• Home
  • News
  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi SDM Kesehatan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 04 Februari 2021 21:11:00

Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi SDM Kesehatan

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Jakarta (Pelita Batak):
Presiden Joko Widodo pada Kamis, 4 Februari 2021, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi para SDM di sektor kesehatan. Vaksinasi massal tersebut digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Negara menjelaskan, vaksinasi massal tersebut bertujuan untuk semakin mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan agar pemerintah dapat segera memulai pelaksanaan vaksinasi untuk tahap berikutnya.

"Meskipun di puskesmas-puskesmas dan rumah-rumah sakit di daerah sudah memulai vaksinasi, tapi kita ingin mempercepat proses vaksinasi ini sehingga tadi di Istora Gelora Bung Karno secara massal dimulai vaksinasi untuk tenaga kesehatan," ujar Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, sekembalinya dari peninjauan.

Untuk diketahui, hingga saat ini, sebanyak 700.266 tenaga kesehatan memperoleh suntikan dosis vaksin Covid-19. Jumlah tersebut mencapai kurang lebih 45 persen dari target sebesar 1,5 juta tenaga kesehatan.

"Inilah yang ingin kita kejar sehingga kita bisa segera memulai yang di luar tenaga kesehatan. Kita harapkan vaksinasi bisa dipercepat," tuturnya.

Saat melakukan peninjauan, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, tiba di lokasi sekira pukul 13.11 WIB. Sesaat setelah ketibaan tersebut, Presiden langsung meninjau jalannya alur pendaftaran peserta vaksinasi massal, proses penapisan kesehatan, hingga observasi yang dilakukan terhadap peserta yang telah menerima suntikan dosis vaksinasi di meja-meja yang telah disusun sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan bahwa vaksinasi massal tersebut diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan. Kurang lebih sebanyak lima ribu tenaga kesehatan ditargetkan untuk dapat mengikuti kegiatan vaksinasi massal pada hari ini baik melalui pendaftaran yang telah dibuka maupun mendatangi langsung lokasi vaksinasi dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap kriteria penerima vaksin.

"Kita ketahui bersama bahwa tenaga kesehatan itu merupakan garda terdepan. Bapak Presiden berpesan bahwa tenaga kesehatan itu harus yang pertama dan harus selesai di bulan Februari ini untuk vaksin dosis pertama dan kedua," ucapnya saat ditemui di lokasi.

Kegiatan vaksinasi massal serupa sebelumnya sudah pernah dilakukan di sejumlah wilayah lain seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung.

Maxi menuturkan, pelaksanaan vaksinasi massal ini sekaligus persiapan untuk melakukan vaksinasi dengan jumlah peserta yang lebih besar pada tahap berikutnya yang diharapkan dapat selesai pada akhir April 2021 mendatang.

"Ini sekaligus latihan kita untuk melakukan vaksinasi secara massal seperti ini untuk mengantisipasi vaksinasi tahap berikut untuk (tenaga) pelayanan publik yang jumlahnya ada 18 juta supaya kita terbiasa," ujarnya.(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
  BeritaTerkait
  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Yogyakarta

    3 bulan lalu

    Yogyakarta (Pelita Batak):Cakupan vaksinasi massal bagi petugas atau pekerja publik semakin diperluas. Vaksinasi tahap kedua yang telah dimulai pada pertengahan Februari tersebut dimaksudkan untuk mem

  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi para Pelaku Usaha Perdagangan

    satu bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Presiden Joko Widodo pada Senin pagi, 3 Mei 2021, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di dua pusat perdagangan di Jakarta. Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi p

  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi Ulama dan Tokoh Lintas Agama

    3 bulan lalu

    Semarang (Pelita Batak):Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 10 Maret 2021, menggelar vaksinasi massal bagi para ulama, tokoh lintas agama, hingga sejumlah santri pondok pesantren setempat. Vaksinasi massa

  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal untuk Lansia dan Pengemudi Ojek Daring di GOR Pajajaran Bogor

    3 bulan lalu

    Bogor (Pelita Batak):Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan para pengemudi ojek daring di Kota Bogor pada Jumat, 19 Mare

  • Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi Petugas Publik di Sektor Perbankan dan Pasar Modal

    2 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Penggerak utama ekonomi nasional adalah konsumsi, investasi, serta kegiatan ekspor impor. Sektor perbankan dan pasar modal memiliki peran penting dalam mendukung segenap aktivit

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb