• Home
  • News
  • Safari Jumat Di Masjid Baabul Falah Medan Tembung, Akhyar: Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 15 November 2019 16:23:00

Safari Jumat Di Masjid Baabul Falah Medan Tembung, Akhyar: Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Masalah pentingnya menjaga kebersihan kembali menjadi salah satu topik utama yang ditekankan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan  Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Baabul Falah Jalan Karya Bakti Lingkungan IX, Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Jumat (15/11). Jika semua warga bergerak dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, Kota Medan bersih sampah akan terwujud.

Atas dasar itu lah Plt Wali Kota mengajak seluruh warga dan jamaah masjid yang hadir dalam Safari Jumat, agar peduli dengan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab, ungkapnya, masing-masing warga menghasilkan sampah sebanyak 0,7 kg per-orang setiap harinya. Jika sampah itu dibuang sembarangan, maka Kota Medan akan dipenuhi sampah.

"Selain tidak buang sampah sembarangan, mari mulai saat ini kita wadahi sampah yang kita hasilkan. Selain mencegah tidak berserakan, pewadahan sampah juga sangat membantu kerja petugas kebersihan kita, sehingga memudahkan mereka mengangkutnya menuju tempat pembuangan akhir. Apabila kita semua bergerak dan peduli, insya Allah Kota Medan bersih sampah bukan mimpi dan segera terwujud," kata Plt Wali Kota.

Di samping sampah, Akhyar juga kembali mengajak seluruh jamaah untuk berjihad melawan narkoba, sebab peredaran narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Apalagi street crime (kejahatan jalanan) diawali dengan narkoba. Untuk itu Akhyar mengajak semua jemaah untuk saling mengingkatkan agar menjauhi narkoba. "Mari kita jadikan (memerangi narkoba) ini sebagai ladang jihad bagi kita," pesannya.

Selanjutnya Akhyar menerangkan,  Safari Jumat seperti ini akan terus dilakukan dengan mendatangi seluruh masjid yang ada di Kota Medan. Selain bersilaturahmi, Safari Jumat dilakukan sebagai upaya untuk membangun persaudaraan dengan seluruh warga sekaligus menjadikan Kota Medan sebagai kota religius dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Apabila ada masalah yang berkembang di tengah masyarakat, Akhyar pun berharap dapat disampaikan dengan jajarannya, mulai tingkat terendah yaitu lingkungan, kelurahan, kecamatan hingga tingkat yang lebih tinggi. "Kita harapkan masalah yang ada sudah dapat diselesaikan di tingkat lingkungan," harapnya.

Akhar selanjutnya mengungkapkan, membangun silaturahmi dengan masyarakat seperti ini sngat penting dilakukan. Tidak hanya menyampaikan hasil pembangunan yang telah dicapai Pemko Medan, tetapi juga sebagai wadah menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. Sebab, Akhyar sadar, membangun Kota Medan tidak bisa mengandalkan seluruh jajaran Pemko Medan semata. Tetapi juga semua pihak dan lapisan masyarakat.

"Kita perlu masukan maupun kritikan dari semua pihak, terutama masyarakat sehingga pembangunan  yang dijalankan semakin lebih baik lagi. Oleh karenanya membangun silaturahmi seperti ini sangat penting dilakukan," paparnya.              

Sebelum Safari Jumat, Akhyar yang hadir didampingi Asiten Pemerintahan Setdako Medan Musadad Nasution, Kabag Agama Adlan dan Camat Medan Tembung Ahmad Barli Nasution lebih dulu melaksanakan Shalat Jumat bersama ratusan jemaah. Bertindak sebagai khatib sekaligus imam adalah Al Ustadz Drs Layar. Usai shalat, Plt Wali Kota selajutnya memberikan bantuan dari Pemko Medan sebesar Rp.40 juta untuk kemakmuran Masjid Baabul Falah kepada Prof DR H Aidar Putra Daulay selaku penasehat Masjid Baabul Falah.

Setelah itu  Aidar dalam sambutan singkatnya menjelaskan, Masjid Baabul Falah sudah berumur 25  tahun. Berhubung jemaah semakin banyak, maka ada rencana pelebaran masjid sehingga pelaksanaan shalat lima waktu berjamaah dapat lebih tenang dan khusyuk. "Itu sebabnya kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemko Medan. Bantuan ini akan kami gunakan untuk perluasan masjid yang kita cintai ini," jelas Aidar. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Sudah 35 Tahun Berdiri Baru Pertama Kali Masjid Ini Dikunjungi Kepala Daerah

    17 jam lalu

    Medan (Pelita Batak):Selama 35 tahun berdiri belum pernah sekalipun pejabat yang meluangkan waktunya untuk datang se kaligus melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Masjid Al Ikhlas Jalan Cendrawasih,

  • Safari Maghrib di Masjid Hidayatul Muslimin

    15 jam lalu

    Medan (Pelita Batak):Upaya membangun jembatan hati dan tali silaturahmi dengan warga terus dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi lewat Safari Maghrib di Masjid Hiday

  • Warga Medan Timur Tingkatkan Partisipasi Dukung Program Pembangunan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak  seluruh masyarakat Kota Medan, khususnya  warga Kecamatan Medan Timur untuk memperkuat komitmen dan terus meningka

  • Ini Sungai Target Pemko Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Walikota Medan Ir.Akhyar Nasution,Msi pimpin rapat pelaksanaan Lounching Sholat Subuh berjemaah bagi Remaja se Kota Medan dan juga Bersih Bersih Sungai di Kota Medan, Jumat

  • Wali Kota Serap Masukan Warga Medan Tembung Melalui Safari Subuh

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melaksanakan Safari Subuh di Masjid Ikhlasiyah, Jalan Tuamang, Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung, Sabtu (18/5). Selai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb