• Home
  • News
  • Rumah Sakit Adam Malik Diharapkan Kembangkan Pelayanan Berbasis IT
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 02 Agustus 2017 23:58:00

Rumah Sakit Adam Malik Diharapkan Kembangkan Pelayanan Berbasis IT

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menekankan pentingya inovasi dalam hal pelayanan masyarakat khususnya kesehatan. Dengan begitu, stigma negatif selama ini bisa berubah menjadi positif dengan berbagai terobosan.

Hal itu disampaikan Gubsu Erry saat menerima audiensi rombongan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan Bambang Prabowo di ruang kerjanya, Rabu (02/08/2017).

Pada kesempatan itu disampaikan bahwa rumah sakit yang langsung berada di bawah Kementerian Kesehatan tersebut telah berusia 24 tahun sejak diresmikan oleh Presiden RI pada 21 Juli 1993. Karenanya direncanakan akan ada rangkaian acara sederahana untuk memperingatinya.

"Kita berharap RSUP Adam Malik bisa membuat terobosan yang terbaik di Sumatera Utara. Bagaimana mengembangkan pelayanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan," ucap Erry.

Menurut Erry, selama ini stigma negatif tentang Sumut harus terus diubah agar pandangan tentang masalah hukum (korupsi) maupun hal lainnya yang bersifat kurang baik, bisa menjadi berubah. Dengan demikian, provinsi ini akan jadi yang terbaik di berbagai bidang.

"Kita lihat contohnya dengan sistem pelayanan berbasis IT (information technology) banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Seperti misalnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, walaupun banyak yang komplain ke saya, karena tidak bisa masuk ke sekolah favorit, tetapi itulah sistem yang kita bangun, semuanya transparan walaupun banyak yang tidak senang," jelasnya.

Dengan terobosan tersebut, Erry berharap Sumut bisa menjadi yang terdepan dalam segala hal, termasuk pelayanan kesehatan. Sehingga inovasi seperti membangun sistem pelayanan berbasis IT, bisa membuat masyarakat terbantu dalam mendapatkan akses perawatan.

"Bagaimana sistem pelayanan berbasis IT itu, bisa membuat masyarakt tidak perlu lagi terlalu lama antre. Walaupun misalnya pasien dari daerah (luar Kota Medan) akan ke RS Adam Malik, mereka bisa cek melalui ponsel. Termasuk ketersediaan kamar bisa diketahui langsung dan dirujuk ke tempat lain," sebutnya.

Dengan rencana penggunan sistem pelayanan berbasis IT nantinya, Gubernur berharap Sumut bisa menjadi yang terdepan. Karena itu dirinya menekankan pentingnya inovasi dengan sistem online. Termasuk juga dengan mempublikasi produk pelayanan unggulan serta fasilitas yang ada di RSU Adam Malik kepada masyarakat luas.

"Tergantung kita maunya seperti apa. Apakah maunya biasa-biasa saja, apa mau terbelakang atau mau yang terdepan. Kalau mau maju paling depan, ya harus berinovasi," kata Erry.

Sementara Dirut RSUP H Adam Malik Bambang Prabowo menyampaikan, dalam rangka memperingati HUT ke-24 tahun RS Adam Malik, pihaknya akan menggelar kegaitan sosial diantaranya pemeriksaan kesehatan masyarakat, pemeriksaan gangguan pendengaran, lomba gerak jalan, cuci tangan serta pada acara puncak akan ada peresmian gedung pelayanan kesehatan oleh Menteri Kesehatan pada 5 Agustus mendatang.

"Jadi ada tiga gedung yang diresmikan yaitu paviliun, gedung unit transfusi darah (UTD) dan satu lagi unit Hemodialisa (cuci darah). Selama ini beberapa keluhan masyarakat, banyak sekali tidak bisa dilayani dengan cepat karena keterbatasan alat. Sehingga sekarang akan ada 100 alat cuci darah," katanya sekaligus menyebutkan bahwa UTD di RSU Adam Malik adalah satu-satunya di Sumatera dan diakui PMI.

Pihaknya juga berharap Pemprov Sumut memberikan perhatian dan dukungan untuk sosialisasi keberadaan fasilitas layanan kesehatan yang ada di rumah sakit tersebut. Bambang pun mengaku bersedia ikut membantu pemerintah jika dibutuhkan. "Walaupun kami ini rumah sakit vertikal (pusat), tetapi kami ada di Sumut dan bagian dari Sumut," katanya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    4 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Menristek Dikti Resmikan Rumah Sakit USU

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohammad Nasir meresmikan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) yang berlokasi di Jl. Dr Mansyur depan kampus USU Medan, Senin (9/1/2017).

  • Wakil Wali Kota Hadiri Launching dan Sosialisasi Perwal Tentang Tuberculosis

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi menghadiri acara Launching dan Sosialisasi Peraturan Wali Kota tentang Tuberculosis (TB) di Hotel Adi Mulia, Jalan Diponegoro, Selas

  • RSUD Sidimpuan Hadirkan Dokter Spesialis Tingkatkan Pelayanan

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terhadap masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Padangsidimpuan. Kebutuhan dokter spesialis ya

  • RSUP H Adam Malik Diminta Lebih Terbuka untuk Publik

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Dengan demikian, rumah sakit yang sudah beroperasi seja

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb