• Home
  • News
  • Sekda Tapsel Ajak Warga Tidak Ikuti Budaya 'Marpangir'
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 11 April 2021 14:01:00

Sekda Tapsel Ajak Warga Tidak Ikuti Budaya 'Marpangir'

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Sekda Tapsel Ajak Warga Tidak Ikuti Budaya 'Marpangir'
Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :
Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution, mengajak segenap umat Islam agar tidak mengikuti budaya ‘Marpangir’ yang biasa dilakukan sehari sebelum bulan puasa.

Marpangir sendiri merupakan kegiatan mandi secara tradisional. Dimana, cara mandinya adalah dengan menyampurkan air mandi dengan berbagai ramuan serta wewangian. “Karena itu, menurut saya, Marpangir ini tidak pernah dilakukan dalam ajaran Islam,” tegas Parulian di acara Dzikir dan Doa bersama Ulama dan Umaro yang diinisiasi Kapolres Tapsel, AKBP Roman S Elhajdi Masjid Agung Syahrun Nur, Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel, Kecamatan Sipirok, Sabtu 10 April 2021.

Selanjutnya, Sekda mengingatkan pemilik warung, agar jangan membuka kedai kopi di siang bolong dan meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab hingga saat ini Covid-19 belum berakhir.

Lebih lanjut, Sekda menyebut jika pawai atau safari Ramadhan di tahun ini tidak bisa dilaksanakan dikarenakan pandemi Covid-19. 

Bulan Ramadhan adalah bulan pembawa berkah dan ampunan, kiranya jangan sampai melalaikan ibadah, walaupun sehari di bulan Ramadhan nanti.

Sebelumnya, Kapolres Tapsel menyatakan, jika selain mencari keberkahan, acara dzikir dan doa bersama itu dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi sesama Forkopimda. 

Kiranya bulan Ramadhan berlangsung aman dan nyaman sehingga semua bisa menjalankan ibadah dengan khusuk.

“Kami mohon dukungan kepada semua pihak, agar TNI-Polri bisa mengamankan jalannya bulan suci Ramadhan dengan baik. Saya juga menyampaikan salam dari Bapak Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Simanjuntak kepada Bapak/Ibu sekalian,” ucap Kapolres.

Turut hadir, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Tapsel, pimpinan Organisasi Keagamaan, Kemasyarakatan, dan Kepemudaan. (STR)
  BeritaTerkait
  • Dihadiri Kapolri, Aplikasi Polisi Kita Dilaunching di Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri acara launching aplikasi Polisi Kita Polda Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (5/2).  Launching la

  • Wali Kota Ajak Satukan Persepsi dan Langkah Pelihara Ukhuwah Islamiyah

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak  seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (Forkominda), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, serta usta

  • Taput Gelar Pagelaran Kesenian di PRSU, Dr RE Nainggolan MM : Tidak Ada Pemimpin yang Sempurna

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara periode 1999-2004, Dr RE Nainggolan MM, mengatakan tidak ada pemimpin atau manusia yang sempurna. Namun dengan dukungan semua masyarakat, pemimpin aka

  • Di Mana Tanah Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

    3 tahun lalu

    Oleh: Ronsen LM PasaribuPepatah Melayu ini sudah kita dengar ketika akan berangkat merantau disampaikan oleh orangtua sebagai sebuah bekal diperjalanan bahkan resep utama dalam kehidupan ditempat yang

  • Pemko Medan Ajak Masyarakat Karo Aktif Dukug Pembangunan

    5 tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh masyarakat Karo di Kota Medan untuk terlibat aktif dalam pembangunan . Eldin dan seluruh jajaran Pemko Medan minta didukung penuh dalam rangka menata ibu kota Provinsi Sumatera Urara ini agar m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb