• Home
  • News
  • Politisi NasDem, Tuahman Franciscus Purba Tinjau Normalisasi Sungai Sikambing
KSP Makmur Mandiri
Senin, 10 September 2018 14:23:00

Politisi NasDem, Tuahman Franciscus Purba Tinjau Normalisasi Sungai Sikambing

BAGIKAN:
TAp|pelitabatak
dr Tuahman Franciscus Purba MKes politikus Partai Nasdem diwawancarai wartawan saat melakukan kunjungan ke kawasan Sikambing
Medan (Pelita Batak):
Normalisasi sungai Sikambing sepanjang 2.500 meter yang melintasi tiga kecamatan di Kota Medan telah berhasil dilakukan. Politikus Partai Nasdem dr Tuahman Franciscus Purba MKes melakukan peninjauan ke kawasan tersebut, dan meminta masukan dari para warga. Pengakuan warga, hujan lebat, Minggu malam tidak lagi mengakibatkan rumah warga kebanjiran akibat luapan sungai Sikambing.

Ditemui di kawasan pinggiran sungai, Senin (10/2018), Tuahman yang sedang bercengkerama dengan warga mengatakan ingin melihat kondisi sungai pasca hujan lebat. "Tadi malam hujan lebat, saya ingin lihat dampaknya kepada warga. Syukur, hari ini kita mendapat kabar baik dari warga, tadi malam tidak banjir lagi," ujar Tuahman.

Namun untuk saat ini, warga masih harus was-was karena normalisasi yang telah dilakukan dengan menggunakan alat berat itu belum dibangun tanggul penahan sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi longsor bekas galian sungai dan tumpukan sampah.

"Pemko harus segera melakukan pembersihan sampah ini, kalau tidak, saat panas nanti bisa kering dan menimbulkan berbagai penyakit. Bisa juga jadi kembali masuk ke sungai," katanya yang saat itu didampingi warga Jl Tinta, Sei Putih Barat, Mukhtar Panjaitan dan Korlap Pelaksanaan Penanganan Normalisasi Sungai Sikambing Muh Yudi Armizal.

Tuahman juga mengapresiasi masyarakat yang terus mendorong pemerintah dengan  mengirimkan surat permohonan agar dilakukan perbaikan. "Sudah 30 tahun sungai ini tidak pernah dinormalisasi, sehingga tumpukan sampah dan sedimentasi sangat banyak. Masyarakat juga kita imbau agar tidak lagi membuang sampah ke sungai," katanya.

Untuk itulah, Tuahman berharap agar pemerintah segera melakukan pembangunan tembok penahan untuk dinding sungai. Sehingga warga sekitar tidak lagi was-was dan pemeliharaan sungai lebih mudah dilakukan.

Muh Yudi Armizal selaku Kordinator Lapangan Pelaksanaan Penanganan Normalisasi Sungai Sikambing mengatakan, sungai Sikambing yang dinormalisasi sepanjang 2.500 meter dari arah hulu di jembatan Jl Gatot Subroto hingga jembatan Jl Danau Singkarak.

Pihaknya melakukan inventoring setelah pengerukan dilakukan selama satu bulan. Dikatakan bahwa, sisa galian sedimentasi sungai tidak bisa langsung dibersihkan dari tanggul sungai untuk mencegah limpasan luapan sungai saat debit air besar. "Kita juga berharap, ini segera dilakukan pembangunan benteng penahan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM membuat pertemuan antara Pemko Medan, Balai Wilayah Sungai Sumatera II, dan PT KAI untuk mencari solusi mengatasi banjir yang terjadi di kota Medan saat musim penghujan tiba. Dalam pertemuan itu, Parlindungan mendesak agar Pemko Medan dengan instansi terkait segera mencari solusinya. Sehingga, dilakukan normalisasi sungai dititik-titik rawan banjir. (TAp)
  BeritaTerkait
  • DPD Minta Pemerintah Pusat Percepat Penandatanganan MoU Penanganan Banjir

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba, SH MM hari ini Senin, (10/9) mendatangi Direkrorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Ko

  • 7 Cara Pasti Untuk Meningkatkan Karier Anda

    2 bulan lalu

    pelitabatak.com - Ketika mengawali karier, beberapa orang mungkin masih bersikap idealis dengan memilih pekerjaan yang hanya sesuai dengan passion mereka. Namun terkadang jalannya tidak semulus yang d

  • Komisi V DPR RI Kunjungi Humbahas, Lihat Sipinsur dan Parulohan

    3 tahun lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Anggota Komisi V DPR RI yang terdiri atas Dr Michael Wattimena SE MM selaku ketua tim (Partai Demokrat), Dr Capt Anthon Sihombing (Partai Golkar), Hj Saniatul Lativa SE MM (Par

  • DPD RI 'Bongkar' Penyebab Banjir Saat Hujan di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam waktu dekat ini Pemko Medan, Pemerintah Provinsi Sumut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II dan Pemko Medan akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) terkait pena

  • Dinihari, Wali Kota Tinjau Sungai Sikambing yang Meluap

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau Sungai Sei Sikambing yang meluap, Senin (30/7) sekitar pukul 02.00 WIB. Luapan yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb