• Home
  • News
  • Plh Bupati Tapsel Terima Kunjungan BPOM Medan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 23 Februari 2021 12:49:00

Plh Bupati Tapsel Terima Kunjungan BPOM Medan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Plh Bupati Tapsel Terima Kunjungan BPOM Medan
Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :
Plh.Bupati Tapanuli Selatan menerima kunjungan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Medan beserta jajarannya di ruang rapat Sekda, Senin 22 Februari 2021.

Plh Bupati  Parulian Nasution, menegaskan, jajanan anak sekolah yang beredar di pasaran, perlu pengawasan yang lebih tinggi. Sebab makanan yang beredar saat ini, sebagian ada yang mengandung zat kimia tinggi.

“Begitu juga di pasar-pasar tradisional yang ada di Tapsel perlu juga diawasi. Karena banyak makanan-makanan yang sudah kadaluwarsa."ujar Parulian.

Memang, diakui Plh Bupati bahwa selama ini pihaknya selalu mengawasi makanan yang beredar di pasaran. Namun demikian, pihaknya mengaku kalau hanya Pemkab Tapsel tidak akan mungkin. Tentu harus ada sinergitas yang antar semua pihak.

Sebelumnya Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Medan Drs. I Made Bagus Geramettan, Apt menjelaskan berdasarkan Inpers No. 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),  bertujuan mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diintruksikan untuk menjamin keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di masyarakat, serta memperkuat dan memperluas pengawasan dan intervensi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS).

“Ini merupakan gerakan Nasional yaitu gerakan keamanan pangan desa, pasar aman dari bahan berbahaya dan yang terakhir pangan jajanan anak sekolah.

Sumatera Utara mendapatkan enam bagian salah satunya Kabupaten Tapanuli Selatan. Program tersebut terdiri dari satu desa, satu pasar serta satu sekolah. Semua pembiayaan dalam intervensi di tanggung oleh Balai BPOM sendiri,” jelasnya.

Selanjutnya program ini menjadi komunitas serta outputnya nanti akan di lombakan di tingkat Sumut baru ke tingkat Nasional. Dengan adanya program ini, memerlukan dukungan dari Pemerintah. Serta apabila ada industri pangan yang belum mendapatkan izin edar dari BPOM, pihaknya siap membantu dan dampingi. Sedangkan kegiatan ini yang paling utama ialah untuk melakukan pendampingan serta memberikan informasi serta edukasi bagaimana produk-produk yang ada di daerah.

“Tentu harapan kita Tapsel bisa lebih maju, ini bukan program yang baru tetapi kita bersinergi dengan program yang sudah ada. Contohnya seperti sekolah yang sudah memiliki kantin, dengan adanya program ini maka kantin sekolah tersebut akan menjadi bagus serta akan di ikuti kantin sekolah yang lainnya,” ungkapnya.

Turut hadir, Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Ahmad Raja Nasution, Ka. Bappeda Abadi Siregar, Kadis Ketahan Pangan Efrida Yanti Pakpahan, Kadis PMD M Yusuf, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar. (STR)
  BeritaTerkait
  • Ini Dia Kegiatan Pengurus Daerah FBBI Selama 2016

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) merilis kegiatan pengurus daerah yang telah dilaksanakan sebagai berikut di bawah ini.   a. DPD FBBI Provinsi Riau.

  • Kadin Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen turut terlibat aktif dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sumut. Sebagai pintu gerbang Indonesia bagian

  • Sutrisno Pangaribuan: Pemkab Tapsel Lakukan Pembohongan Publik

    5 tahun lalu

    "Pertemuan Reses kali ini dengan masyarakat, semakin menegaskan bahwa Pemkab Tapsel, telah melakukan pembohongan publik. Dan merela telah melakukan upaya-upaya paksa terhadap masyarakat, agar bersedia demi kelancaran pembongkaran kuburan,"

  • Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis

    5 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi ditabalkan bermarga Hasibuan oleh tokoh adat dan Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016). Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi set

  • Pertemuan Pendeta dan Peserta Sinode Godang HKBP dengan Plt Bupati Tapteng, Dipertanyakan

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Mantan Sekretaris DPD GAKMI-Sumut (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia-Sumatera Utara), Drs Gandi Parapat meminta pemerintah agar pelaksanaan Sinode Godang (SG) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) berjalan aman dan sukses sesu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb