• Home
  • News
  • Persiapan Tahun Ajaran Baru, Wakil Bupati Taput Tinjau 6 SMP Negeri di 4 Kecamatan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 09 Juli 2020 21:27:00

Persiapan Tahun Ajaran Baru, Wakil Bupati Taput Tinjau 6 SMP Negeri di 4 Kecamatan

Wabup: "Semua Perangkat Daerah termasuk sekolah harus satu Visi dengan Pemerintah agar tujuan ini dapat tercapai dengan baik."
BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Taput (Pelita Batak):
Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH didampingi Kepala Dinas Pendidikan Bontor Hutasoit meninjau kesiapan 6 SMP Negeri pada 4 kecamatan se-luat Pahae, yaitu Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Simangumban dan Purba Tua sekaitan dalam kesiapan sekolah menjelang Tahun Ajaran Baru 2020/2021, pada hari Kamis (09/07/2020).

Wakil Bupati yang disambut Camat bersama Forkopinca setempat, korwil pendidikan dan masing-masing Kepala Sekolah langsung meninjau kondisi sekolah serta fasilitas sarana-prasarana terutama kesiapan sekolah dalam menjelang proses belajar dengan tatap muka.

6 sekolah yang ditinjau pada hari itu adalah SMP N 4 Pahae Julu, SMP N 1 Pahae Julu, SMP N 2 Pahae Jae, SMP N 1 Pahae Jae. SMP N 1 Simangumban dan SMP N 1 Purba Tua.

"Pihak sekolah harus menyediakan fasilitas sesuai dengan ketetapan protokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, pembatasan jumlah siswa dalam satu kelas serta ketentuan yang diatur dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021. Kepala Sekolah dan para guru harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah, kerapian dan keindahan sekolah agar proses belajar-mengajar di sekolah senyaman mungkin, memperhatikan ketentuan sarana dan prasarana termasuk meubiler serta kelengkapan alat pendukung proses pembelajaran. Semua sekolah harus membuat Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu Inventaris Ruangan (KIR) agar aset sekolah terkendali dengan baik," ucap Wakil Bupati.

Pada setiap sekolah yang ditinjau, Wabup bersama rombongan menyisir satu per satu ruangan seluruh sekolah, Wabup selalu menekankan pentingnya kebersihan dan keasrian lokasi sekolah. "Bagaimana bisa nyaman apabila kondisi sekolah kita tidak asri? Kita harus membuat para siswa merasa nyaman selama berada di sekolah. Selain memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa, kita juga harus membiasakan mereka untuk selalu perduli terhadap lingkungan."

"Perlu juga dipikirkan agar siswa diberikan pengetahuan yang bermuatan lokal sehingga anak-anak kita semakin mengenal dan mencintai daerahnya, harus disemangati agar mereka bangga. Selain itu, pihak sekolah perlu menjalin komunikasi dengan para alumni dari setiap sekolah sehingga ada kebanggan tersendiri termasuk keperdulian terhadap pembangunan kampung halamannya," tambah Bupati.

"Bapak Bupati Drs. Nikson Nababan, M. Si menekankan agar sekolah semakin berbenah untuk mewujudkan salah satu Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara agar Tapanuli Utara sebagai Lumbung Sumberdaya Manusia Yang Berkualitas. Semua Perangkat Daerah termasuk sekolah harus satu Visi dengan Pemerintah agar tujuan ini dapat tercapai dengan baik.

Kita telah meninjau SMP pada beberapa Kecamatan dan semua kecamatan akan kita tinjau. Saya berharap apa yang menjadi catatan dan koreksi pada saat peninjauan ini harus segera ditindaklanjuti kedepannya. Setelah rangkaian peninjauan ini selesai akan kita tindaklanjuti dengan rapat evaluasi sesuai data yang ada sehingga akan tercapai perubahan yang signifikan pada peningkatan mutu Pendidikan," tegas Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan yang didampingi Kabid Pembinaan PAUD Martua Lumbangaol dan Kabid Tendik Tagor Marbun menjelaskan bahwa Tahun Ajaran 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 20 bulan Juli ini dan juga menjelaskan ada persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka. "Kita masih menunggu ijin dalam pelaksanaan pertemuan pembelajaran tatap muka, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kita memperkirakan proses belajar-mengajar dengan tatap muka untuk SMP paling cepat dapat dilaksanakan pada 20 bulan ini, untuk tingkat SD diperkirakan dimulai pada Bulan September dan untuk PAUD pada Bulan Nopember. Apabila belum ada ijin, maka pembelajaran tetap dilaksanakan secara secara daring," jelas Bontor Hutasoit.(*)
  BeritaTerkait
  • Zahir : Rencanakan Pembelajaran Melalui Kalender Pendidikan Dengan Baik

    2 bulan lalu

    Batubara (Pelita Batak):Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan tidak mengubah kalender akademik pendidikan pada masa pandemi Covid-19 i

  • Bupati Taput Jelaskan Penyebab Kematian Hewan Ternak di Pohan Tonga Ulah Binatang Buas, Bukan Mistis

    2 bulan lalu

    Taput (Pelita Batak):Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Forkopimda Taput Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat, SH, Dandim 0210/TU Letkol Czi.Agus Widodo, Kapolres Taput AKBP Jonn

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Di Mana Tanah Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

    2 tahun lalu

    Oleh: Ronsen LM PasaribuPepatah Melayu ini sudah kita dengar ketika akan berangkat merantau disampaikan oleh orangtua sebagai sebuah bekal diperjalanan bahkan resep utama dalam kehidupan ditempat yang

  • Pangdam I/BB Kagum Pola Pembelajaran di Yasop Balige

    4 tahun lalu

    Sungguh beruntung orang tua yang anaknya masuk sekolah ini. Setidaknya anda dapat tidur nyenyak selama tiga tahun kedepan. Tidak perlu khawatirkan anak dari ancaman bahaya narkoba," ujar Pusung.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb