• Home
  • News
  • Selama 2 Tahun Indeks Pertumbuhan Manusia Labuhanbatu Tumbuh 0,77 Persen
KSP Makmur Mandiri
Senin, 29 Juni 2020 16:42:00

Selama 2 Tahun Indeks Pertumbuhan Manusia Labuhanbatu Tumbuh 0,77 Persen

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Data IPM Labuhanbatu
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Selama 2 tahun tepatnya sejak tahun 2018, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Labuhanbatu tumbuh sekitar 0,77 persen. Kini, angka kemajuan pembangunan manusia itu menjadi 71,94 poin.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Labuhanbatu, Rajid Yuliawan dikantornya, Senin (29/6) mengatakan, seluruh komponen pembentuk IPM terus mengalami peningkatan.

Itu ditandai dengan umur harapan hidup menjadi 69,86 tahun, harapan lama sekolah menjadi 12,67 tahun, rata-rata lama sekolah menjadi 9,23 tahun, pengeluaran per kapita masyarakat meningkat dari 11,05 juta menjadi 11,19 juta rupiah.

"IPM mencapai 71,94 itu ditandai dengan terus meningkatnya kualitas kesehatan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat Labuhanbatu," sebut Rajid.

Jika dirata-ratakan pertahunnya sejak tahun 2010 silam, sambung Kadis Kominfo, IPM Labuhanbatu meningkat 5,06 poin yang dapat dilihat dari angka 66,88 pada tahun 2010 menjadi 71,94 ditahun 2019 atau 0,81 persen setiap tahunnya.

"Selain itu, status pembangunan manusia di Labuhanbatu meningkat dari status sedang menjadi tinggi jika dihitung sejak tahun 2014 silam," paparnya.

Kenaikan IPM Labuhanbatu, ujarnya labih jauh, erat kaitannya dengan kenaikan indeks pendidikan, pengeluaranndan kesehatan. Sehingga, pertumbuhan IPM jika dihitung sejak tahun 2010 silam, menunjukkan pertumbuhan yang postitif.

Pembangunan manusia juga dapat didefinisikan sebagai proses perluasan pilihan bagi penduduk, salahsatu indikatornya yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan manusia dengan mengukur taraf hidupnya.

Kemajuan yang diperoleh Kabupaten Labuhanbatu, menurut Rajid Yuliawan didasari peran serta seluruh komponen, baik peningkatan kinerja berbagai instansi, maupun kepedulian masyarakat yang diselaraskan dengan berjalannya program pemerintah. (Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pertumbuhan Ekonomi Labuhanbatu Mengalami Peningkatan

    4 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Pembangunan manusia dan Pertumbuhan Ekonomi di labuhanbatu terus mengalami kemajuan. Hal ini di tandai dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) Labuhanbatu sebes

  • Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK bidang Perekonomian: Pondasi Ekonomi Bagus Jadi Modal Dasar

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):  Menko Darmin Nasution menegaskan, ekonomi Indonesia terus menunjukkan perbaikan yang menggembirakan. Hal itu ditunjukkan dari berbagai indikator ekonomi, antara lain: kem

  • Wildan Buka Musrenbang RKPD Labusel 2021

    5 bulan lalu

    Labuhanbatu Selatan (Pelita Batak):Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, membuka Musrenbang RKPD kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Anggaran 2021, Senin (20/4) di ruangan Command Center

  • Walikota Padangsidimpuan Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019

    3 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :DPRD Kota Padangsidimpuan di pimpin Ketua DPRD Siwan Siswanto, SH didampingi Wakil Ketua DPRD Erwin Nasution menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb