• Home
  • News
  • Proses Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bapaslon Pilkada Labusel 2020 Hampir Rampung
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 07 Juli 2020 12:20:00

Proses Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bapaslon Pilkada Labusel 2020 Hampir Rampung

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Kantor KPU Labuhanbatu Selatan
Labusel (Pelita Batak):
Proses verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon bupati-wakil bupati dari jalur perseorangan (independen) Pilkada 2020 Kabupaten Labuhanbatu Selatan, hampir rampung, Selasa (7/7/2020).

Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Efendi Pasaribu optimis, proses tersebut dapat tuntas sesuai jadwal tahapan yang ditentukan.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala. Saat ini sudah 90 persen diverifikasi. Kami optimis dapat selesai tepat waktu, karena masih ada beberapa hari lagi yang tersisa bagi petugas melakukan verifikasi," kata Efendi. 

Efendi menjelaskan, data syarat dukungan yang diverifikasi berjumlah 65.608 dukungan. Syarat dukungan itu kata dia, didaftarkan tiga bakal pasangan calon yakni, Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar (Nuri), Maslin Pulungan-Ferry Andikha Dalimunthe (Mari), dan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga (Mandiri).
"Verifikasi ini dilakukan oleh 162 petugas di 54 desa dan kelurahan. Verifikasi dilaksanakan 29 Juni hingga 12 Juli. Usai verifikasi akan dilakukan rekapitulasi secara berjenjang," katanya.

Disebutkan, syarat minimal dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada Pilkada Kab. Labusel 18.893 dukungan. 

Menurutnya, jika hasil rekapitulasi berjenjang nanti bakal pasangan calon melebihi syarat minimal, maka akan ditetapkan Memenuhi Syarat (MS).

Bagi yang kurang lanjutnya, diminta melengkapi syarat dukungan dua kali jumlah kekurangan dan harus diserahkan pada masa penyerahan perbaikan. 
"Kami berharap masyatakat juga pro aktif selama proses verifikasi ini," tandasnya.

Sementara itu, pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2020 Kab. Labusel baru akan dibuka, pada 4 hingga 6 September mendatang. 

Pendaftaran pasangan calon dari jalur partai politik dilakukan sama dengan calon perseorangan, sesuai PKPU No. 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

Untuk tahapan kampanye akan dilaksanakan mulai 26 September dan pemungutan suara pada 9 Desember. (J|TAp) 
  BeritaTerkait
  • Kapolres Labuhanbatu Minta Verifikasi Pendukung Sesuai Prosedur

    6 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat meminta pelaksanaan tahapan Pilkada yang kini memasuki agenda penerimaan dokumen dukungan, berlangsung sesuai prosedur dan jadwal, ba

  • Verifikasi di Masa Covid, KPU Labuhanbatu Rapid Test PPS

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu terus melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Desember 2020 mendatang, termasuk Verifikasi Faktual (Verfak) syara

  • Parpol dan Aktivis Labuhanbatu Minta KPU dan Bawaslu Netral

    6 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):KPU Labuhanbatu mulai menerima dokumen syarat minimal dukungan terhadap Bapaslon jalur Perseorangan sampai dengan 23 Februari 2020 mendatang.Untuk memenuhi pelaksanaan Pilka

  • Anggaran Pilkada 2020 Kabupaten Labusel Aman

    7 bulan lalu

    Labuhanbatu Selatan (Pelita Batak):KPUD Labuhanbatu Selatan menggelar sosialisasi tahapan Pilkada kepada wartawan yang digelar di Sekretariat KPUD, Kamis (23/1/2020). Meski APBD 2020 Kabupaten Labusel

  • Ditemani Seratusan Pendukung, Nurdin-Rizal Datangi KPUD Labusel Daftarkan 26.480 Dukungan

    6 bulan lalu

    Labuhanbatu Selatan (Pelita Batak):Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar (Nuri) mendatangi Kantor KPUD Labusel di Jalinsum-Bedagai, Kotapinang, untuk mendaft

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb