• Home
  • News
  • Puluhan Jurnalis Ikuti Training yang Digagas AJI bersama Bank Sumut di Paropo
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 September 2019 11:44:00

Puluhan Jurnalis Ikuti Training yang Digagas AJI bersama Bank Sumut di Paropo

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Pls Pemimpin Unit Layanan Pengaduan Nasabah dan Pusat Informasi Bank Sumut, Erwinsyah saat memberi pemaparan dalam acara Training Jurnalis "Cek Fakta"
Paropo (Pelita Batak):
Insan jurnalis yang kesehariannya memproduksi dan menyajikan berita untuk publik, diharapkan melakukan cek fakta tentang data yang akan disajikan dengan benar. Hal ini salah satu yang menjadi tujuan dalam Training Jurnalis 'Cek Fakta' bersama Bank Sumut yang dilaksanakan di Debang Resort Paropo, Dairi 20-22 September 2019.

Puluhan jurnalis dari berbagai media massa di Sumatera Utara mengikuti kegiatan yang diselenggarakan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Medan dan Bank Sumut ini.

Menurut Ketua AJI Medan Liston Damanik, pada era digital, informasi hoaks kerap bermunculan di media sosial, sehingga jurnalis harus dibekali dengan pengetahuan cek fakta.

"Orang terpelajar yang memiliki posisi penting saja bisa menjadi korban hoaks. Ini kompetensi penting bagi wartawan. Saya berharap teman-teman di sini punya semangat untuk belajar," ucapnya.

Pls Pemimpin Unit Layanan Pengaduan Nasabah dan Pusat Informasi Bank Sumut, Erwinsyah, menceritakan Bank Sumut sudah beberapa kali diterpa isu hoaks.

Di antaranya berita berjudul Tunggakan Pajak Rp 1,7 miliar. 

"Ini data lama yang digunakan wartawan. Ini tidak benar. Selain hoaks ada juga framing (pembingkaian) negatif. Opini wartawan kerap dicaplok di isi berita dan sangat minim konfirmasi," kata Erwinsyah.

"Tantangan untuk Humas Bank Sumut agar bisa menekan laju hoaks. Wartawan coba melakukan verifikasi data sebelum dipublikasikan," sambungnya lagi.

Erwin lantas mengutip ucapan Eep Saefullah. "Jangan mengkritisi dengan rasa-rasa tapi kritisi dengan data-data. Karena kontrol sosial itu berbasis akal budi bukan emosi," ujarnya. (*|TAp)
  BeritaTerkait
  • Sajikan Berita Berkualitas, Jurnalis Harus Rajin Cek Fakta

    4 minggu lalu

    Paropo (Pelita Batak):Kebenaran setiap informasi yang bertujuan untuk dijadikan produk jurnalistik, diharapkan telah melalui standar jurnalisme tertinggi dan tidak sekadar mengutip pernyataan narasumb

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Ketika DJAROT "Menjual" Pengalaman dan Track Record

    2 tahun lalu

    Oleh: Antoni Antra PardosiStrategi memojokkan Djarot Saiful Hidayat sebagai "kandidat import"  pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 belum kendor. Cap kurang menguasai teritorial

  • Dr Ronsen Pasaribu SH MM : Orang Batak Jangan Tergusur dari Tempat Leluhurnya

    3 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak) :Dalam rangka mendukung pembangunan industri pariwisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, pihak Forum Bangso Batak Indonesia(FBBI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) mengadakan pelatihan kompetensi tenaga pe

  • Gereja Perlu Bentuk Lembaga Jaminan Pembiayaan untuk Bisnis UKM Rakyat

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kalangan gereja atau lembaga-lembaga dan komunitas Nasrani di negeri ini sudah saatnya membentuk semacam lembaga jasa pembiayaan (multi finance) untuk mendorong perwujudan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb