• Home
  • News
  • Pohon Kebutuhan Penting Bagi Manusia
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 24 November 2020 13:15:00

Pohon Kebutuhan Penting Bagi Manusia

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Pohon memang sangat berjasa bagi seluruh mahluk hidup, terutama bagi manusia.ucap Pjs.Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitriyus pada peringatan hari pohon dunia Sabtu 21/11/2020 di halaman kantor bupati labuhanbatu jalan WR.Supratman Kecamatan Rantau Selatan.

Setiap manusia di dunia pasti menyadari bahwa pohon merupakan komponen penting dalam kehidupan, tanpa pohon manusia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya. 

Tepat tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Hari Pohon Sedunia ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi, jelas Pjs. Bupati Labuhanbatu

Menurut Fitryus, Selain itu juga, hari pohon sedunia ini juga untuk menghormati jasa J. Sterling Morton, seorang pecinta alam dari Amerika yang memiliki semangat tinggi dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Morton begitu gigih dalam mengampanyekan gerakan menanam pohon. 

Hal inilah yang seharusnya dikampanyekan kepada khalayak luas tentang pentingnya menanam dan menjaga kelestarian hutan dan pohon

Perlu diketahui, hutan yang pada dasarnya ditumbuhi banyak pohon, punya fungsi sebagai penyerap gas CO2 (karbondioksida) dan penghasil O2 (oksigen), juga penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar.

Mengingat semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudka dengan menanam pohon.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global di bumi diantaranya adalah dengan menanami setiap jengkal rumah dengan pohon.

Dengan dilestarikannya pohon-pohon dan hutan, akan terjadi keharmonisan dan keseimbangan ekologis yang manfaatnya tentu saja kembali kepada manusia itu sendiri.

Tujuan diperingati hari pohon sedunia yaitu mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik.ujar Drs. Fitryus.(Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Khotbah Minggu Trinitatis, 7 Juni 2020: "Kemuliaan Allah di antara Ciptaan-Nya" (Kej. 1:26-31)

    8 bulan lalu

    Oleh Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Ketua Rapat Pendeta HKBPSaudara-saudara terkasih di mana pun berada, untuk menuntun iman kita dan untuk menambah pengenalan kita terhadap Allah Tritunggal, dalam tah

  • Marandus Sirait : Hutan Kemasyarakatan Memerlukan Kerjasama

    4 tahun lalu

    Keberhasilan pengelolaan hutan kemasyarakatan memerlukan kerjasama dengan barbagai pihak sehingga tujuan akhirnya berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa dicapai.

  • Lima Bidang untuk Inovasi Keamanan Cyber di 2017

    4 tahun lalu

    Dunia tidak pernah diam. Dalam ruang teknologi, ini berarti inovasi dan penemuan yang konstan merupakan kunci dari kelangsungan dan perkembangan penyedia solusi.   Dalam arena keamanan

  • Tulisan Kedua: Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    4 tahun lalu

    Oleh: Ephorus Emeritus HKBP Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk   Paparan ini merupakan lanjutan dari paparan terdahulu yang telah terkirim kepada Komisi Teologi HKBP via email, 17 April lalu

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Ketujuh)

    4 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukIV. Apa Artinya "Pendeta Representasi Figur Kristus"?1. Kemajemukan Jabatan:  Pendeta pada Urutan KeempatJabatan gerejawi di HKBP adalah beragam, bukan manunggal

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb