• Home
  • News
  • Presiden: Pencegahan Penyebaran Pandemi Harus Jadi Prioritas
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 15 April 2021 11:55:00

Presiden: Pencegahan Penyebaran Pandemi Harus Jadi Prioritas

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak
Presiden: Pencegahan Penyebaran Pandemi Harus Jadi Prioritas

Jakarta (Pelita Batak):

Saat ini pemerintah masih berfokus pada upaya percepatan pemulihan kesehatan dan ekonomi. Keduanya berjalan beriringan dengan menjaga keseimbangan penanganan antara keduanya.

Kepada para peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 yang digelar pada Rabu, 14 April 2021, secara virtual Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah untuk mampu mengelola keduanya dengan baik dan seimbang.

"Gas dan remnya harus dilakukan secara tepat karena yang namanya Covid-19 ini barangnya tidak kelihatan. Jangan sampai terlalu mendahulukan ekonomi kemudian tidak memperhatikan penyebaran Covid-19, yang terjadi kenaikan kasus meningkat, pertumbuhan ekonominya justru tertekan turun," ujarnya dari Istana Negara, Jakarta.

Oleh karena itu, pencegahan penyebaran pandemi harus menjadi prioritas. Sementara penanganan pasien yang terpapar Covid-19 juga harus dilakukan secara konsisten.

Kepala Negara juga mengingatkan agar pemerintah daerah tidak tergesa untuk membuka sektor-sektor yang ada di daerahnya. Sebaliknya, lakukan pembukaan sektor secara bertahap dan sangat berhati-hati agar tidak terjadi lonjakan kasus baru di kemudian waktu.

"Bulan Januari yang lalu misalnya, saya enggak usah sebut negaranya, turun anjlok (kasus penyebaran). Begitu dibuka (sektor ekonomi), bulan Maret lompatannya naik tinggi sekali. Hati-hati dengan itu. Jangan sampai karena kasusnya sudah turun kemudian tergesa-gesa untuk membuka sektor-sektor yang ada," kata Presiden.

Di Indonesia sendiri, pada Januari lalu kasus aktif harian sempat menyentuh angka 14 ribu bahkan mencapai 15 ribu. Namun, beberapa waktu belakangan, angka kasus harian relatif terkendali di angka 4 ribu hingga 6 ribu berkat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro yang disertai dengan kebijakan vaksinasi massal.

Presiden juga meminta daerah untuk menerapkan kebijakan PPKM berskala mikro untuk mencegah penyebaran virus korona meluas di wilayahnya.

"Isolasi lingkungan terkecil sebelum kasus itu menyebar lebih luas lagi. Jadi jangan sampai kita itu me-lockdown kota atau kabupaten. Kalau di satu kabupaten kasusnya hanya terjadi di satu atau dua desa, ya desa itu yang diisolasi sehingga tidak menyebar lebih luas," ucapnya.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta dukungan penuh terhadap program vaksinasi massal yang dijalankan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan PPKM berskala mikro, kebijakan vaksinasi massal, dan penegakan protokol kesehatan yang baik maka pemulihan kesehatan dapat dilakukan dengan segera.(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

  BeritaTerkait
  • Covid-19 dan Perubahan Pola Kehidupan Manusia

    5 bulan lalu

    Sekilas Tentang Covid-19PERTAMA kali pasien Covid-19 ditemukan di Wuhan, China pada tanggal 1 Desember 2019 (CNN Indonesia). Pasien mulai menunjukkan gejala terinfeksi virus SARS-Cov-2 dan sejak itu w

  • Jemput Aspirasi Masyarakat, Anggota DPD RI Asal Sumut Pdt Dr Willem TP Simarmata Temui Konstituen

    3 bulan lalu

    Siantar (Pelita Batak):Anggota DPD RI asal Sumatera Utara Pdt Dr Willem TP Simarmata,MA menghimpun aspirasi konstituen di daerah pemilihannya dengan langsung menemui kelompok-kelompok masyarakat. Pand

  • Arman Depari Diskusi 'Narkoba Perang Zaman Now' di UISU Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Irjen Pol Drs Arman Depari menjadi narasumber dalam Diskusi publik "Narkoba Perang Zaman Now" yang diselenggarakan Forum Jur

  • Secara Mandiri, Komunitas Muda Labuhanbatu Hempang Covid-19

    tahun lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Komunitas kaum muda Kabupaten Labuhanbatu menggagas berbagai kegiatan secara mandiri dalam upaya pencegahan semakin menyebarnya Covid-19.Dikoordinatori Enting Ritonga, puluh

  • Sertu Rudi Ingatkan Tugas Pelajar Adalah Belajar

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda, Babinsa Koramil O8/MJ, Sertu Rudi tetap tidak melupakan tugas pembinaan teritorial, khususnya kepada pelajar.Hal inilah yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb