• Home
  • News
  • Sajikan Berita Berkualitas, Jurnalis Harus Rajin Cek Fakta
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 September 2019 20:14:00

Sajikan Berita Berkualitas, Jurnalis Harus Rajin Cek Fakta

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Paropo (Pelita Batak):
Kebenaran setiap informasi yang bertujuan untuk dijadikan produk jurnalistik, diharapkan telah melalui standar jurnalisme tertinggi dan tidak sekadar mengutip pernyataan narasumber.

Demikian Pls Pemimpin Unit Layanan Pengaduan Nasabah dan Pusat Informasi Bank Sumut, Erwinsyah mengatakan dalam Training Jurnalis 'Cek Fakta' Bersama Bank Sumut di Paropo, Dairi, Sabtu (21/9/2019).

Menurut Erwinsyah yang mewakili Bank Sumut, saat ini dengan alasan menjalankan prinsip cover-both side, jurnalis yang tidak rajin melakukan cek-fakta bisa dimanfaatkan oleh narasumber yang manipulatif.

"Kalau narasumber itu kasih informasi bohong, bagaimana? Saat ini jurnalis tidak cukup hanya menjalankan cover-both side," ujarnya. Menurutnya Bank Sumut sudah beberapa kali diterpa isu hoaks.

"Selain hoaks ada juga framing (pembingkaian) negatif. Opini wartawan kerap dicaplok di isi berita dan sangat minim konfirmasi," kata Erwinsyah.

"Tantangan untuk humas Bank Sumut agar bisa menekan laju hoaks. Wartawan coba melakukan verifikasi data sebelum dipublikasikan," sambungnya lagi.

Pembicara lainnya, Arfi Bambani dari Internews mengatakan, hoaks, disinformasi, misinformasi, pasti akan terus ada.

"Maka saat ini pekerjaan jurnalis semakin relevan. Kita butuh media yang kredibel dengan jurnalis yang bisa melakukan fact-checking," ujarnya.

Pada training ini para peserta berkesempatan untuk mencoba berbagai 'tools' yang tersedia di internet untuk terhindar dari hoaks.  

Training Jurnalis 'Cek Fakta' merupakan wujud kepedulian Bank Sumut akan dunia pers.

Direktur Operasional Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan yang membacakan kata sambutan Direktur Utama dalam pembukaan acara ini mengatakan, media massa memiliki peran strategis dalam pembangunan. Dimana salah satu perannya adalah mencerdaskan masyarakat melalui informasi yang disebarluaskan. Karena itu media massa harus mampu membuat berita yang berimbang, tidak hoaks, tidak provokatif, dan mencerahkan.

"Kami berharap materi-materi yang akan diberikan diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan para peserta terutama dalam menyajikan informasi dan analisis berita khususnya berita-berita mengenai perbankan yang lebih mendalam, kaya akan data dan tidak menimbulkan pemahaman yang bias bagi pembaca," katanya.

Ketua AJI Medan Liston Damanik menjelaskan alasannya menggagas acara ini.

Menurutnya, pada era digital, informasi hoaks kerap bermunculan di media sosial, sehingga jurnalis harus dibekali dengan pengetahuan cek fakta.

"Orang terpelajar yang memiliki posisi penting saja bisa menjadi korban hoaks. Ini kompetensi penting bagi wartawan. Saya berharap teman-teman di sini punya semangat untuk belajar," ucapnya. (*|TAp)
  BeritaTerkait
  • Hari Buruh 1 Mei 2017: Berserikat Sekarang atau Celaka Nanti!

    2 tahun lalu

    Lanskap industri media berubah cepat seiring dengan perkembangan teknologi digital, termasuk di Indonesia. Di Amerika Serikat saat ini sudah ada robot yang sudah menulis berita lebih dari 1 miliar.

  • Harapkan Good News, Gubernur, Kapolda dan Wali Kota Jamu Wartawan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi bersama Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, mewakili Pangdam I/BB dan mewakili Kajatisu ser

  • Wartawan Unit Pemko Medan Pererat Kebersamaan Melalui Silaturahmi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Humasy Setdakot Medan, M Rasyid Ridho Nasution  menghadiri acara silaturahmi dalam rangka berakhirnya 

  • Erry Minta Insan Pers Sumut Ikut Luruskan Informasi Hoax Dan Hasutan

    2 tahun lalu

    Padang (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama tokoh-tokoh  Pers Sumut hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 yang dihadiri Presiden RI

  • Puluhan Jurnalis Ikuti Training yang Digagas AJI bersama Bank Sumut di Paropo

    4 minggu lalu

    Paropo (Pelita Batak):Insan jurnalis yang kesehariannya memproduksi dan menyajikan berita untuk publik, diharapkan melakukan cek fakta tentang data yang akan disajikan dengan benar. Hal ini salah satu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb