosialisasi tentang perlindungan dan keamanan bagi dunia usaha untuk mendukung kegiatan investasi di Sumatera Utara di aula Tri Brata Mapolda Sumut, Selasa (18/10/2016).
 
Selain pihak keamanan, Gubsu Erry juga berharap para bupati walikota ikut mendukung investasi dengan memberikan pelayanan terbaik. Dimulai dari yang kecil yaitu penerapan pelayanan administrasi terpadu kecamatan atau Paten. “Paten ini sudah ada. Payung hukumnya yaitu Permendagri no 4 tahun 2010 dimana bupati bisa mendelegasikan kewenangan di tingkat bupati yang berskala kecil ke tingkat kecamatan. Misalnya izin mendirikan bangunan yang kecil cukup di kecamatan,” jelas Erry.
 
Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah mengubah kantor-kantor camat seperti menjadi lebih baik seperti kantor unit bank. “setelah pintu masuk sudah ada petugas resepsionis yang ramah dan berpenampilan baik, dan yang lebih penting ada pengumuman yang pasti mengenai pelayanan yang tersedia, baik itu persyaratan, waktu dan biaya, sehingga pelayanan yang diberikan dapat lebih baik lagi,” katanya.
 
Hadir Wakil Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutejo, Kapolda Sumut  Irjen Pol Dr Rycko Amelza Dahniel, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Adhi Pranoto, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, Wakil Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Mujiono, Kasubdit 1 Direktorat Ekonomi Baintelkam Polri Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, , Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM RI Ir MM Azhar Lubis, M.Si Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provinsi Sumatera Purnama Dewi. Turut pula hadir Bupati Palas, Madina, Labuhanbatu, wakil bupati Deliserdang, Pj Walikota P. Siantar dan lainnya, Kapolres se-Sumut, pimpinan BUMN/BUMD, ketua asosiasi pelaku usaha, investor PMA dan PMDN, kepala SKPD penanaman modal daerah se Sumut.
 
Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menegaskan komitmen Kepolisian Daerah Sumatera Utara untuk menindak tegas setiap tindak pidana dan perbuatan yang mengganggu dunia usaha. Bukan hanya premanisme, namun termasuk hal-hal yang mengganggu yang menyebabkan ongkos ekonomi tinggi juga menjadi perhatian.
 
Hal yang mengganggu ongkos ekonomi di contohkan Kapolda adalah dwelling time, yang pastinya mempengaruhi biaya logistik, dan ini juga mempengaruhi performance indeks Indonesia di internasional. “Mohon maaf kepada dubia usaha di pelabuhan dan pihak angkutan jasa burih bongkar muat, kita tidak melarang aktivitas, tapi yang dilarang karena mengganggu dan meningkatkan biaya logistic,” katanya.
 
Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM RI Ir MM Azhar Lubis, M.Si menjelaskan pertumbuhan ekonomi ditopang oleh konsumsi masy 55%, pengeluaran pemerintah 9%, investasi 33% dan  sisanya eksport dan import.
 
Penyumbang terbesar kedua adalah investasi. Investasi harus kita tingkatkan karena ada 2,5 juta pekerja baru yang masuk setiap tahun. PNS moratorium dan tidak semua tenaga kerja mampu berwira usaha. Karenanya kita harapkan dari dunia usaha menciptakan lapangan kerja. Mau tidak mau investasi harus menjadi gerakan nasional yang sama-sama dijaga. Dalam lima tahun yaitu periode 2015-2019 dengan target investasi nasional senilai Rp 3.500 triliyun. Saat ini menurutnya sudah terealisasi Rp 1.600 triliun. Meskipun saat ini ekonomi regional turun namun targetkan kita terus meningkat.
 
Tahun 2016 target investasi naik 14% menjadi Rp 594,8 tiliun dimana pada Semester 1 tahun 2016 ini dicapai target Rp 298 triliun. Untuk Sumatera Utara, menurut Kepla Badan Penanaman Modal Purnama Dewi dari target nilai investasi Rp 12 triliun, pada semester 1 sudah terealisasi Rp 6 triliun.
 
Azhar Lubis menambahkan pihaknya sudah mengeluarkan senilai Rp 1.870 triliun  persetujuan investasi dari bulan Januari  sampai September 2016. “Persetujuan  ini harus dikawal bersama agar komitmennya dapat terealisasi. Karena persetujian tanpa realisasi tiadak ada aartinya,” kata Azhar.
 
Ketua Panitia, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provinsi Sumatera Purnama Dewi Sosialisasi adalah tindaklanjut penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Badan Koordinasi Penanaman Modal RI dengan Kepolisian Negara RI tentang Perlindungan dan Keamanan Bagi Dunias Usaha untuk mendukung Kegiatan Investasi di Indonesia pada tanggal 19 September 2016. Kesepakatan itu telah ditindaklanjuti dengan disusunnya pedoman kerjasama antara BKPM RI dan Kepolisian RI  tentang Koodinasi Perlindungan Keamanan Bagi Dunia Usaha untuk mendukung kegiatan investasi di Indonesia. Pedoman kerjasama itu akan disosialisasikan ke seluruh Indonesia, dimana untuk regional I Sumatera diawali dengan kegiatan sosialisasi di Medan, Sumatera Utara.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Berniat Jalin Kerjasama dengan Swiss, Pemko Medan Beri Peluang untuk Investor

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Plt Kadis Perindustrian Kota Medan  Parlindungan Nasution mengatakan, Kota Medan saat ini sangat membu

  • Warga Kawasan Danau Toba Diminta Tidak Palak Wisatawan

    4 tahun lalu

    Saya masih mendengar ada wisatawan mancanegara yang di palak dengan dikenakan ongkos yang tidak sesuai tarif. Ini tidak boleh terjadi lagi. Mari kita kedepankan pelayanan dan kenyamanan,”

  • Semua Harus Bersatu Bersinergi dan Optimis Bangun Kota

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengungkapkan, Pemko Medan terus melakukan peningkatan kualitas infrastruktur baik jalan maupun drainase yang ada di Kota Medan. Saat

  • Investor Semakin Yakin Keamanan Berinvestasi di Indonesia

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Realisasi investasi Triwulan IV (Oktober-Desember) 2016 mencapai Rp 159,4 triliun atau meningkat 9,6% dibandingkan periode yang sama Tahun 2015. Dari jumlah tersebut, rea

  • Sutrisno Pangaribuan, ST: Darurat Kekerasan Terhadap Wartawan di Sumut

    4 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Anggota DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan, ST mengatakan belum lama berselang terjadi kekerasan terhadap wartawan di kantor Gubernur Sumatera Utara. Kemarin malam terjadi lagi ke

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb